Tips Ibu Cerdas: BBM Naik, Yuk Belanja Online!

Artikel ini disubmit oleh: Rita B Pada 21 Nopember 2014

Tips Ibu Cerdas: BBM Naik, Yuk Belanja Online! — Usai pengumuman kenaikan BBM, 18 November silam beragam reaksi masyarakat terekam media. Mulai dari antri di SPBU, memborong beberapa bahan pokok sebelum harga melambung, demo membakar ban, protes via socmed, sampai mengganti nasi dengan ketela sebagai alternatif makanan pokok yang jauh lebih murah.

Tak ada yang salah dengan reaksi beragam ini, karena setiap orang punya cara sendiri untuk menghemat rupiah setelah kenaikan BBM. Tapi ada salah satu contoh yang sangat positif dilakukan sahabat saya, Elly. Managing Editor di sebuah media online terbesar di Indonesia ini rupanya punya cara cerdik untuk menyiasati kenaikan BBM.

Ibu dua anak ini lebih memilih belanja online untuk kebutuhan keluarga dan pribadinya. Mulai dari susu, pampers, perlengkapan rumah tangga, baju, hingga underware dilakukan secara online. Memang terbilang cukup nekat, karena tidak semua merchant online terpercaya dan punya barang berkualitas bagus dengan harga murah.

Embel-embel murah ini semakin jadi momok baginya saat ada kenaikan BBM. Wanita berusia 30 tahun ini harus putar otak, bagaimana tetap bisa mendapat barang berkualitas dengan harga murah. Murah yang ga murahan, dan bikin hati seneng. Yah, bagi Elly, sejak menikah dan punya anak, menjaga keseimbangan keuangan keluarga adalah prioritas utamanya, terutama saat kenaikan BBM yang pasti diikuti kenaikan beragam barang.

Sebelum menikah, dia mengaku suka shopping baik online maupun datang langsung ke mall. Tapi sekitar satu tahun terakhir ini dia lebih memilih belanja online dari merchant terpercaya, bukan lagi belanja online dari forum atau grup di BBM/WA maupun Facebook. Alasannya, kualitas barangnya ga selalu bagus dan susah klaim atau mengganti barang jika kualitasnya tak sesuai harapan. Akhirnya wanita berparas ayu ini memilih belanja di beberapa online shop besar di Indonesia dan selalu dapat barang branded berkualitas bagus dengan harga murah dan jarang ada di mall di kotanya.

Elly pun tak segan-segan berbagi tips belanja online ke rekan-rekan kerjanya, termasuk saya. Kadang cukup sebal juga sih, satu meja makan dengan ibu cantik ini. Bawaannya, promosi sale di online shop langganannya. Saking hampir setiap hari diracuni dengan beragam info diskon, baik secara lisan maupun lempar link di YM, email, atau socmed, saya sampai hapal dengan gayanya saat jualan info. Benar-benar tipikal ibu hemat yang bawel ini.

Berikut beberapa hal positif belanja online yang hampir waktu dia umumkan ke rekan-rekan kantornya, termasuk saya:

  1. Pasti lebih irit. Tak perlu keluar duit transport (ga perlu sering-sering beli BBM kan?)
  2. Manfaatkan bandwith kantor. Nah, kalau Anda pekerja kantoran, jangan segan gunakan fasilitas kantor untuk belanja. Tapi sebagai pegawai yang bijak dan beretika, belanjalah saat jam istirahat atau jam pulang/saat kerjaan kelar. Ya, intinya gunakan koneksi internet kantor sebijak mungkin kalau tak mau digampar bos ;)).
  3. Ga perlu repot-repot ngemall, so pastinya kita jadi punya banyak waktu bersama keluarga
  4. Udpate dengan info diskon tanpa harus pergi ke mall. Caranya cukup langganan e-newsletter yang ditrawarkan online shop.
  5. Baca subjek emailnya di setiap e-Newsletter yang dikirim ke email Anda. Jika penawarannya menarik, seperti diskon besar untuk barang yang Anda butuhkan, ya tinggal klik and go shopping!
  6. Tebalkan iman, karena banyak godaan yang ditawarkan online shop. Jadi belanja seperlunya saja. Tips cerdiknya, cukup 1 kali sehari buka online shop dan maksimal hanya 2-3 jam saja atau cek barang via e-newletter saja.
  7.  Jika Anda pemula yang pertama kali belanja online, coba beli satu barang dulu sebagai percobaan. Tidak semua merchant terpercaya. Jadi tetap perlu berhati-hati.
  8. Manfaatkan belanja semaksimal mungkin saat ada SALE di atas 70%. Seperti Online Revolution yang saat ini digelar Lazada.
  9. Jangan lupa selalu cek ongkir (ongkos kirim), dan sesuaikan dengan budget. Pilihlah online shop yang free ongkir atau free ongkir dengan belanja di atas limit mereka.
  10. Selalu manfaatkan layanan gratis voucher yang ditawarkan merchant online. Voucher ini akan sangat menghemat belanja Anda sampai lebih dari 30%.

10 poin itu hanyalah kesimpulan kecil dari celotehan sahabat saya tentang online shop. Baginya, online shop tidak hanya mengubah cara pandanganya tentang belanja hemat tapi juga melatihnya bersabar dan bertahan dengan beragam tawaran yang menggiurkan sementara kantong cekak karena belum gajian.

Elly justru membuat belanja online shop sebagai terapi dari rutinitas kerjanya. Tak punya duit, ya tak perlu belanja, tapi hati dan matanya sudah adem dengan melihat barang yang begitu elok dipajang di etalase online ini. Baginya, kecanduan belanja online itu ya tergantung pribadi tiap orang.  Nah, kalau Anda bagaimana? share your online shopping experience yuk!

stamp-Blog-Finalist-02

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage