Tips Berpuasa Penuh Berkah

Posting Ini Di Submit Oleh: Arie Pratama – Juli 2014

“Barangsiapa yang senang dengan datangnya bulan Ramadhan (karena iman dan Allah), maka diharamkan jasadnya masuk ke dalam api neraka”. (HR. Muslim)

Itulah kiranya yang Rasulullah SAW sabdakan tentang datangnya bulan Ramadhan yang spesial di antara bulan yang lainnya. Mengapa bulan Ramadhan ini menjadi spesial diantara bulan yang lainnya? Yang membuat bulan ini menjadi spesial yaitu salah satunya adalah dilipat gandakannya pahala ibadah umat muslim sebanyak 10 hingga 70 kali lipat.

Yang menjadi spesial di bulan Ramadhan lainnya adalah diturunkannya Al-Qur’an pada bulan ini, yang juga disebut dengan Nuzulul Qur’an, sehingga begitu mulianya bulan ini, dan betapa ruginya jika kita semua menyianyiakan bulan yang penuh berkah dan kebaikan ini. Jadi mari kita semua berbondong-bondong untuk memborong pahala sebanyak-banyaknya, jadi jangan cuma semangat borong pakaian lebaran aja nih sob. Hehehe…

Nah bagaimana agar Ramadhan kali ini kita semua mendapatkan berkah dan kemudian mencapai kemenangan pada hari yang fitri nanti? Berikut ini saya akan berbagi tips yang mungkin bisa dilakukan oleh kalian semua yang ingin mecapai keberkahan di bulan Suci Ramadhan. Langsung aja nih tipsnya:

Sholat Tarawih Berjama’ah

Kalau hal yang satu ini pasti sudah bisa kita lepaskan dengan bulan suci Ramadhan karena keduanya sangat identik, ya sholat tarawih! Siapa sih yang ga semangat untuk melakukan sholat sunnah yang satu ini, dari mulai anak-anak kecil, remaja muda, hingga bapak dan ibunya pasti bersemangat jika ingin melaksanakan sholat tarawih.

Bagaikan sebuah ‘mood booster’ menjadikan Ramadhan menjadi berkesan, karena muslim dari seluruh penjuru dunia akan berbondong-bondong berngkat menuju Masjid terdekat untuk melaksanakan sholat sunnah tarawih. Itulah salah satu berkahnya Ramadhan.

Tadarusan (Membaca Al-Qur’an dengan Khusyuk)

Cerita sedikit tentang keseruan bulan Ramadhan, kalau Ramadhan datang dulu tuh waktu masih sekolah seringkan dapat buku panduan Ramadhan yang juga berisi amalan-amalan ibadah bulan Ramadhan yang harus kita catat untuk dilaporkan kepada Guru Agama kita, saya juga merasakan itu dan ternyata efeknya sangat berpengaruh loh dibanding kita yang tidak mempunyai motivasi agar amalan kita dapat terisi dengan indah dan penuh makna dan cerita dibandingkan cuma kosong aja.

“Bacalah Al-Qur’an, karena ia akan datang pada hari Kiamat sebagai pemberi syafa ‘at bagi pembacanya. ” (HR. Muslim).

Nah tadarusan juga salah satu hal positif yang bisa kalian lakukan di bulan puasa ini, biasanya sih kalau saya membaca Qur’an setelah sholat tarawih baik itu di Masjid atau di rumah. Tadarusan menjadi suatu kebiasaan juga di bulan ramadhan mengingat pahalanya akan berlipat ganda dibandingkan dengan membca di bulan lainnya.

Sholat di Sepertiga Malam (Tahajud)

Amalan yang satu ini mungkin cukup berat namun balasannya pun sungguh luar biasa, karena Allah merupakan pengadil yang Maha Adil. Jadi hal kebaikan yang sulit dilakukan pasti akan diganjar dengan pahal yang terbaik dari-Nya.

“Barang siapa yang shalat malam pada malam Lailatul Qadar karena iman dan ihtisab (mendekatkan diri kepada Allah) , maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu.” (HR. Bukhari)

Rasulullah SAW sangat menganjurkan umatnya untuk melakukan sholat malam ini, karena banyak keberkahan yang ada didalamnya, terutama bagi kalian yang mempunyai keinginan positif untuk mencapai keberkahan Allah Swt.

Sahur Bersama Keluarga

Salah satu moment keberkahan saat puasa adalah sahur bersama keluarga, dan ini merupakan salah satu moment yang membuat kita semua kangen dengan bulan spesial yang satu ini. Saya juga merasakan moment yang sangat spesial jika bisa sahur bareng bersama keluarga, rasanya lebih indah dibandingkan apapun itu.

“Bersahurlah kalian, karena pada santap sahur itu ada keberkahan.” (HR. Bukhari)

Rasulullah juga menganjurkan kita untuk sahur saat waktu sudah mendekati imsak, karena Para sahabat Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam adalah manusia yang paling bersegera dalam berbuka puasa, dan paling akhir dalam sahurnya

Sholat Subuh Berjama’ah

Nah biasakanlah untuk sholat shubuh berjama’ah setelah sahur sob, karena kalau abis sahur langsung tidur itu juga kurang baik loh untuk tubuh kita, karena tubuh kita butuh waktu untuk memproses makanan sahur yang kita hidangkan, sedangkan tidur itu kan mengistirahatkan tubuh kita jadi lebih baik kita beraktifitas, bisa langsung ke Masjid sholat shubuh.

Kenapa mesti berjama’ah? Karena pahalanya lebih banyak itu sudah jelas, disamping itu juga kita lebih mendapatkan banyak ilmu dari kultum di Masjid, itu hal positif lainnya, tentu masih banyak hal positif lainnya yang bisa kita dapatkan dari sholat shubuh berjamaah.

Berpuasa BUKAN alasan untuk Bermalas-malasan

Bulan puasa yang penuh berkah dimana setan-setan di belenggu, merupakan waktu yang tepat untuk kita semua menimbah pahala dari hal positif sekecil apapun itu, mulai dari sedekah, membantu orangtua, olahraga, semua menjadi berkah jika dilakukan dengan pikiran yang positif dan mengharapkan ridho Allah Swt.

Ternyata bukan alasan bagi kita di bulan ramadhan untuk bermalas-malasan, tidur-tiduran, nyantai, dan lain sebagainya, tapi ada yang bilang kalau tidur di bulan puasa itu juga ibadah, tapi alangkah lebih baik ya kita melakukan kegiatan yang lebih positif dan menguntungkan bagi kita, misalnya olahraga, untuk ibu-ibu bisa ke pasar untuk mempersiapkan buka nanti, untuk para ayah seperti biasa pergi ke kantor untuk mencari nafkah keluarga.

Semua itu pasti mendapatkan imbalan yang setimpal, selagi positif lakukan saja pasti timbal baliknya pun akan positif, begitu juga sebaliknya. Jadi mari kita berlomba-lomba untuk melakukan kebaikan di bulan Ramadhan kali ini, jangan sia-siakan kesempatan karena belum tentu ditahun depan kita masih diberikan kesempatan untuk dipertemukan dengan bulan Ramadhan penuh berkah ini. Sekian tips Ramadhan Berkah dari Saya semoga bisa bermanfaat. Aamiin… 🙂

stamp-Blog-Finalist-02


PROMOTION

homepage