Tips Menjaga Stamina Saat Ramadhan

 Posting Ini Di Submit Oleh: Muhamad Irfan Prasetyo – Juli 2014

Tips Menjaga Stamina Saat Ramadhan — Berpuasa di bulan Ramadhan merupakan rukun Islam yang ke-4. Hukum berpuasa di bulan ramadhan adalah wajib bagi setiap muslim, berakal, sudah baligh, dalam keadaan sehat dan dalam keadaan mukim (tidak bepergian jauh). Bulan Ramadhan sendiri adalah bulan yang selalu ditunggu-tunggu kehadirannya oleh setiap umat muslim, karena di bulan inilah pintu ampunan terbuka lebar serta rahmat dan karunia-Nya berjejal di muka bumi. Bukan hanya itu, rezeki yang berlimpah sudah menunggu bagi mereka yang tulus ikhlas bekerja mencari nafkah dan karunia-Nya.

Haus, lapar, lelah dan malas adalah sebagian keluh kesah kebanyakan orang ketika menjalankan puasa. Hal-hal tersebut adalah kebiasaan yang sebetulnya buruk karena hakikat puasa bukan untuk menyiksa diri, tapi melatih diri dari rasa lapar, dahaga, dan hawa nafsu. Apalagi godaan untuk malas-malasan ketika menjalankan puasa pasti ada. “Wah gaak ada kerjaan nih, ngantuk, tiduran ah.” Nah, hal semacam itu pasti pernah terngiang di pikiran kita dan kemauan kita kan?

Pembaca yang budiman, rasa malas dan lemas yang kita rasakan haruslah kita kalahkan. Jangan sampai pemikiran dan kelakuan negatif itu menguasai diri kita. Katanya bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, penuh ampunan, bulan suci, bulan penuh rahmat dan karunia, tapi kok malah malas, badan lemas, kan mubadzir puasanya, iya kan? Memang tidurnya orang yang sedang puasa itu ibadah. Tapi itu tafsiran yang kurang tepat. Menurut penulis begini; Istirahat saja berpahala, apalagi beribadah dan bekerja.lagi-puasa

Nah, untuk menyiasati agar badan tetap fit, bugar, dan tidak gampang malas dan lemas, penulis akan sedikit berbagi saran atau tips, diantanya :

1. Buka puasa dan sahur secukupnya

Kita sudah tahukan, puasa yang baik adalah mendahulukan berbuka dan mengakhirkan sahur. Tujuannya tentu sangat baik. Bayangkan jika kita makan dan minum sepuasnya ketika berbuka, kekenyangan pasti akan kita rasakan dan lama kelamaan akan muncul rasa malas dan kantuk sehingga bisa mengganggu ibadah shalat maghrib, isya’, dan taraweh. Apalagi jika saat sahur makan banyak lalu kekenyangan, pasti gak enak kan? Aktivitas yang kita rencanakan berantakan karena tubuh terlalu berat digerakkan akibat kekenyangan. Jangan lupa juga

2. Mengurangi kegiatan yang memberatkan dan atur jadwal

Ya, hal itu tak bisa dipungkiri lagi. Manusia memiliki batas kemampuannya, termasuk stamina, jadi agar stamina tidak terkuras sampai habis, maka kurangilah kegiatan-kegiatan yang sekiranya akan membuat tubuh cepat lelah. Tapi, apabila ingin tetap berolahraga misalnya, ya tidak apa-apa. Toh, itu untuk menjaga tubuh tetap fit. Boleh-boleh saja dong kita berolahraga, tapi jangan berlebihan, kan yang berlebihan itu buruk. Dan jika anda sibuk, aturlah jadwal sebisa mungkin agar agenda anda tidak bertabrakan satu sama lain. Mengatur jadwal juga bisa menguntungkan kita, sehingga kita bisa tahu kapan kita istirahat, berbuka, sahur, tadarus, beribadah, bekerja, dan aktivitas-aktivitas lainnya.

3. Berpikir positif dan menjalankan puasa Ramadhan dengan ikhlas

Nah, disinilah peran penting otak dan hati manusia. Think Positive! Itulah yang harus kita tanamkan pada hati dan pikiran kita, agar dalam kita bertindak, berkelakuan, dan berkegiatan selama Ramadhan selalu menghasilakan hal positif. Jika itu terlaksana maka kita akan merasakan lega, dan tentunya rasa senang, tenang, dan tentram sekaligus menghindarkan diri kita dari stress. Ikhlas menjalankan puasa dan berkegiatan selama Ramadhan, insyaallah berpahala. Toh, kita tidak merugi dan tubuh kita tidak dijejali pikiran-pikiran negatif yang bisa berujung stress dan kelelahan. Ga mau kan?

Itulah saran dari penulis untuk pembaca yang budiman. Sebagai manusia yang banyak salah kita harus banyak-banyak belajar, menuntut ilmu. Termasuk mengetahui dan menjaga tubuh. Kan yang tahu kondisi tubuh manusia ya hanya Tuhan Yang Maha Esa dan diri sendiri. Jadi, berpikirlah sebelum merencanakan, dan telitilah sebelum bertindak.

Ingat ya, puasa bukan alasan untuk malas dan lemas. Selama kita bisa mengatur jadwal kegiatan, mengurangi kegiatan yang berat, berbuka dan sahur secukupnya, dan menjaga hati dan pikiran, Insyaallah puasa di bulan Ramadhan akan lancar dan barokah. Ingatlah, stamina drop dan malas juga bisa dari pikiran dan kemauan kita sendiri lho, So, Keep Spirit Guys!.

stamp-Blog-Finalist-02

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage