Tips Tetap Semangat Selama Berpuasa dan Tips Mudik Lebaran

Artikel ini di Submit Pada 20 Juni 2015 Oleh: Cahya Kartika

 

Tips Tetap Semangat Selama Berpuasa dan Tips Mudik Lebaran — Halo semua! Di bulan yang suci ini semoga kita semua mendapat keberkahan oleh Allah. Bulan ramadhan identik dengan hal-hal yang bersifat ibadah karena kita mendekatkan kepada Allah untuk menuju kemenangan bersama yaitu Lebaran. Nah, dengan melakukan banyak ibadah ditambah kegiatan yang kita lakukan setiap hari kita perlu tetap bersemangat menjalani hari-hari kita. Apa aja sih tipsnya? Langsung aja simak berikut ini, ditambah lagi tips mudik lebaran yang oke banget.

 

  1. Bangun sahur jangan mepet waktu subuh

Sangat buruk sekali jika kita terburu-buru dalam menyantap sahur kita. Lebih baik kita bangun lebih awal untuk memasak sayuran yang tentunya akan lebih santai kan?

 

  1. Perbanyak buah dan sayuran saat sahur

Dengan asupan buah yang kaya akan vitamin dan sayuran yang mengandung mineral membuat kita ternutrisi selama berpuasa. Tentu berbeda orang yang sahur dengan mie goreng dan sayuran bukan?

 

  1. Minum minimal 2 gelas air putih

Puasa di siang hari sangat membuat haus. Oleh karena itu, minum air yang cukup membantu agar cairan di tubuh kita tetap seimbang.

 

  1. Setelah sahur lakukan aktivitas

Kebanyakan orang akan tidur setelah sahur, padahal cara ini membuat mereka malas menjalani aktivitas pada hari itu. Luangkan waktu untuk melakukan hal yang tidak biasa dilakukan di hari biasa, kan ini istimewa. Bulan ramadhan, hehehe. Luangkan waktu untuk mengaji 2 lembar atau lebih, lalu solat sunah di masjid. Tentu akan memberi efek yang berbeda.

 

  1. Hirup udara pagi yang segar

Di bulan ramadhan kita dituntut untuk bangun awal dimana kesempatan untuk mendapati udara pagi lebih besar dibanding hari-hari biasa dimana kita sangat malas untuk bangun gasik. Manfaatkan hal ini dengan pemanasan kecil di depan rumah atau bisa berjalan-jalan kecil yang tidak mengeluarkan keringat sehingga tidak haus. Hal ini juga akan membuat anda lebih bersemangat tentunya.

 

Oke, lanjut tips mudik lebaran! Setelah 30 hari berpuasa banyak yang meluangkan waktu mereka untuk pulang kampung (mudik). Berikut beberapa tips agar mudik lebih menyenangkan:

 

  1. Jika naik kendaraan umum, usahakan bawa barang bawaan yang praktis dan tidak memberatkan

Bawalah tas kecil yang dapat memuat banyak baju atau barang bawaan anda. Karena kendaraan umum seperti bus, kereta kita harus berbagi tempat dengan orang lain bukan?

 

  1. Cek tiket, dompet, uang simpanan

Terutama jika anda naik kendaraan umum taruh uang dibeberapa tempat berbeda sehingga jika anda apes atau kecopetan, tidak semua uang hilang dalam waktu yang bersamaan bukan?

 

  1. Jika naik mobil pribadi isi full bensin

Hal ini akan sangat membantu demi kenyamanan mudik. Apalagi jika macet di jalan, dengan bensin yang sudah full anda akan lebih nyaman.

 

  1. Siapkan cemilan dan minuman favorit

Di mobil atau kendaraan akan banyak waktu di dalam selama perjalanan jika jaraknya jauh lebih baik anda mampir ke minimarket dahulu untuk membeli snack dan minuman yang anda sukai. Ini sangat membantu untuk meningkatkan mood anda.

 

  1. Bawa headset

Akan lebih baik anda mendengarkan musik jika bosan dalam perjalanan.

 

  1. Jika mudik naik motor, pakai helm dan jaket

Ya ini menurut saya adalah keharusan karena akan banyak polusi, terik matahari dan sangat membantu anda terlindung dari debu dan kotoran.

 

  1. Bawa facial wash dan sikat gigi

Perjalanan jauh membuat anda tidak fresh jika lelah, dan sempatkan berhenti di rumah makan atau pom bensin untuk sekedar mencuci muka dan menggosok gigi agar kembalu segar.

 

  1. Jangan tahan kencing

Menurut saya, ginjal sangat penting dalam kehidupan. Dan menahan kencing tidak baik untuk ginjal anda. Jadi, tahanlah ego anda untuk segera sampai tujuan tanpa memikirkan ginjal anda di kemudian hari.

 

Sekian tips dari saya, semua trik saya seputar puasa dan lebaran membantu ya! Selamat puasa dan selamat Mudik! Happy Ramadhan!

 

Lazada blog finalist

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage