Tips Menghemat Pengeluaran Selama Bulan Ramadhan

Posting Ini Di Submit Oleh: Ahmad Ade Syabihis – Juli 2014

Tips Menghemat Pengeluaran Selama Bulan Ramadhan — Masuknya bulan suci ramadhan ditandai dengan adanya berbagai iklan di media (massa, cetak, elektronik). Dengan adanya iklan ini mendorong masyarakat untuk membeli produk tersebut. Oleh karena itu, keinginan masyarakat yang menggebu untuk membeli barang tersebut terjadi tanpa adanya proses pikir panjang apa keuntungan dan kerugian selama membeli produk/barang tersebut.

Picture3

Selama bulan puasa, banyak terjadi proses jual-beli karena banyak masyarakat yang membutuhkan sesuatu/barang yang lebih selama bulan ramadhan sehingga tidak mempedulikan lagi berapa jumlah pengeluaran yang akan kita keluarkan selama satu bulan penuh. Maka dari itu, saya akan berbagi tips mengenai “Cara Menghemat Pengeluaran Selama Bulan Ramadhan” sebagai berikut.

1. Tentukan barang yang hendak dibeli

Dalam membeli sesuatu tentunya kita harus pandai-pandai menentukan barang mana yang akan kita dibeli. Kita harus menyesuaikan dengan nilai kebutuhan dan budget yang kita punya. Tidak hanya itu, kita harus melihat kondisi dari barang tersebut serta kualitasnya. Semakin mahal harga barang maka semakin bagus kualitas dari barang tersebut, maka sebaliknya semakin murah harga barang tersebut maka semakin jelek kualitas dari barang tersebut. Mahalnya harga justru membuat pembeli menghindar dari penjual. Namun untuk mengakalinya, banyak sekali penjual yang menjual barangnya dengan diskon besar-besaran selama bulan ramadhan, maka carilah yang barang yang sesuai dengan budget kita yang kesannya bukan murahan.

2. Usahakan untuk menawar barang yang ingin dibeli (Jika boleh)

Menawar atau yang biasa kita sebut negosiasi adalah budaya orang indonesia yang sampai saat ini masih bisa dilakukan dibeberapa pasar lokal. Kegiatan menawar dilakukan dengan bernegosiasi dengan penjual sehingga menciptakan suatu harga baru yang disetujui oleh penjual dan pembeli, sehingga banyak diterapkan di pasar-pasar tradisional. Dengan menawar, kita dapat menyesuaikan harga dengan jumlah budget yang kita punya.
Namun, tidak semua penjual memberlakukan sistem menawar ini seperti swalayan, mall, online shop karena sudah terdapat diskon (potongan harga) dalam barang tersebut.

3. Membeli barang berdiskon besar-besaran

Potongan harga biasa dilakukan oleh penjual untuk menarik perhatian konsumen. Diskon besar-besaran biasa dilakukan pada bulan-bulan tertentu, tak terkecuali bulan ramadhan dan mendekati lebaran. Oleh karena itu, bagi yang ingin berhemat tak ada salahnya untuk membeli barang berdiskon karena dapat menghemat uang di kantong kita.

4. Melakukan transaksi yang menawarkan cashback bagi konsumennya

Hampir sama seperti diskon, namun cashback menawarkan potongan harga melalui jenis transaksi (kebanyakan) melalui debit. Harga yang telah diberikan cashback tidak akan sama dengan harga barang yang asli karena telah mendapatkan potongan sehingga kita dapat menghemat uang selama bulan ramadhan. Kebanyakan sistem cashback ini dilakukan di mall dan online shop.

5. Membeli barang secukupnya

Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, sama seperti saat kita ingin membeli sesuatu. Belilah sesuatu yang bermanfaat dan secukupnya sehingga tidak mubazir. Dalam membeli barang yang secukupnya, kita dapat meminimalisir uang yang dapat kita keluarkan. Apalagi di bulan yang penuh rahmat ini kita dituntut untuk tidak berlebihan dalam menghabiskan uang. Jadi, belilah barang yang kiranya mencukupi apa yang kita butuhkan bukan yang kita inginkan.

Di bulan yang suci ini, kita semua dituntut untuk beribadah bukannya membuang-buang uang. Jadi, sebagai konsumen/pembeli yang cerdas, kita harus memakai uang sewajarnya saja dan usahakan untuk berhemat.
Sekian, terima kasih.

stamp-Blog-Finalist-02

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage