Tips Merencanakan Acara Buka Puasa Bersama

Tips Merencanakan Acara Buka Puasa Bersama — Bulan puasa Ramadhan biasanya diramaikan oleh acara berbuka puasa bersama. Bahkan acara buka puasa bersama ini seakan sudah menjadi tradisi bagi masyarakat muslim di Indonesia.

1

Acara buka puasa bersama ini biasanya diadakan bersama keluarga, kolega maupun teman-teman dan kadangkala menjadi ajang temu kangen bagi yang sudah lama tidak bertemu. Hikmah mengadakan acara buka puasa bersama antara lain:

  1. Kesempatan Silaturahmi
  2. Menjadi media fastabiqul khairat (berlomba-lomba dalam kebaikan)
  3. dan banyak lagi. *Baca selengkapnya disini: Tujuan, Hikmah dan Manfaat Berbuka Puasa Bersama

Nah, namun dalam merencanakan acara buka puasa bersama sebetulnya susah-susah gampang, mesti ada perencanaan matang agar acara berlangsung lancar dan menjadi bermafaat. Maka dari itu, kali ini kami akan memberikan beberapa tips yang dapat bermanfaat ketika Anda merencanakan acara buka puasa bersama tersebut. selamat menyimak:

Mengumpulkan Panitia

Bentuklah panitia terbaik, karena nantinya tiap panitia akan diberikan tanggung jawab. Pilihlah orang-orang yang cocok untuk tiap tanggung jawabnya masing-masing. Umumnya panitia buka puasa terdiri dari:

  1. Panitia publikasi acara: Orang dengan kontak komunitas yang lengkap dan luwes tentunya akan memudahkan
  2. Panitia penyedia tempat: Orang yang memiliki banyak pengetahuan tentang restoran atau tempat-tempat makan.
  3. Panitia keuangan: Memesan tempat di restoran untuk banyak orang biasanya diperlukan reservasi terlebih dahulu, sehingga Anda dan peserta buka puasa mesti membayar terlebih dahulu
  4. Ketua panitia

Tentukan Lokasi Strategis

Temukan restoran atau tempat makan yang sesuai dengan perkumpulan Anda. Pastikan letaknya mudah dijangkau dari banyak peserta buka puasa. Hindari tempat makan didalam mall karena biasanya akan kurang terasa khidmat dan sulit menemukan tempat untuk sholat magrib nantinya. Memilih tempat buka puasa dirumah seseorang peserta juga ide bagus, karena pastinya lebih hemat dan lebih bebas.

Kumpulkan Kontak/Publikasi

Berikutnya adalah mempublikasikan acara buka puasa Anda. Pastikan semua anggota menerima informasi acara ini. Gunakan media publikasi yang ada sebanyak mungkin seperti twitter, facebook, BBM, SMS, Telp. Buatlah koordinator publikasi berdasarkan kedekatan dengan anggota lain, atau berdasarkan lokasi. Buat daftar nama semua peserta acara lalu hubungi satu-satu untuk meminta konfirmasi kehadiran. Pastikan semua nama sudah dipegang oleh setiap koordinator publikasi. Tahap ini juga bisa dibarengi dengan pengumpulan dana dari peserta yang akan hadir.

 Saat Acara Berlangsung

Yup, saatnya menjalankan acara buka puasa bersama sesuai yang telah direncanakan. Pastikan panitia datang lebih awal untuk memastikan acara bisa berjalan dengan baik. Memastikan acara berdasarkan rencana atau rundown yang sudah dibuat adalah inti dari tahap ini. Sediakan juga semacam contact center untuk membantu peserta yang kesulitan menemukan lokasi.


PROMOTION

homepage