Tips Membuat Kinerja Komputer/Laptop Seperti Baru

Komputer lama Anda sudah terasa tidak secepat dulu waktu baru beli? jika benar, hal seperti ini pasti menghambat seluruh kegiatan komputasi Anda, yang pasti juga berdampak pada menurunnya produktivitas kerja, mengerjakan tugas, atupun sekedar berselancar di Internet. Kalau sudah begitu jangan buru-buru emosi dan membeli komputer atau laptop baru.

Kita bisa lho membuat komputer/lapto lama kita menjadi segar seperti awal kita beli komputer atau laptop baru, kita bisa memaksimalkan kembali kinerja komputer/laptop kita sehingga kita kembali mencintai komputer/laptop lama kita seperti saat baru. Inilah tips yang akan membuat komputer lama Anda segar kembali.

1. File Pada Desktop

laptop baru desktop penuh-lazada-ID
Terkadang kita meletakan file pada desktop agar mudah dan cepat mengaksesnya tetapi seiring waktu file atau aplikasi itu banyak menumpuk di desktop, luangkan waktu Anda untuk membersihkan desktop dari file-file yang sudah tidak terlalu aktif Anda gunakan.

2. Start-up Program
laptop baru-lazada indonesia

Start-up program adalah program yang memulai sendiri pada awal kita menghidupkan komputer atau laptop, ketika telah terlalu banyak program yang auto-start maka akan membuat komputer kita lambat bahkan dari saat awal kita menghidupkan komputer. Untuk menghapus program autostart ini seperti yang dikuti dari Opera Software: Pada Windows 8, klik Ctrl + Shift + Esc untuk membuka task manager, pilih tab startup dan non-aktifkan item apapun yang kamu tidak ingin mulai secara otomatis. Pengguna Mac bisa pergi ke System Preferences > Users & Groups/Accounts > Login Items untuk menghapus program.

3. Temporary File

delete-temporary-files-lazada-indonesia
Komputer/laptop kita menyimpan semua data-data file sementara yang disebut dengan temporary file, hapuslah file-file tersebut, beberapa cara dapat digunakan. Salah satunya adalah dengan "Disk Cleanup", pada aplikasi disk clean up kita dapat memilih opsi menghapus file temporary dan file-yang sudah tidak diperlukan lagi.

4. Hard Drive Eksternal

best-external-hard-drive-lazada-indonesia
Sebuah hard-drive external selain fungsinya untuk memback-up data pada komputer kita juga kita dapat menggunakannya sebagai media untuk menyimpan file-file besar yang mungkin tidak Anda sering-sering pakai seperti file film-film dan musik, dengan memindahkannya ke sebuah hard drive, komputer Anda dapat memiliki kapasitas yang lebih lega dari sebelumnya.

5. Disk Defrgament

defragment laptop-lazada indonesia
Fragmentasi disk umumnya adalah hal juga menyebabkan lambatnya kinerja laptop kita, dengan melakukan disk defragment secara rutin misalnya sebulan sekali, komputer Anda akan selalu berjalan dengan optimal. Melakukan disk defragment sangat mudah yaitu cukup search di tombol start dan ketikan "disk defragment".

6. Scan Virus

Free-Virus-Scan-and-Removal-lazada-indonesia
Melakukan Scan virus secara rutin juga dapat mengoptimalkan kinerja komputer Anda, karena lambatnya komputer juga dapat disebabkan karena virus yang tidak kasat mata dan berjalan di belakang program.

About the Author

Fariz Ilman Sr. Content Marketing di Lazada Group

PROMOTION

homepage