Tips Berpuasa selama di Perantauan

Artikel ini di Publish Pada 2015/07/09 Oleh Adil Albanny

 

Tips Berpuasa selama di Perantauan — Momen Ramadhan merupakan momen yang sangat istimewa untuk berkumpul dengan keluarga. Momen seperti pada saat sahur, ngabuburit, berbuka puasa, tarawih dan tilawah bersama merupakan kesempatan yang sangat baik untuk quality time. Sehingga pada Bulan Ramadhan ini, kita hanya ingin berada di rumah dan bercengkerama bersama Keluarga.

 

Namun, bagaimana jika Anda sedang merantau dan tidak bisa segera pulang ke kampung halaman? Tentunya ada perasaan berat yang menghantui Anda karena didesak kerinduan pada kenangan Ramadhan bersama keluarga. Nah, bagi Anda yang menjalani ibadah Ramadhan di perantauan, semoga tips berikut ini dapat meringankan beban Anda.

 

  1. Manfaatkan ponsel dan internet

Tentu saja. Dengan ponsel Anda bisa menghubungi keluarga kapanpun baik melalui telpon atau sms. Hal ini akan mengobati kerinduan Anda pada orang rumah. Bahkan jika Anda dan keluarga memiliki akses ke internet, Anda bisa melakukan video call sehingga seolah – olah bertatap muka dengan orang yang Anda rindukan.

 

  1. Kawan Senasib

Percayalah bahwa Anda tidak sepenuhnya sendirian. Pasti ada teman, baik di tempat kerja, atau di komunitas, atau dimanapun Anda beraktivitas, yang juga bernasib seperti Anda. Dengan berkumpul bersama mereka, maka akan terbentuk semacam ikatan persaudaraan karena kesamaan nasib dan ini akan memberi sugesti positif pada diri Anda bahwa Anda tidak sendirian. Carilah kawan yang membuat Anda merasa nyaman sehingga momen Ramadhan ini tetap menyenangkan walaupun terpisah dengan keluarga.

 

  1. Menyibukkan diri dengan Hal Positif

Menyibukkan diri dengan hal yang positif memberikan segudang manfaat. Selain memperoleh pahala karena memanfaatkan waktu dengan baik, kesibukan setidaknya akan mengurangi pikiran Anda terhadap Keluarga. Misalnya Anda dan Komunitas atau tempat kerja Anda mengadakan Bakti Sosial di Panti Asuhan. Kegiatan seperti ini memberikan banyak dampak positif bagi Anda yang berada di Perantauan seperti memperoleh kebersamaan dan mengembangkan empati Anda pada orang lain. Perbanyaklah beribadah sehingga Ramadhan Anda diberkahi Allah.

 

  1. Makan yang dibutuhkan

Jika simpanan uang Anda mulai menipis, maka Anda harus bijak dalam menentukan budget untuk memenuhi kebutuhan perut Anda. Pada saat berbuka, keinginan untuk membeli banyak makanan hampir tak tertahankan. Jika Anda ingin berhemat maka makanlah dengan makanan bergizi yang dibutuhkan tubuh Anda, bukan yang diinginkan mata Anda. Memasak bersama kawan bahkan akan membuat Anda lebih berhemat lagi. Sehingga persahabatan Anda semakin erat, kesehatan Anda terjamin, dan isi dompet Anda terselamatkan.

 

  1. Bertawakkal Pada Allah

Kerinduan untuk pulang ke rumah terkadang amat menyesakkan dada. Pasrahkan semuanya pada Allah dan yakinkan diri sendiri bahwa apa yang Anda lakukan selama di Perantauan adalah benar dan penuh tanggung jawab sehingga Anda tidak menyesal untuk tidak pulang ke rumah selama Ramadhan. Jagalah kesehatan Anda dan mohon keselamatan dan perlindungan kepada Allah sehingga Anda memiliki kesempatan untuk bertemu dengan keluarga pada saatnya Anda pulang.

 

Lazada-blog-finalist125

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage