Tips Lengkap Cegah Mabuk Laut Ketika Mudik

Tips Lengkap Cegah Mabuk Laut Ketika Mudik — Seakan menyambut bulan Ramadhan, tidak lama lagi musim mudik juga ikut tiba, akibatnya arus mudik pun meningkat pesat. Karena Indonesia merupakan negara kepulauan, salah satu jalur mudik paling diminati adalah jalur laut, naik kapal feri atau kapal kecil penuh sesak sudah menjadi pemandangan tahunan di Indonesia. Ditambah mudik naik kapal laut merupakan alternatif hemat jika dibanding nik pesawat.

mabuk laut saat mudik lazada indonesia

Banyak yang beranggapan naik pesawat tidak nyaman karena menyebabkan mabuk laut. Namun bila kita tahu trik agar tidak mengalami mabuk laut, niscaya mudik lewat jalur laut bisa jadi pengalaman baru yang sangat seru! Inilah tips terhindar dari mabuk laut saat mudik lengkap dengan faktor, gejala dan penanggulangannya.

FAKTOR & GEJALA MABUK LAUT

  • Sebelum tahu cara mengatasi mencegah mabuk laut, kita perlu tahu apa saja faktor & gejala mabuk laut, yaitu: Mabuk laut terjadi karena adanya ketidakserasian antar indera kita saat berada di kapal yang berjalan yaitu adanya sebuah saluran berisi cairan di telinga bagian yang bertugas mengontrol rasa keseimbangan akan memberitahu otak bahwa tubuh sedang bergerak, Sementara indera penglihatan mata yang melihat seisi kabin memberitahu otak bahwa tidak ada pergerakan. Konflik indera inilah yang menghasilkan rasa mual sebagai gejala mabuk laut.

MENCEGAH MABUK LAUT

  • Jahe berkhasiat mencegah mual, jahe yang dikonsumsi 12-24 jam sebelum perjalanan laut dilakukan dapat mencegah gelaja mabuk laut terjadi.
  • Dehidrasi juga menjadi pemicu mabuk laut, sehingga minum air putih secukupnya supaya tidak dehidrasi dan hindari kopi dan bir karena ini akan membuat dehidrasi.
  • Rasa asam dimulu akan cegah rasa mual timbul, jadi makan permen lemon atau minuman lemon yang asam juga membantu gejala mabuk laut.
  • Hindari pandangan yang monoton, berjalan-jalanlah dikapal atau sekalian saja tidur. Tidur merupakan cara terbaik terhindat mabuk laut karena indera penglihatan tidak aktif.
  • istirahat cukup yang cukup sebelum melakukan perjalanan laut membuat tubuh fit untuk menghadapi berbagai kondisi pada tubuh.
  • Jika Anda menaiki kapal kecil yang mesin solarnya sangat dekat, hindarilah bau-bau solar karena bau solar bisa jadi salah satu pemicu gelaja mabuk laut.

MENGATASI MABUK LAUT

  • Jika mabuk laut terjadi jangan menahan-nahan untuk muntah. Karena dengan muntah, rasa pusing dan mual akan hilang dengan sendirinya. Setelah dimuntahkan juga jgn biarkan perut kosong agar tidak menjadi masuk angin, sebaiknya bila ada makan makanan kecil atau buah-buahan
  • Carilah Angin segar dan lakukan pernapasan dengan dalam, hal ini dapat menyeimbangkan kembali indera-indera yang tadinya berkonflik dan menyebakan mual.
  • Setelah muntah dan mencari udara segar, sebaiknya Anda mencari tempat terbaik untuk suasana yang berbeda. Jangan melulu melihat kebawah atau kelaut. Pandanglah sejauh mata memandang alam seperti melihat kapal-kapal lain yang sedang lewat, melihat langit, melihat awan dll.
  • Duduk terlalu lama apalagi sambil menunduk akan membuat mabuk laut Anda semakin parah.

PROMOTION

homepage