Tips Cerdik Berolahraga Disela Kegiatan Sehari-hari

Lebih baik mencegah daripada mengobati, pepatah tersebut adalah benar adanya, salah satu cara mencegah penyakit adalah dengan berolahraga. Olahraga yang rutin dan teratur akan berakibat baik pada kesehatan diri kita, namun terkadang dengan aktifitas kita yang padat waktu untuk berolahraga sangatlah sedikit, bahkan kita sering melewati hari-hari tanpa melakukan olahraga sedikitpun bukan?

Tetapi dengan memanfaatkan keadaan aktifitas kesibukan sehari-hari, kita bisa lho melakukan olahraga "kecil-kecilan" yang dapat meregangkan otot-otot kaku dan sekaligus tetap menjaga keseimbangan kesehatan dengan sedikit berolahraga, misalnya dengan menggunakan alat olahraga sederhana seperti tali skipping, Grip trainer, barbel kecil dan banyak lagi . Berikut ini kita akan mengulas beberapa tips cerdik untuk "colongan" melakukan olahraga.

alat olahraga rumah lazada indonesia

1. Olahraga Sebelum Memulai Aktifitas

Olahraga paling baik dilakukan pada pagi hari, bila Anda memiliki niat untuk bangun lebih pagi dari sebelumnya, Anda dapat melakukan lari pagi disekitar komplek, atau berlari-lari kecil di teras rumah. Jika sulit untuk bangun pagi, bersihkanlah kamar atau beres-beres rumah di pagi hari, hal ini juga dapat sedikit membuat Anda berkeringat dan membuat tangan dan kaki kita aktif bergerak.

2. Turun Sebelum Sampai Tujuan

Bila aktifitas sehari-hari Anda adalah pergi ke sekolah, kampus maupun kantor, Anda bisa turun setidaknya satu blok sebelum sampai tempat Anda, tujuannya adalah agar Anda berjalan kaki selama beberapa menit atau setengah jam sebelum sampai dikantor. Begitu juga dapat Anda lakukan saat pulang menuju rumah.

3. Gunakan Tangga

Jika kantor atau tempat aktifitas Anda ada pada beberapa lantai diatas, gunakanlah tangga dibandingkan dengan lift, tangga dapat menjadi salah satu alat olahraga yang efektif, karena kaki Anda bergerak naik turun seperti memakai alat olahraga pada gym.

4. Manfaatkan Peralatan Dirumah

Salah satu perabotan dirumah yang dapat Anda gunakan sebagai alat olahraga adalah kursi. Posisikan badan membelakangi kursi, letakkan kedua tangan pada tepi kursi dan bengkokkan kaki, seperti posisi duduk. Tekuk lengan hingga 90 derajat sehingga bokong ikut turun, Kembali ke posisi awal dan lakukan 10-12 repetisi.  Gerakan ini berfungsi untuk melatih otot triseps pada lengan.

5. Mencari Gerakan Olahraga Sederhana

Anda dapat melakukan olahraga yang ringan pada ruang yang minim dirumah Anda, dengan gerakan-gerakan senam yang sederhana Anda dapat berolahraga secara teratur bahkan dirumah, contohnya seperti sit-up atau push-up. Anda juga dapat memanfaatkan alat olahraga yang praktis seperti grip trainer atau tali skipping.
 
Dengan menjaga kesehatan tubuh dengan olahraga dan makanan yang sehat, Anda dapat mencegah penyakit dan selalu fit setiap hari.


PROMOTION

homepage