Traveling Asik di Bulan Ramadhan

Posting Ini Di Submit Oleh: Guraci Radite – Juli 2014

Traveling Asik di Bulan Ramadhan — Saat bulan Ramadhan tiba umat muslim tentu akan melaksanakan ibadah puasa. Namun bukan berarti Anda harus berdiam diri di rumah dan mengurangi segala aktivitas sehari-hari karena puasa itu sendiri. Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan. lakukan kegiatan seperti biasa dan warnai bulan Ramadhan kali ini dengan kegiatan yang bermanfaat, salah satunya dengan berwisata.

Traveling di bulan Ramadhan mungkin menjadi tantangan tersendiri bagi umat muslim. Hal ini karena Kamu harus menyiapkan kondisi tubuh yang ekstra jika ingin bepergian di siang hari. selain itu kamu harus cermat mengatur beberapa hal lainnya agar ibadahmu tetap lancar tapi travelingmu juga tetep asik.

Nah, Agar traveling saat berpuasa tetap menyenangkan, kamu bisa ikuti tips-tips berikut:

1. Pastikan kondisi tubuh dalam keadaan yang Prima

Hal pertama yang perlu menjadi perhatian saat bepergian di bulan puasa adalah kesehatan kamu sendiri. Pastikan tubuh dalam keadaan fit. Kamu gak mau kan ibadah puasa kamu keganggu gara-gara tubuh yang ga prima saat puasa? Pastikan kamu memiliki kondisi tubuh yang prima sebelum bepergian. Menjaga asupan nutrisi merupakan salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat kondisi tubuh tetap fit. Pastikan konsumsi jenis makanan yang masuk memiliki berbagai zat yang diperlukan oleh tubuh.

2. Tentukan Tujuan Perjalanan

Pilihlah tempat tujuan wisata yang mendukung ibadah puasa kamu. Kamu dapat mempertimbangkan bepergian ke kota yang dekat dari kota tempat kamu tinggal. Hindari wisata ke gunung dan pantai yang terlalu ekstrim dan menguras energi. Selain bepergian ke kota yang dekat, kamu juga bisa mempertimbangkan melakukan wisata religi ke kota-kota dengan tujuan wisata rohani seperti Aceh. Dengan memilih destinasi yang tepat, kamu tidak akan kesulitan mencari momentum untuk menambah pahala, seperti sholat berjamaah, tarawih, dan sebagainya. Dengan suasana macam ini aura Ramadhan akan tetap terasa meski kamu jauh dari rumah.

3. Kemas Barang Bawaan Seringkas Mungkin

Tenagamu dalam keadaan normal dan saat sedang berpuasa tentu berbeda. Maka dari itu, usahakan kemas barang bawaan kamu seringkas mungkin. Siapkan segala kebutuhan pribadi Anda untuk berwisata, seperti Al Quran dan alat ibadah. Sehingga Anda tetap bisa menjalankan ibadah selama berwisata. Pilih barang-barang yang ringan untuk dibawa. Usahakan gunakan Traveling gear yang ringan. Atur juga barang-barang tersebut sedemikian rupa, sehingga bebannya merata saat digendong. Metode berkemas yang baik akan meringankan beban yang harus kamu bawa sepanjang perjalanan.

4. Sahur itu penting

Sahur adalah sumber tenaga kamu sepanjang hari selama puasa. Jangan sampai kamu keleatan sahur apalagi jika rencana bepergian kamu di siang hari. Walau hanya dengan menu sederhana, pastikan kamu tetap rutin makan sahur setiap hari. Jangan lupa juga untuk memperbanyak konsumsi air putih dan menambahkan suplemen untuk menjaga kesehatan.
Jika masih dalam perjalanan, saat sahur carilah warung-warung yang terdekat. Jangan terlalu lama mencari warung dengan menyesuaikan selera kita karena itu akan membuang waktu. Pada umumnya, jika kita menginap di Hotel, mereka telah menyediakan breakfast hidangan santap sahur.

5. Segerakan berbuka

Usahakan sedia coklat, biskuit atau permen dalam tas. Bisa digunakan sebagai ta’jil darurat kamu di jalan ketika waktu berbuka puasa telah tiba. Berbuka dengan yang manis dan berkualitas. Dengan memilih minuman atau makanan yang manis alami dan berkualitas seperti madu, jus buah dan kurma, kamu akan tetap fit dan terus menikmati liburanmu. Makan secukupnya ketika berbuka. Makan berlebih dapat menyebabkan kantuk serta memicu rasa lapar lebih cepat ketika sedang bepergian. Jangan lupa lakukan ibadah terlebih dahulu, barulah kemudian lanjutkan wisata Anda.

6. Manfaatkan Gadget kamu semaksimal mungkin

Kemajuan teknologi sangat bermanfaat buat kehidupan kita sehari-hari. Hal ini dapat juga kamu manfaatkan dalam perjalanan di bulan Ramadhan. Ada banyak aplikasi yang bisa kamu unduh agar perjalananmu tetap bisa terisi dengan hal bermanfaat. Untuk Pengguna Android atau IOS kamu dapat dengan mudah mengunduh Al-Qur’an digital, aplikasi yang berisi kisah-kisah para nabi dan aplikasi Hadits yang dapat kamu baca sepanjang perjalanan atau aplikasi Jadwal Sholat untuk menunjang ibadah kamu.
Selain itu, kini banyak juga aplikasi yang dapat membantu kamu menemukan lokasi tempat-tempat tertentu. Kamu dapat menggunakan aplikasi untuk menemukan masjid terdekat, atau menemukan tempat berbuka yang paling dekat agar menghemat waktu bepergian kamu.

7. Sempatkan melakukan Safari Ramadhan

Sambil menyelam minum air, mungkin itu yang paling pas kalo kamu melakukan perjalanan di bulan Ramadhan. Selain menikmati liburan, kamu juga dapat melakukan kegiatan wisata ke berbagai tempat yang memiliki nilai religi untuk menambah pengetahuan Anda mengenai Islam. Mulai dari hal yang simple seperti melakukan sholat tarawih di masjid-masjid yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya, atau bisa juga dengan menjadi volunteer di kegiatan masjid yang kamu singgahi.

8. Hargai orang yang tidak berpuasa dan tutuplah aurat

Jangan jadikan puasa sebagai penghalang. Arti dari puasa adalah menguatkan diri untuk menghadapi tantangan dan cobaan yang datang. Dan jadikan puasa sebagai pemicu semangat untuk melakukan hal yang lebih dari hari-hari biasa.
Jika kamu melakaukan perjalanan bersama teman yang tidak melakukan ibadah puasa, jangan sampai mereka sembunyi-sembunyi kalau mau makan demi menghormatimu. Karena itu marilah kita ubah paradigma berpikir kita yang sering menganggap diri kita dan umat Islam lain yang berpuasa sebagai pihak yang harus dikasihani dan dilindungi.Karena puasa bukanlah beban bagi seorang muslim, melainkan sebuah kegembiraan. Sehingga justru yang berpuasalah yang harusnya toleran kepada yang tidak berpuasa dengan memberi mereka hak untuk makan dan minum di siang hari secara bebas.

Yang terakhair, bagi yang wanita sebaiknya mengenakan jilbab dan rok yang menutup semua aurat kita. Jangan terlalu ketat karena menjaga pandangan merupakan bagian dari cobaan berat, apalagi di waktu bulan puasa.

Semoga tips ini bisa membantu kamu dalam melakukan perjalanan di bulan Ramadhan. Selamat Menunaikan Ibadah Puasa bagi teman-teman yang menjalaninya.

stamp-Blog-Finalist-02

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage