Tips Puasa di Kantor Agar Kerja Lancar & Tetap Semangat

Tips Puasa di Kantor Agar Kerja Lancar & Tetap Semangat — Kesibukan pekerjaan sering dijadikan alasan untuk lalai dalam beribadah misalnya untuk puasa atau sholat. Sebaliknya, ibadah berpuasa juga terkadang dijadikan kesempatan untuk bermalas-malasan dalam bekerja.

tips puasa di kantor

Banyak berleha-leha, berlama-lama ditempat ibadah usai sholat atau bahkan membolos kerja untuk sekedar tidur dirumah, hal-hal tersebut tidak jarang kita sah-kan demi alasan menjaga stamina dan tak cepat lapar dan haus agar puasa terjaga. Semestinya ibadah puasa Rmadhan ini dijadikan motivasi untuk membuktikan bahwa diri kita bisa tetap produktif walau sedang menahan lapar dan haus.

Sesungguhnya merupakan sebuah nilai tambah bagi seseorang yang dapat menjalankan puasa selagi bekerja dengan semangat. Maka dari itu, berpuasa sembari bekeja adalah kondisi yang perlu kita siasati. Bagi Anda yang berpuasa berikut adalah tips untuk menjalankan puasa meski dalam pekerjaan yang berat, dihimpun dari berbagai sumber terbaik.

1. Menguatkan Niat & Ikhlaskan Diri

Agar dapat menjalani bekerja dan berpuasa beriringan, perkuat niat Anda dan berserah diri pada Yang Kuasa, niscaya Anda pun dapat melakukannya. Pahami bahwa bekerja dengan ikhlas merupakan ibadah yang mulia juga, sehingga bekerja selagi berpuasa inshaallah dapat menghasilkan pahala yang berlipat ganda pada bulan Ramadhan ini.

2. Siasati Perjalanan Pagi

Masa awal Ramadhan biasanya paling berat. Perubahan pola tidur karena harus melaksanakan sahur biasanya membuat bangun pagi terasa menyiksa. Siasatnya adalah dengan mengusahakan untuk tidak tidur setelah sahur dan segera bersiap ke kantor. Sampai di kantor, kita punya cukup waktu melanjutkan tidur hingga jam kerja dimulai.

3. Hindari banyak bicara

Jika Anda termasuk orang yang gemar dan suka bicara secara berlebihan, sebaiknya mulai kurangi kebiasaan tersebut saat puasa, karena berbicara pun menghabiskan energi. Selain itu untuk menjaga diri dari haus dan dahaga karena banyak bicara pun akan mempengaruhi nilai puasa Anda. Kuncinya perbanyaklah berzikir meski hanya dalam hati.

4. Pergunakan Istirahat Makan Siang

Tidur selama 15 menit saja tidak lebih akan mengembalikan konsentrasi, fokus dan semangat seseorang dalam beraktifitas. Manfaatkanlah jam makan siang di kantor Anda untuk tidur selama 15 menit untuk kembali bugar bekerja, namun jangan tidur terlalu lama ya karena justru akan membuat kita tidak fit nantinya.

5. Tak Usah Lembur

Jika biasanya kita menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk dengan menambah jam kerja alias lembur, di bulan puasa sebaiknya kita pulang lebih cepat. Selain agar bisa menikmati berbuka puasa di rumah bersama keluarga, melaksanakan salat tarawih, kita juga punya lebih banyak waktu tidur agar tak terlambat bangun sahur.


PROMOTION

homepage