Tips Dan Trik Belanja Hemat Selama Ramadhan

Posting Ini Di Submit Oleh: Dwi Suparno – Kamis, 3 Juli 2014

Tips Belanja Hemat Selama Ramadhan — Bulan suci ramadhan adalah waktu yang sangat dinanti oleh masyarakat muslim didunia., karena dibulan suci ini saat yang tepat bagi masing-masing pribadi untuk mengoreksi diri dan kembali ke jalan yang dituntunkan oleh Allah SWT.

Mungkin ketika dibulan-bulan sebelumnya kita lupa untuk melakukan ibadah karena kesibukan aktivitas kita sehari-hari yang sangat padat. Maka dibulan ini adalah saat yang tepat untuk kita sebagai muslim untuk lebih memanfaat waktu kita mendalami nilai ibadah secara utuh. Adakalanya apa yang sudah kita rencanakan dari awal bulan ramadhan sampai akhir ramadhan hingga memasuki hari raya idul fitri, banyak yang tidak bisa berjalan sesuai rencana semula.

Hal ini mungkin dikarenakan kita tidak mengatur dengan baik dan tepat aktivitas kita ataupun keuangan kita selama bulan suci ramadhan. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kenapa semua yang sudah kita rencanakan tidak berjalan dengan baik. Oleh karena mungkin anda perlu untuk mengetahui beberapa tips dan trik yang dapat anda lakukan agar apa yang sudah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan tidak mengganggu konsentrasi kita dalam beribadah dibulan suci ramadhan ini.

Adapun tips dan trik yang akan saya jelaskan dibawah ini adalah tips dan trik yang dapat kita lakukan dalam mengatur ataupun mengelola keuangan kita selama bulan ramadhan ini sehingga kita bisa lebih menghemat dan memanfaatkan waktu semaksimal mungkin untuk menjalankan ibadah-ibadah dibulan suci ramadhan ini.

Ada banyak cara agar Ramadhan berjalan mulus tanpa mengganggu keuangan, tapi semuanya membutuhkan perencanaan dan pengaturan ulang anggaran.

Berikut ini tips dan trik berbelanja selama Ramadhan:

Tentukan Prioritas. Jika di bulan-bulan sebelumnya kita banyak berbelanja hal-hal yang sebenarnya belum terlalu kita butuhkan, maka dibulan Ramadhan ini kita perlu sedikit merubah kebiasaan itu menjadi berbelanja apa yang memang kita butuhkan. Maksud disini yaitu ketika kita ingin berbelanja kita harus bisa membedakan mana yang memang menjadi suatu kebutuhan bagi kita sehingga kita harus membelinya saat itu, dengan mana yang hanyalah keinginan kita saja. Jika kita sudah bisa membedakan mana yang menjadi “kebutuhan” dan mana yang menjadi “keinginan” maka kita tidak akan bingung untuk menentukan apa yang harus kita belanjakan.

Berhemat. Dalam berbelanja kita juga harus pandai-pandai mengatur dana keuangan yang kita punya sehingga dapat lebih dimaksimalkan penggunaannya bahkan mungkin kita malah dapat membantu orang lain yang kurang mampu dengan memberikan sedekah, ini pun menjadi poin penting juga di bulan Ramadhan ini. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghemat dana keuangan kita namun sebelum melakukannya kita harus mengetahui dulu apa saja yang menjadi bagian-bagian yang menyebabkan aktivitas berbelanja kita menjadi boros. Faktor utama yang menjadikan pemborosan dalam aktivitas kita berbelanja adalah harga produk dan lokasi belanja.

Harga produk sangat mempengaruhi sekali terhadap pemborosan belanja kita, misalnya harga sebuah barang ataupun jasa yang sejenis dapat berbeda-beda harganya di setiap penjual ataupun penyedia jasa. Hal ini dikarenakan pertimbangan-pertimbangan yang hanya diketahui oleh pihak penjual ataupun penyedia jasa tersebut. Nah disinilah kita harus pintar-pintar memilih penjual ataupun penyedia jasa yang memberikan harga murah tentunya dengan kualitas terbaik terhadap produk yang sama sehingga kita mendapatkan manfaat dari harga tersebut. Selain harga produk yang menyebabkan pemborosan dalam aktivitas kita berbelanja yaitu lokasi tempat kita berbelanja. Contohnya: jika kita mau perhatikan ketika kita berbelanja di pusat perbelanjaan seperti mall, maka kita akan menemukan harga yang bervariasi terhadap produk yang sejenis dengan kualitas yang sama dibeberapa pusat perbelanjaan seperti mall tersebut.

Hal ini dikarenakan pertimbangan pengelola pusat perbelanjaan ataupun mall tersebut terhadap lokasi strategis dan masyarakat di sekitar pusat pembelanjaan ataupun mall tersebut. Harga yang ditawarkan oleh mall-mall elit dikawasan ibukota pastinya relatif lebih tinggi jika dibandingkan dengan harga yang ditawarkan oleh mall-mall yang berada dikawasan luar ibukota atau lebih spesifiknya harga produk yang ditawarkan oleh mall yang berada dikawasan pemukiman pastinya akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan harga yang ditawarkan oleh mall-mall yang berada di luar kawasan elit tersebut padahal produk, merk dan kualitas yang ditawakan sama persis. Oleh karena itu maka kita harus juga pandai memilih lokasi yang memang terjangkau dan tidak membutuhkan biaya yang tinggi untuk ke lokasi pusat pembelajaan tersebut.

Dari hal-hal yang saya jelaskan di atas tentang faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya pemboroson dalam aktivitas belanja kita maka saya mencoba memberikan saran untuk anda pertimbangkan, semoga ini dapat menjadi referensi anda sehingga dapat membantu anda yang ingin mengatur keuangan anda sehingga lebih maksimal dan dapat dimanfaatkan selam bulan Ramadhan ini.

Hal yang dapat anda lakukan adalah merubah kebiasaan Anda dari berbelanja secara konvensional menjadi berbelanja secara instan dan mudah tanpa menghabiskan banyak waktu terbuang. Berbelanja konvensional yang maksudkan disini adalah Anda berbelanja dengan datang ke pusat perbelanjaan kemudian menghabiskan waktu untuk memilih dan mengantri berjam-jam ketika ingin membayar barang-barang yang sudah Anda beli.

Wah bisa Anda bayangkan berapa lama waktu yang terbuang percuma ketika Anda ingin belanja 1 produk saja ?. Dari mulai persiapan untuk berangkat ke lokasi, kemudian berkeliling mencari produk yang ingin Anda beli, lalu mengantri berjam-jam untuk membayar ketika produk yang Anda cari sudah Anda dapatkan. Hal ini pastinya akan menjadi sebuah kendala apalagi di saat berpuasa energi kita tidak terlalu maksimal.

Jika Anda mau menghitung dengan nilai rupiah maka banyaklah kerugian yang kita dapatkan dari aktivitas belanja konvensional tersebut. Nah disinilah pentingnya kita merubah kebiasaan lama itu menjadi belanja instan yang mudah dan “gak pake ribet” tanpa perlu antri. Di zaman era digital ini banyak sekali manfaat yang dapat kita ambil khusunya untuk soal berbelanja.

Banyak perusahaan-perusahaan besar yang mencoba pelayanan transaksi yang dilakukan secara online salah satunya adalah Lazada.co.id . Lazada adalah sebuah perusahaan yang menyediakan penjualan produknya secara online dangan harga yang murah, terjangkau dan kualitas terbaik dengan brand/merk ternama. Ada banyak manfaat yang kita dapatkan dengan belanja di Lazada.co.id yaitu harga yang murah, kualitas terbaik, detail review produk serta akses yang mudah terjangkau oleh kita dimanapun kita berada dengan hanya sebatas handphone dan akses internet.

Bayangkan dengan berbelanja di Lazada kita sudah banyak berhemat dari waktu dan biaya. Di Lazada kita dapat melihat berbagai macam kategori produk secara detail dari mulai fashion, elektronik, alat raga, sampai alat rumah tangga dan kecantikan. Jadi dari hal ini saja kita sudah menghemat waktu yang kita gunakan untuk berkeliling mencari produk jika kta melakukan aktivitas belanja dengan cara lama.

Di Lazada kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk transportasi kita menuju pusat belanja, karena Lazada dapat diakses kapanpun dan dimanapun tanpa batas dengan internet. Di Lazada kita tidak perlu susah payah untuk mengantri berjam-jam sehingga menghabiskan waktu kita sia-sia yang sebenarnya mungkin waktu tersebut dapat kita maksimalkan untuk hal lain yang bermanfaat misalnya menambah aktivitas beribadah kita selama bulan Ramadhan ini., karena di Lazada dengan cukup didalam kamar saja kita sudah bisa berbelanja tanpa harus ribet.

Intinya hal-hal ataupun aktivitas yang sebenarnya bisa kurangi selama Ramadhan ini sehingga bisa menghasilkan manfaat lainnya maka perlu kita lakukan. Apalagi era zaman digital ini semua kecanggihan teknologi dapat membantu kita mencapai itu…… Jadi kesimpulannya ” Kalo bisa mudah, kenapa harus ribet”. Sekarang, udah ga jaman belanja pake rebutan! Belanja ga ribet di Lazada.co.id, Asikkan ???

stamp-Blog-Finalist-02

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage