Tips Menahan Hawa Nafsu Selama Bulan Ramadhan

Artikel ini Di Submit Pada 18/5/2015 Oleh: Padli Kusmayadi

 

Tips Menahan Hawa Nafsu Selama Bulan Ramadhan — Marhaban Ya Ramadhan..Assalamualaikum wr.wb. Hi Sobat, Alhamdulilah bulan-bulan yang dinanti oleh semua umat muslim di dunia telah datang, Marhaban ya Ramadhan…Bagaiamana kabar Sobat Muslim semua? semoga tetap dalam keadaan sehat walafiat ya..Aminn. Bulan suci Ramadhan 1436 H ini jatuh pada hari kamis, tanggal 18 Juni 2015 dan Alhamdulilah serentak dilaksanakan oleh semua umat muslim di Indonesia.

marhaban ya ramadhan

Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, semua umat muslim diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa, hal ini tercantum dalam firman Allah SWT. QS. Al Baqoroh  :

(يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ (183

Yang artinya, Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan kepada kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan kepada orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa.

puasa tidak hanya menahan lapar dan haus

Menahan Hawa Nafsu

Puasa tidak hanya menahan lapar dan haus dari terbi fajar hingga terbenam matahari, tetapi menahan semua emosi yang dapat mengurangi pahala puasa tersebut. Sungguh sangat disayangkan apabila kita sanggup menahan lapar dan haus namun tidak dapat menjaga perkataan dan perbuatan, hal yang seperti itu tidak akan mendapat pahala dari Allah SWT, hanya lapar dan haus saja yang ia terima.

Apa Itu Hawa Nafsu?

Dalam Tafsîr Al-Qurthubî dijelaskan bahwa Hawa Nafsu itu adalah segala hal yang dapat menimbulkan  perbuatan maksiat dan perbuatan haram. Allah SWT berfirman dalam QS Ali Imran (14) yang artinya :

“Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada “syahwat” (apa-apa yang diingini), yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga)”

Bagaimana Menahan Hawa Nafsu

Bulan Suci Ramadhan sejatinya merupakan perisai utama dalam menahan Hawa Nafsu sobat muslim semua. Jika kita menjalankan ibadah Puasa dengan sebaik-baiknya karena niat Allah SWT, insya allah Puasa sobat akan menjadi perisai dari Hawa Nafsu yang dapat mengurangi pahala berpuasa. Lalu bagaimana bila sobat sanggup menjalankan ibadah puasa yakni menahan lapar dan haus namun tidak sanggup menahan Hawa Nafsunya?

Banyak hal yang dapat dilakukan agar sobat dapat menjaga puasa dari Hawa Nafsu, yakni :

  • Dzikir : Perbanyak lah dzikir karena Allah SWT.
  • Solat Sunnah : Dirikanlah solat Sunnah, karena selama bulan Ramadhan mengerjakan solat sunnah, pahalanya sama dengan mengerjakan solat wajib
  • Membaca Al-Quran: Iqra.. Iqra.. Bacalah walau hanya satu ayat dengan maknanya.
  • Tidur : Jika sobat masih juga tidak bisa menjaga Hawa Nafsu, maka tidurlah. Karena tidur untuk menahan Hawa Nafsu selama bulan Suci Ramadhan adalah ibadah.

 

Akhir kata dalam bulan Ramdhan 1436H ini sebagai umat muslim, mari Sobat semua agar dapat menahan Hawa Nafsu, tidak hanya sekedar menahan lapar dan haus saja. Semoga amal ibadah yang Sobat muslim lakukan di bulan Ramadhan ini mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya dan diterima oleh Allah SWT. Amin..

 

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1436 H

Wassalamualaikum wr.wb.

 

Lazada blog finalist

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage