Tips dan Trik Meningkatkan Pahala Melalui Amalan di Bulan Ramadhan

Artikel ini di Submit Pada 2015/07/06 Oleh Pramudya Ksatria Budiman

Tips dan Trik Meningkatkan Pahala Melalui Amalan di Bulan Ramadhan — Ramadhan merupakan bulan yang sangat dinanti umat muslim. Ini adalah bulan suci di mana amal baik akan dibalas dengan pahala yang berlipat ganda. Segala keistimewaan akan terasa jika sudah menghirup udara di bulan ramadhan. Orang-orang berlomba untuk meningkatkan kualitas iman dan juga pahala. Anda tentu tidak mau ketinggalan untuk mengumpulkan pahala sebanyak mungkin mengingat kita sebagai manusia tidak ada yang tahu seberapa panjang umur kita. Tahukah anda bahwa amalan wajib yang tercantum dalam rukun islam nomor dua yaitu sholat akan di lipat gandakan menjadi 70 kali di bulan suci ini?

Pahala yang berlipat ganda sungguh tak ternilai jika dibandingkan dengan uang yang sifatnya hanya sementara. Meningkatkan pahala sama halnya kita meningkatkan tabungan untuk masa depan yang lebih pasti dan abadi. Nah, hal apa saja yang dapat dilakukan untuk menambah tabungan pahala anda? Berikut adalah tips dan trik untuk meningkatkan pahala melalui amalan baik khususnya di bulan ramadhan meskipun tidak menutup kemungkinan di bulan lain juga sebaiknya anda melakukan amalan-amalan ini. Amalan pertama yang merupakan amalan wajib dan merupakan tiangnya umat muslim adalah sholat 5 waktu. Sholatlah di waktu yang tepat, jangan mengulur atau menunda karena aktivitas yang sedang anda kerjakan. Allah mencintai orang-orang yang melaksanakan kewajibannya tepat waktu.

Jika anda seorang laki-laki maka sebaiknya lakukan sholat berjama’ah, ini dianjurkan oleh Baginda Rosulullah SAW. Selanjutnya untuk amalan yang tidak tercantum dalam rukun islam, ini bisa dikatakan sunah bisa juga dikatakan wajib. Rajin-rajinlah bertilawah atau membaca Al-Qur’an seperti yang dikatakan dalam hadist HR Tirmidzi yang isinya memberitahukan bahwa dengan membaca 1 huruf yang ada dalam kitab suci Al-Qur’an, Allah akan memberikan 10 ganjaran atau pahala kebaikan. Hal yang sedang populer sekarang ini di kalangan remaja islam adalah tren 1 day 1 juz. Ini dapat anda jadikan trik untuk meningkatkan pahala di bulan suci yang penuh berkah ini. Anda tidak harus ngebut dalam satu atau dua jam untuk membaca Ayat Allah ini.

Caranya, waktunya membaca Al-Qur’an dapat anda bagi menjadi 5 yaitu seusai anda melaksanakan sholat wajib. Jika dipikirkan mungkin agak sedikit berat untuk anda yang belum terbiasa. Akan tetapi jika anda sudah mulai menjalankannya, maka anda akan merasakan indahnya bulan suci ini. Ditambah hadiah yang ditawarkan juga tidak main-main. Jika satu huruf bernilai sepuluh, maka dapat dibayakan berapa lipat pahala yang dapat anda raih dengan membaca seluruh huruf dalam satu juz? Selain itu, Untuk memaksimalkan amalan ibadah di bulan ramadhan, lakukanlah sholat sunnah, di antaranya sholat qobliyah dan ba’diyah yaitu sholat yang dilakukan sebelum dan sesudah sholat wajib, kemudian sholat dhuha yang dilakukan di pagi hari setelah matahari terbit. Sholat ini sangat cocok bagi anda yang ingin mendoakan orang tua.

Amalan berikutnya yaitu sedekah. Sudahkah anda bersedekah di bulan ramadhan ini? Jika belum, maka segeralah bersedekah. Alloh menyayangi umatnya yang senang berbagi. Sedekah juga diperintahkan langsung oleh Allah SWT dalam Qur’an Surah Al-Baqarah ayat 261 yang intinya jika seseorang mengulurkan tangan untuk bersedekah, maka uang atau barang yang disedekahkan itu ibarat benih yang akan terus tumbuh dan berkembang. Jika dalam perhitungan manusia, sesuatu yang terus diberikan maka akan habis. Akan tetapi perhitungan Allah justru sebaliknya. Semakin banyak memberi atau bersedekah kepada sesama, maka akan semakin banyak rezeki yang akan anda terima.

Menyantuni anak yatim juga disebutkan dalam kitab Allah. Pada intinya Allah mencintai hambanya yang peduli pada sesama, mengasihi anak yang sudah tidak memiliki Ayah (anak yatim), mengasihi orang yang tidak mampu dan lain sebagainya. Amalan di atas adalah amalan yang dapat menjadi jaminan untuk anda di akhirat nanti, dengan syarat anda ikhlas dan tulus melakukannya. Apakah anda tersentuh dan ingin segera bersedekah? Ada niat pasti ada jalan. Anda dapat memberi uang sekaligus barang ke orang yang membutuhkan. Untuk anak-anak yatim, anda bisa mendatangi mereka di panti asuhan.

Masihkah anda berpikir barang apa yang harus dibawa? Jangan khawatir, anda dapat membawa alat sholat seperti sarung, peci, mukena atau anda juga bisa membawa baju lebaran. Tidak usah bingung harus membeli di mana, karena di lazada.co.id tersedia lengkap semua barang yang anda butuhkan. Jangan bingung masalah harga, sebab semua produk di Lazada ditawarkan dengan harga terjangkau dan kualitas yang dapat dipertanggungjawabkan. Ada juga amalan yang terlihat sepele namun dapat meningkatkan pahala di bulan ramadhan yaitu seperti menghindari berkata bohong, menghindari ghibah dan ghosob, meningkatkan tali silaturahim, mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka. Jika hari biasa waktu berdo’a yang mustajab adalah di waktu antar adzan dan iqomah, sepertiga malam dan ketika teraniaya, di bulan ramadhan, ada waktu tambahan yaitu pada saat sebelum waktu berbuka puasa. Demikianlah amalan-amalan yang sangat disarankan untuk meningkatkan kualitas ibadah puasa anda. Semoga kita termasuk dalam golongan hamba yang bertaqwa.

Lazada-blog-finalist125

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage