Tips Mengatasi Malas Sholat Tarawih

Posting Ini Di Submit Oleh: Akhmad Mutaallimin – Juli 2014

Tips Mengatasi Malas Sholat Tarawih — Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan rahmat. Di bulan suci ini semua orang berlomba – lomba meningkatkan ibadahnya dibanding bulan – bulan biasanya untuk mendapatkan Ridho Allah SWT. Selain itu, di bulan puasa ini kita dituntut untuk menahan segala hawa nafsu yang ada pada diri kita. Pada Bulan Ramadhan ini diantara sekian banyak amal ibadah yang bisa kita lakukan di Bulan Ramadhan salah satu ibadah yang khusus hanya dikerjakan di Bulan Ramadhan yaitu sholat tarawih.

Sholat tarawih merupakan sholat sunnah yang pelaksanaannya dilakukan selepas sholat isya. Bagi Siapa saja yang menjalankan ibadah ini maka Allah menjanjikan pahalanya yang berlipat ganda. Sholat tarawih dikerjakan sebanyak 20 rakaat ataupun 8 rakaat yang kemudian dilanjutkan 3 rakaat sholat witir. Biasanya sholat tarawih dilakukan secara berjamaah meskipun boleh dilakukan sendirian. Namun, adakalanya kita merasa malas untuk melaksanakan sholat tarawih dan ada saja halangan yang datang. Sehingga seiring terus berjalannya bulan ramadhan jamaah sholat tarawih kian menjadi sedikit.

Lalu bagaimana cara kita mengatisipasi rasa malas kita untuk sholat tarawih? Ada beberapa kemungkinan atau alasan mengapa banyak orang merasa malas ketika akan melakukan sholat tarawih. Disini saya akan membagi beberapa tips untuk menanggulangi masalah yang sering membuat kita malas melakukan sholat tarawih. Berikut beberapa tipsnya antara lain:

1) USAHAKAN MAKAN SECUKUPNYA KETIKA BERBUKA

Pada saat kita berbuka kadangkala kita melampiaskan rasa lapar dan haus kita selama berpuasa dengan makan dan minum secara berlebihan. Cara berbuka yang demikian itu sangatlah tidak baik dan tidak dianjurkan oleh Rasulullah. Berbuka puasalah secara wajar atau secukupnya saja. Karena jika kita mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak akibatnya setelah berbuka kita akan merasa malas untuk bergerak karena kekenyangan. Selain itu, makan yang berlebih membuat kita mengantuk sehingga akan sangat berat untuk melakukan shioolat tarawih.

2) TIDUR SIANG

Kadangkala kita merasa mengantuk ketika akan melakukan sholat tarawih akan lebih baik jika sebelum itu kita melakukan tidur siang. Karena selain membuat tubuh kita segar kembali di sore harinya kita juga akan siap untuk melakukan sholat tarawih di malam harinya.

3) MENCEGAH DIRI KITA MENONTON TELEVISI

Ketika waktu berbuka adalah saat dimana asik menonton televisi setelah berbuka. Hal itu kadang melalaikan kita dengan sholat tarawih karena terlalu asik menonton acara yang kita sukai. Untuk mencegah hal tersebut lebih baik setelah berbuka kita tidak menyalakan televisi atau melakukan hal lain seperti membaca buku ataupun bercengkrama bersama keluarga.

4) HINDARI BERSOSIAL MEDIA ONLINE

Kegiatan ini identik dengan anak – anak remaja yang sedang populernya bersosial media. usahakan kita tidak teralihkan oleh sosial media karena kadang kita tersibukkan sendiri ketika kita sedang membaca apa yang sedang di bicarakan di sosial media tersebut. Lebih baik kita melakukan suatu kegiatan yang lain selain bersosial media. jangan sampai ibadah anda terbengkalai hanya karena bersosial media.

Nah, itu sedikit tips dari saya untuk menanggulangi rasa malas kita untuk melakukan sholat tarawih. Tingkatkan ibadah kita di bulan yang penuh rahmat ini jangan sampai waktu kita terbuang sia – sia oleh kegiatan yang sekiranya membuat ibadah kita terbengkalai dan membuat kita malas.

stamp-Blog-Finalist-02

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage