Tips Tidur Berkualitas Selama Puasa Ramadhan

Tips Tidur Berkualitas Selama Puasa Ramadhan — Rasa lapar bukanlah satu-satunya faktor yang menyebabkan kita lemas ketika beraktifitas selama berpuasa. Faktor lain yang seringkali tidak kita sadari alah kurangnya waktu tidur kita sehari-hari, lemas ketika puasa ini mungkin juga disebabkan oleh kurangnya kualitas tidur kita.

tips tidur berkualitas lazada indonesia

Lemas tidak fit ini dapat dipicu karena ketidak-seimbangan sistem dalam tubuh dan juga kekurangan oksigen akibat tidak ada asupan cairan dan makanan yang masuk. Di sisi lain, pola tidur Anda pun mungkin harus berubah selama puasa karena harus bangun malam hari untuk makan sahur. Inilah beberapa tips sederhana yang dapat Anda terapkan untu meningkatkan kualitas tidur selama bulan puasa dikuti dari id.theasianparents.

Tips Tidur Berkualitas Selama Puasa Ramadhan

1. Mengubah jam tidur malam agar tidak mengantuk saat puasa

Saat bulan puasa tiba, Anda tentunya harus melaksanakan shalat tarawih. Shalat tarawih biasanya usai sekitar jam 8 malam. Jika Anda memiliki kebiasaan untuk jalan-jalan, sebaiknya jangan dilakukan dulu selama puasa ini. Segeralah tidur agar Anda mendapatkan badan yang segar dan tidur yang cukup karena esok dini hari Anda harus bangun untuk sahur.

2. Sempatkan Tidur setelah sahur agar tidak mengantuk saat puasa

Ada anjuran agar sahur di akhir waktu. Jadi Anda bisa sahur di jam 3.15 dan kemudian bisa menunggu saat shalat Subuh tiba. Sesudahnya Anda masih punya waktu sekitar 2 jam sebelum persiapan berangkat ke kantor. Waktu yang cukup untuk melanjutkan tidur lagi. Hal ini penting juga agar Anda tidak mengantuk saat puasa apalagi saat berkendara. Karena banyak terjadi kecelakaan akibat mengantuk saat di jalanan.

3. Tidur siang saat istirahat agar tidak mengantuk saat puasa

Meskipun istirahat siang di kantor hanya 1 jam dikurangi untuk shalat. Anda masih punya sedikit waktu untuk menyempatkan tidur sejenak. Bahkan hanya dengan tidur tambahan selama 5 menit saja sudah bisa memberikan pengaruh sangat luar biasa untuk tubuh Anda. Anda bisa merasakan badan Anda kembali bugar setelah mendapatkan tambahan tidur singkat tersebut.

Kenyataannya jika usai shalat tarawih Anda langsung tidur dan bangun untuk sahur di akhir waktu, Anda sudah mendapatkan waktu tidur lebih dari 6 jam. Normalnya manusia butuh mencukupi kebutuhan tidur antara 6 – 8 jam, yang merupakan tidur berkualitas.


PROMOTION

homepage