Tips Puasa Sehat Bahagia Saat Menyusui

Artikel ini di Submit Pada 2015/06/28 Oleh Hasna S. Rasyidah

 

Tips Puasa Sehat Bahagia Saat Menyusui — Menyusui sambil berpuasa, bagi sebagian perempuan, bukan hal yang mudah. Pasalnya, ia harus tetap bekerja (di rumah bagi ibu rumah tangga, dan di kantor bagi wanita karir). Artinya, asupan makanan yang disantap ketika sahur akan dihabiskan untuk keperluan ibu dan bayi sekaligus.

 

Sebenarnya Islam memberi keringanan bagi bumil dan busui untuk tidak berpuasa dengan konsekuensi membayar fidyah/menggantinya di hari lain. Namun alangkah bahagianya jika bunda bisa tetap berpuasa, bukan?

 

Berikut beberapa tips agar bunda tetap bugar berpuasa meskipun sambil menyusui:

1. Berpikir Positif

Banyak sedikitnya suplai ASI, dipengaruhi faktor psikologis juga. Busui yang bahagia, memproduksi ASI yang lebih banyak daripada yang pikirannya keruh. Pikiran positif seperti, “aku pasti kuat!” atau “ASIku pasti cukup sampai sore nanti”, akan banyak membantu.

 

2. Sediakan ASIP

Sejak setelah berbuka hingga menjelang tidur, bunda bisa menyiapkan beberapa botol ASIP sebagai cadangan (baca: jaga-jaga) siapa tahu esok hari si bayi rewel karena ASInya kurang. Biasanya pada malam hari, produksi ASI lebih banyak daripada siang hari.

 

3. Support dari Ayah

Pekerjaan rumah yang banyak berpotensi menguras tenaga bunda, apalagi jika tidak ada asisten rumah tangga. Padahal jika tenaga sudah terkuras, bunda bisa jadi enggan menyusui bayi. Nah, di sinilah support dari ayah dibutuhkan. Berbagilah tugas! Ayah mencuci piring kotor atau mengepel, sementara bunda mengurusi si kecil misalnya. Kerjasama adalah kuncinya!

 

4. Asupan yang Bergizi

Selain makan sahur dengan 4 sehat, bunda perlu menyempurnakannya dengan air yang banyak (segelas susu+madu, 2 gelas air putih, misalnya) dan vitamin yang mendukung; madu, kapsul minyak ikan, sari kurma, suplemen pelancar asi dan seterusnya.

 

Oke bunda, semoga ibadah puasa bunda lancar ya! Semoga bermanfaat 🙂

 

Lazada-blog-finalist125

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage