Xiaomi Mi4i Review Spesifikasi & Harga (Hand’s On)

Xiaomi Mi4i Review Spesifikasi & Harga (Hand’s On) — Setelah beberapa waktu dinanti kemunculannya, Xiaomi Mi4i akhirnya resmi diperkenalkan di India April 2015 silam. Seperti produk Xiaomi yang sudah-sudah, penjualan perdana Mi4i memakai metode mendaftar untuk membeli (register to buy) lewat salah satu toko online India mulai 14 Mei 2015. Dijual seharga Rs.12,999 di sana, di sinyalir Xiaomi Mi4i dalam waktu dekat bakal mendarat juga di Indonesia.

 

xiaomi mi4i lazada indonesia

 

Lazada.co.id sebagai toko online penjual resmi produk-produk Xiaomi di tanah air, juga tengah menjadwalkan Mi4i kedalam daftar peluncuran ponsel baru berikutnya. Belum diketahui kapan waktu tepatnya dan harga resmi Mi4i untuk pasar di Indonesia, namun beruntung tim blog lazada mendapat kesempatan untuk menjajal ketangguhan Xiaomi Mi4i, berikut kita simak spesifikasi dan reviewnya.

 

Spesifikasi Utama

  • Dimensi & Bobot: 69.6×138.1×7.8 mm, 130 g
  • Jaringan: GSM – 850, 900, 1800, 1900; WCDMA – 2100; 4G: LTE (FDD) – Band 3 (1800), LTE (TD) – Band 40 (2300) LTE + LTE, (Dual Standby)
  • Layar: 5 inch, Full HD (1920 x 1080 Pixels), JDI Display, All New Sunlight Display, 441 ppi
  • Prosesor: 1.7 GHz + 2nd-gen Snapdragon 615 64-bit octa-core | 2 GB RAM, 16 GB ROM | GPU Adreno 405
  • OS: Android v5.0.2 (Lollipop) | MIUI 6
  • Kamera: 13MP & 5MP | HD, Full HD (1920 x 1080) | Integrated Flash Support, Supports Beautify, Refocus, f/2.0, Sony/Samsung IMX214 Camera, 5-element Lens, Stacked CMOS Sensor, Full HD (Rear Camera)
  • Radio: FM Radio
  • Konektivitas: Audio Jack 3.5 mm, Bluetooth v4.1, Supported Profiles (LE), A-GPS, GLONASS, BeiDou, 802.11 a/b/g/n/ac, OTG Compatible
  • Sensor: Gyroscope, Light Sensor, Accelerometer, eCompass, Proximity Sensor, WLAN Support, Wi-Fi Direct, Wi-Fi Tethering, Voice Calling
  • Baterai: Li-Ion Polymer, 3120 mAh

*Spesifikasi dikutip dari Flipkart

 

Desain

“Dimensi: 69.6×138.1×7.8 mm | Bobot: 130 g”

Soal desain, Mi4i berbeda dari generasi sebelumnya, tidak terlihat lagi bezel metal pada bagian pinggir atau lapisan glossy pada bagian belakangnya. Back cover Mi4i berbahan plastik doff seperti Redmi 2 dan menyatu dengan bezel sehingga memberikan feel yang sangat kokoh ketika menggenggamya.

 

hands on xiaomi mi4i indonesia harga review spesifikasi by blog lazada

 

Untuk itu kita tidak dapat melepas back cover Mi4i sendiri untuk mengganti baterai. Slot SIM-card diakses dari bagian samping, hal ini dirasa lebih praktis dibanding mesti direpotkan dengan membuka back cover untuk sekedar mengganti kartu SIM.

 

Layar

“Layar: 5 inch, Full HD (1920 x 1080 Pixels), 441 ppi”

Sebagai ponsel pada line-up flagship, Mi4i diberkati oleh layar yang besar dan indah. Berlebar 5 inch yang artinya masih nyaman digenggam dengan satu tangan namun juga memuaskan untuk segala aktifitas. Resolusi full HD membuat kita dapat menikmati video klip dengan kualitas terbaik dan ketajaman gambar yang didukung oleh kerapatan pixel mencapai 441 pixel.

 

layar xiaomi mi4i indonesia harga review spesifikasi by blog lazada 3

 

Xiaomi menggunakan tipe layar JDI Display, All New Sunlight Display yang klaim oleh mereka meningkatkan kemampuan layar Mi4i dibawah sinar matahari sekalipun. Tentunya kacanya sudah dilengkapi dengan proteksi yakni Corning OGS Glass.

 

Performa

“Prosesor: 1.7 GHz + 2nd-gen Snapdragon 615 64-bit octa-core | 2 GB RAM, 16 GB ROM | GPU Adreno 405”

Salah satu daya tarik Mi4i adalah kecepatan kinerjanya. Selain sudah mengusung prosesor octa core, Mi4i menggunakan chipset Quallcomm Snapdragon 615 yang mana telah ber arsitektur 64 Bit. Dipadukan dengan RAM 2 GB, menjalankan aplikasi berat atau melakukan aktifitas multitasking tidak menjadi menjadi masalah sama sekali.

 

performa xiaomi mi4i indonesia harga review spesifikasi by blog lazada 4

 

Game 3D pada Mi4i juga tampil sangat nyata dengan detail yang sangat baik berkat kartu grafis GPU Adreno 405, tidak ada lagging yang berarti. Bagi penyuka game online juga pasti nyaman menggunakan Mi4i karena ponsel ini telah mendukung koneksi 4G LTE, koneksi internet super cepat yang telah hadir pada beberapa provide di beberapa kota-kota besar. Perpaduan MIUI 6 dan Android Lollipop juga ikut berkontribusi memberikan pengalaman terbaik pengguna Mi4i.

 

Kamera

“Kamera: 13MP & 5MP”

Keseriusan Xiaomi dalam hal fotografi juga terlihat pada Mi 4i dengan kamera utama berkekuatan 13 MP yang dapat menghasilkan gambar sebesar 4128 x 3096 pixel.

 

kamera xiaomi mi4i indonesia harga review spesifikasi by blog lazada 2

 

Kamera depan Mi 4i juga tidak kalah mumpuni yakni 5 MP. Fitur kamera juga lengkap yaitu autofocus, dual-LED (dual tone) flash, Geo-tagging, touch focus, face/smile detection, panorama, HDR. Selain itu Kamera utama Mi 4i dapat merekam video berkualitas Full HD 1080p.

 

Konektivitas

Xiaomi Mi4i berfitur dual GSM yang menariknya lagi, kedua slot SIM-card nya mendukung 4G LTE, sehingga pengguna dengan mudah memilih jaringan mana yang dipakai via menu setting. Mi4i juga dilengkapi dengan berbagai fitur koneksi data sehingga memudahkan pengguna untuk menyambungkan Mi4i ke perangkat lain seperti Bluetooth v4.1, Supported Profiles (LE), A-GPS, GLONASS, BeiDou, 802.11 a/b/g/n/ac, OTG.

 

Kesimpulan

Xiaomi Mi4i merupakan idola para penggemar Android berspesifikasi tinggi berkat prosesor yang dipakainya ditambah lagi dukungan 4G LTE milikinya. Dengan range harga 2 jutaan, Xiaomi Mi4i memiliki spesifikasi yang tidak diragukan lagi merupakan yang terbaik di kelasnya. Built-quality yang sangat baik juga terbukti dengan desain dan detail kecil yang menawan pada Mi4i.

 

MIUI 6 dan Android Lollipop membuat pengguna Android yang masih baru sekalipun dengan mudah menggunakan ponsel ini, berkat UI-nya yang sangat mudah dipahami. Secara garis besar, Mi4 merupakan Android yang sangat “worth it”  dimiliki berbagai kalangan dari yang awam Android sampai yang expert. Dengan spesifikasi dan model desainnya, ponsel ini juga diyakini masih oke untuk dipakai dalam jangka waktu yang lama.

 

Saat peluncurannya di India, Mi 4i diperkenalkan dengan harga Rs 12,999. Selain sudah pasti unggul dari sisi harga yang murah, Mi 4i juga unggul dalam hal spesifikasi dibanding dengan ponsel competitor sekelas seperti halnya Motorola Moto X2, Samsung Galaxy A7 atau HTC Desire 826. Mari kita tunggu kehadirannya di Lazada.co.id.

About the Author

Fariz Ilman Sr. Content Marketing di Lazada Group

PROMOTION

homepage