Tips Tetap Fokus Beribadah Hingga Akhir Bulan Ramadhan

Artikel ini di Submit Pada 2015/07/07 Oleh Dwi Suparno

 

Tips tetap fokus beribadah hingga akhir Bulan Ramadhan — Alhamdulillah saat ini kita telah memasuki 10 hari di sepertiga terakhir bulan Ramadhan 1436 H /2015M. Ibarat pertandingan olahraga,saat ini kita telah melalui babak semifinal menuju ke babak grand final dan finalnya di hari raya Idul Fitri. Bila di babak penyisihan pada pertandingan olahraga jumlah pesertanya selalu membludak bahkan ada sebagian pesertanya harus melalui babak kualifikasi dan semakin naik babak pertandingannya akan semakin berkurang pesertanya satu persatu.Dan akhirnya sampai di babak final,hanya peserta yang memiliki kemampuan yang tangguh yang akan menjadi pemenangnya.

 

Gambaran pertandingan olahraga tersebut diatas tidak jauh berbeda bila di terapkan pada kegiatan ibadah di bulan Ramadhan ini.Di awal bulan Ramadhan,berbagai kalangan masyarakat baik tua muda, remaja hingga anak anak berbondong bondong mendatangi masjid untuk menunaikan sholat Isya diteruskan dengan sholat Tarawih berjamaah.Saking banyaknya jumlah jamaah di hari hari awal Ramadhan tersebut,kebanyakan masjid tidak mampu menampungnya sehingga meluber ke halaman depan masjid.Suasananya semarak sekali.Seiring berjalannya hari dengan semakin dekatnya akhir bulan Ramadhan,jumlah jamaahnyapun semakin berkurang dan suasana masjid sudah terasa longgar kembali.

 

Memasuki 1 minggu sebelum hari raya Idul Fitri tiba,pusat keramaian mulai bergeser tidak lagi di masjid-masjid. Warga masyarakat mulai berondong bondong menyerbu berbagai pusat perbelanjaan seperti pasar,supermarket,mall maupun hypermarket untuk berbelanja kebutuhan menyambut datangnya hari raya Idul Fitri tersebut.Membeli baju baru,kue kering,minuman syrup dan kebutuhan lainnya.Suasananya makin ramai dengan banyaknya diskon serta promo yang gencar dilakukan oleh berbagai pusat perbelanjaan tersebut di hari hari terakhir bulan Ramadhan.

 

Ironis sekali kondisi tersebut karena justru di sepertiga hari hari terakhir bulan Ramadhan ini kita harus meningkatkan amal ibadah kita dengan beritikaf,tadarrus Al Quran,memperbanyak sedekah serta menjauhkan diri dari kebisingan dan godaan duniawi.Di malam malam terakhir inilah,Allah SWT akan menurunkan karunianya yaitu malam Lailatul Qodr,suatu malam yang nilainya lebih baik daripada 1000 bulan.Janji Allah SWT ini termaktub dalam Al-Quran surah Al-Qodr ayat 1-5 yang artinya :
“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. dan tahukah kamu Apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) Kesejahteraan sampai terbit fajar.”

 

Nah agar kita tidak menyia-yiakan kesempatan mendapatkan karunia-Nya di malam Lailatul Qodr tersebut serta kita tetap fokus dengan ibadah puasa serta ibadah lainnya hingga akhir bulan Ramadhan,berikut ini tips dari saya,yaitu :

 

1. Persiapkan kondisi fisik dan psikis sejak awal Ramadhan
Kondisi cuaca saat ini yang tidak menentu,malam terasa dingin dan siangnya terasa panas membuat daya tahan tubuh dikala berpuasa menurun,biasanya penyakit batuk pilek nih yang pertama kali menyerang.Penyebabnya lantaran saat sahur dan berbuka tubuh tidak cukup mendapat asupan gizi.Pastinya gak nyaman khan saat puasa terkena batuk pilek.Agar tidak mudah sakit saat berpuasa lakukanlah pola makan sehat dan seimbang yaitu ada karbohidrat, protein,kandungan lemak tidak terlalu banyak,mengkonsumsi buah dan sayuran serta air minum yang cukup 6-8 gelas sehari.

 

2. Persiapkan kebutuhan Hari Raya Idul Fitri jauh jauh hari sebelumnya.
Tidak ada tuntunan dari Nabi Muhammad SAW di hari raya Idul Fitri kita harus memakai baju baru.Hanya dianjurkan menggunakan baju yang paling bagus yang dipunyai serta berwarna putih dan tidak harus baru.Jadi persiapan baju ini bisa dilakukan sebelum bulan Ramadhan tiba,bisa dengan memilah milah baju koleksi lama.Jikalau terpaksa harus membeli baju baru masih cukup waktu untuk memilih membeli di toko konvensional atau membeli di toko online.

Sedangkan untuk kebutuhan sajian kue keringnya,buatlah daftar belanjaan kue kering apa saja yang akan dibeli.Biasanya di awal bulan Ramadhan sudah banyak supermarket,mall,toserba yang memajang beraneka ragam kue kering.Bila tak ingin repot,di toko online pun seperti di Lazada kita dapat memesan aneka macam kue kering dan baju baru.Kualitas barang pun lebih terjamin karena belum banyak yang pesan dan banyak pilihannya.Bila semua kebutuhan tersebut baru kita cari menjelang hari raya Idul Fitri,selain merepotkan karena harus keluar masuk toko juga risiko diperjalanan lebih tinggi.Mobilitas orang lebih meningkat ketika mendekati hari raya Idul Fitri sehingga jalan raya pun tampak ramai sekali.Untuk order online pun sudah tidak memungkinkan karena perusahaan ekspedisi di hari hari terakhir Ramadhan sudah menolak paket kiriman barang.Bila nekat order online,bisa bisa baju baru dan kue keringnya diantar sampai ke rumah setelah hari raya Idul Fitri,ngak seru lagi khan hari rayanya.

 

3. Tunaikan Zakat Fitrah sesegera mungkin dan sebelum Sholat Idul Fitri
Hukum membayar zakat fitrah ini adalah wajib bagi semua orang yang beragama Islam termasuk bayi yang baru dilahirkan sehari sebelum sholat Idul Fitri.Dengan membayar zakat fitrah,pahala puasa kita tidak menggantung di langit tetapi langsung menuju ke hadirat Allah SWT.Besaran zakat fitrah yaitu minimal 2.5 kg beras atau bahan pokok setempat dikalikan sejumlah anggota keluarga kita dan diserahkan ke amil zakat atau diserahkan langsung ke fakir miskin sebelum sholat Idul Fitri dilaksanakan.Agar tidak kelupaan,zakat fitrah ini bisa kita tunaikan sejak awal Ramadhan sehingga kita bisa fokus dengan ibadah Ramadhan lainnya.

Perencanaan dan persiapan diri sejak awal bulan Ramadhan menjadi penentu keberhasilan kita dalam menjalankan segala macam ibadah wajib dan sunnah di bulan Ramadhan ini.Di bulan inilah segala macam pahala,rahmat dan ampunan diobral oleh Allah SWT bagi kita semua,sungguh rugi bila kita tidak berusaha memperolehnya karena tidak ada jaminan tahun depan kita akan ketemu dengan bulan Ramadhan lagi.

 

Lazada-blog-finalist125

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage