Trik Puasa Lancar Selama Sebulan Penuh

Trik Puasa Lancar Selama Sebulan Penuh —¬†Ramadhan telah tiba, bulan suci penuh rahmat. Kita umat muslim pasti tau apa saja yang wajib dilakukan di bulan Ramadhan ini, pastinya berpuasa. Puasa adalah menahan diri dari nafsu makan, minum, dan hal-hal yang dapat membatalkan puasa dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

 

Bagi kita yang telah biasa melaksanakannya pasti tidak merasa berat untuk berpuasa selama sebulan penuh. Tapi mungkin bagi adik-adik yang baru saja baliqh dan belum terbiasa berpuasa pasti akan merasa banyak godaannya. Mulai dari melihat penjual es di pinggir jalan siang hari sepulang sekolah, penjual kue yang berkeliling di kompleks rumah, melihat iklan makanan di televisi, atau godaan dari teman sendiri yang sengaja mengiming-imingi untuk kita membatalkan puasa.

 

Tak heran juga kalau adik-adik yang akhirnya harus berbohong pada orang tua mereka dan mengatakan jika mereka masih berpuasa hingga maghrib tiba. Berbohong pada orang tua tapi Allah Maha Mengetahui segalanya. Sayangnya hal buruk semacam ini tidak patut untuk ditiru.

 

Saran buat adik-adik dan kawan-kawan yang sedang menjalankan ibadah puasa simak ya:

 

1. Makanlah sahur pada waktu yang tepat.
Sengantuk apapun kita tetap usahakan bangun untuk makan sahur. Waktu sahur yang tepat yaitu 15-30 menit sebelum masuk waktu subuh. Karena dengan makan sahur akan membantu daya tahan tubuh kita untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

 

2. Perbanyaklah minum air putih.
Air sangat penting untuk kesehatan tubuh kita. Namun disaat puasa waktu kita untuk minum terbatas. Hanya pada sahur dan buka puasa. Untuk itu biasakan minum air putih 8 gelas perhari. Untuk mencukupi kebutuhan air di tubuh kita.

 

3. Niat.
Niat juga penting saat menjalani puasa. Tak hanya niat dalam perkataan saja. Tapi niat dalam hati juga walau dalam keadaan apapun kita tidak akan dengan sengaja membatalkan puasa.

 

4. Menahan emosi / amarah.
Terkadang ada saja hal yang membuat kita emosi. Bahkan rasanya ingin marah sambil teriak atau ingin mencakar-cakar orang yang membuat kita jengkel. Namun hindari hal tersebut ketika puasa. Kurangi rasa amarah dengan memikirkan hal-hal yang lucu yang bisa membuat kita tertawa. Atau ambillah air wudhu. Namun jangan sampai meminum air tersebut.

 

5. Berbuka puasa dengan bertahap.
Jangan menggunakan ilmu balas dendam untuk berbuka puasa. Maksudnya jangan makan berlebihan. Awali dengan minum air putih dan makan makanan ringan. Lebih baik lagi makan kurma. Setelah melaksanakan sholat maghrib baru kita makan nasi. Agar perut kita tidak sakit karena kaget setelah seharian kosong.

 

Nah, itu sebagian saran untuk kawan-kawan muslim yang menjalankan ibadah puasa. Semoga bermanfaat dan semoga pahala puasa kita dapatkan.

 

Selain berpuasa juga jangan lupa untuk melaksanakan sholat tarawih. Walau hukumnya bukan wajib tapi sunnah namun kita harus tetap melaksanakan untuk menambah amalan-amalan kita di bulan Ramadhan. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT untuk menjalankan ibadah dan aktivitas sehari-hari. Amin.

 

Lazada blog finalist

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage