Tips Menunaikan Shalat Tarawih Khusyuk dan Nyaman

Artikel ini di Submit Pada 18 Juni 2015 Oleh: Kahfi Rafsanjani

 

Tips Menunaikan Shalat Tarawih Khusyuk dan Nyaman — Assalamualaikum sahabat muslim, salam sejahtera untuk kita semua atas kedatangan bulan suci ramadhan. Bulan yang penuh berkah ini masih setia menjumpai kita untuk segala berkah dan rahmatnya. Kita patut bersyukur karena masih diberikan umur yang panjang untuk dapat bertemu dengan bulan suci ini.

 

Dalam bulan suci ini ibadah sunat rutin kita adalah tarawih, kita semua sekeluarga berbondong-bondong ke masjid untuk menunaikan shalat tarawih. Mulai dari anak-anak sampai bapak-bapak dan ibu-ibupun ikut meramaikan jamaah untuk shalat tarawih.

 

Sadar atau tidak, shalat tarawih terkadang tidak dapat kita tunaikan secara maksimal karena berbagai faktor-faktor sepele. Terkadang hal-hal tersebut membuat kita tidak khusyuk dan nyaman dalam beribadah. Adapun hal-hal yang harus anda perhatikan sebelum menunaikan shalat sunat ini adalah :

 

Pakai baju berkantong

Pakai baju berkantong adalah tips pertama dalam shalat tarawih, jika anda membawa handphone dalam shalat dengan berbagai alasan maka hal ini harus anda lakukan. Pakailah baju kemeja berkantong dan bisa dikancing untuk memasukan handphone. Begitu juga dengan jam dan lain. Jika anda hanya memakai sarung dan baju tak berkantong, anda akan kerepotan untuk memegang handphone saat berwudhu dan shalat nantinya. Ingat juga, jangan lupa silent-kan handphone anda ketika shalat, supaya shalat anda bisa khusyuk dan nyaman.

 

Kunci gembok kendaraan anda

Kehilangan kendaraan saat menunaikan shalat tarawih sering terjadi, maka untuk mengantisipasinya anda harus membuat perlindungan ekstra. Yaitu dengan menggembok kendaraan anda. Jangan sering mengangap remeh dan malas untuk menggemboknya. Supaya ibadah anda khusyuk dan nyaman, dan pikiran anda hanya terfokus ke shalat.

 

Bawa kain sarung cadangan

Jika anda membawa kendaraan, jangan lupa untuk membawa kain sarung cadangan. Masukanlah kain sarung cadangan kedalam bagasi kendaraan anda. Banyak hal bisa terjadi nantinya. Waktu anda berwudhu, mungkin kain sarung anda basah. Terkadang anda harus membuang air kecil dan terkena kain sarung ataupun hal-hal lain yang membuat kain sarung tersebut tidak dapat dipakai untuk shalat.

 

Pakai sandal jepit biasa

Kehilangan sandal juga marak terjadi. Sebelum hal tersebut menimpa anda, ada baiknya anda sudah sigap menanggapinya dengan memakai sanda jepit biasa. Jangan gunakan sandal-sandal bermerek ataupun sandal baru lainnya.

 

Bawa sajadah sendiri

Terkadang masjid hanya menggelar sajadah untuk saf depan. Memang saf dibelakang yang tidak ada sajadah sudah suci dan dapat digunakan untuk shalat. Tapi, ada kalanya serangga-serangga kecil yang terpijak di lantai membuat lantai kotor ataupun kotoran cecak yang jatuh juga membuat lantai tidak suci. Oleh karena itu, anda lebih baik membawa sajadah sendiri. Supaya shalat anda bisa lebih khusyuk dan nyaman.

 

Jangan makan terlalu banyak

Makan terlalu banyak saat berbuka terkadang menjadi kebiasaan. Tentu saja itu adalah kebiasaan buruk yang harus ditinggalkan. Makan terlalu banyak menyebabkan perut anda tidak nyaman dalam beribadah. Juga membuat anda sering keluar angin yang akan membatalkan wudhu. Sehingga shalat anda terganggu. Jadi makanlah secukupnya saja saat berbuka.

 

Penuhi saf depan terlebih dahulu

Hal ini juga menjadi hal yang utama agar ibadah tarawih nyaman dan khusyuk. Segeralah memenuhi saf terdepan terlebih dahulu, supaya ibadah jamaah anda diterima oleh Allah dan mendapatkan pahala 27 kali lipat.

 

Ya begitulah, beberapa tips Tips menunaikan shalat tarawih khusyuk dan nyaman. Kalau anda sudah memenuhi semua tips-tips tersebut isyaAllah shalat tarawih anda akan lebih khusyuk dan nyaman sehingga menjadi berkah yang tiada tara untuk anda.

 

Lazada blog finalist

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage