Tips Sederhana Lulus Mudik

Artikel ini di Submit Pada 2015/07/11 Oleh Jepri Walistian

 

Tips Sederhana Lulus Mudik — Bulan Ramadhan memanglah merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan, kenikmatan, dan kesenangan, serta kebahagian dibandingkan dengan bulan yang lainnya, karena selain Allah SWT memberikan kepada kita malam yang sangat mulia yang dimana malam ini kebaikannya lebih baik dari seribu bulan, dan selain itu juga, setiap ibadah yang kita lakukan baik di malam maupun di siang hari pada bulan yang suci ini pulamaka akan dilipatgandakan pahala ibadahnya, bukankah ini merupakan suatu kebaikan, kemurahan dan rasa kasih sayang yang sangat dalam dari Allah SWT kepada para umat muslim di seluruh penjuru dunia ini dari negara abjad?

 

Iya, betul, betul betul, jadi kalau ada yang bilang kenapa sih diwajibkannya puasa, kenapa sih harus puasa setiap bulan Ramadhan? Kalo beneran ada yang bilang kayak gitu, jawabannya gaklah sulit kok, tinggal aja jawab pake, kan sebelum puasa udah banyak makan, minum tuh, bahkan gak ada yang namanya larangan buat makan, dan minum di siang hari, jadi kalo haus atau laper tinggal langsung makan aja, jadi apa sih susahnya gak makan dan makan dan ngehindarin hal-hal yang bisa ngebatalin puasa cuman kurang lebih 13 jam aja, tapi selain itu ditambah ngelakuin ibadah-ibadah yang lainnya. Oh iya, dan selain itu, puasa juga bagus loh buat perut kalian yang selama 11 bulan terus menerus bekerja keras untuk mengolah makanan yang masuk, jadi harus ngeliat ayat yang diulang-ulang

“maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan? (QS.Ar-Rahman 55:13)”

Dan kalo ngobrolin puasa bulan Ramadhan selain identik dengan yang namanya berbuka puasa, sahur, maka pasti dikenal dengan yang namanya lebaran Idul Fitri, jadi kalo kenal yang namanya lebaran maka udah gak asing yang namanya mudik. Asyik mudik adalah momen yang paling ditunggu-tunggu kalo mau lebaran, meskipun terkadang sempet baper juga ya kalo lagi mudik gitu kenapa macet berkilo-kilogram, hehe kilometer maksudnya teh, selain kondisi di jalan, kondisi kayak rumah, keluarga, dan diri sendiri harus udah oke.
Nah jadi dari situ ada beberapa tips lulus mudik nih, antara lain :

 

1. Sebelum mudik, periksa dan pastikan kembali apakah rumah Anda udah dalam keadaan terkunci serta pastikan pula keluarga dan Anda sudah tidak berada di dalamnya. Gak enak kan kalo kalo mudik tapi ada yang ketinggalan suami misalnya.

 

2. Pasanglah alat pengaman tambahan pada rumah Anda yang mendukung untuk tidak terjadi pencurian, atau perampokan ketika Anda tinggal mudik bersama keluarga, misalanya tambahkan police line/garis polisi, atau papan pengumuman yang bertuliskan “Rumah ini Disita oleh Bank” atau dekorlah sedemikian rupa dengan dekorasi yang mencekam layaknya rumah yang angker.

 

3. Jika Anda mudik dengan menggunakan pesawat terbang atau kapal laut maka jangan naik atau bahkan turun ketika sedang dalam perjalanan.

 

4. Apabila Anda pergi mudik dengan menggunakan bis maka pastikan wujudnya panjang, dengan rodanya yang besar, dan jendelanya banyak, jika wujudnya tidak demikian maka bisa jadi itu hanyalah odong-odong.

 

5. Bagi Anda yang pergi mudik dengan mobil pribadi karna musim panas maka setiap 10 km sekali ceklah ban mobil Anda sapa tau kehausan.

 

6. Waspadai terhadap orang asing yang dengan senang hati dan baik hati memberikan minuman atau makanan kepada Anda, maka untuk mewaspadainya mintalah yang mentahnya saja.

 

7. Bagi Anda juga yang ingin mudik dengan mobil pribadi cek kembali dan pastikan bahwa kunci yang dipakai sesuai dengan mobil Anda.

 

8. Untuk mengantisipasi kepadatan penumpang ketika mudik maka hindari membawa barang-barang yang diperlu dibawa misalnya kursi, kasur, lemari, rak sepatu, apalagi mesin cuci.

 

9. Untuk jaga-jaga selama Anda mudik pastikan ketika Anda melakukan pengisian bahan bakar di SPBU yang diisikah oleh petugas adalah bensin atau solar bukan minyak tanah.

 

10. Karna mudik Anda pasti akan kembali ke tempat asal Anda maka bawalah baju seperlunya saja jangan bawa semua karna Anda bukan minggat.

 

11. Tips yang selanjutnya adalah pastikan Anda punya kampung halaman untuk pergi mudik jangan ikut-ikutan orang lain. Bisa jadi karena tidak punya kampung halaman Anda mudik trus kembali lagi ke tempat asal. Jangan lakukan.

 

Demikianlah beberapa tips yang bisa dipake ketika Anda mudik, dan semoga tips tersebut dapat bermanfaat, aamiin.. Selamat mudik dan hati-hati di jalan karna bagi Anda yang punya kampung halaman maka keluarga Anda di sana menunggu Anda dengan penuh cinta, dan rindu.

Lazada-blog-finalist125

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage