Tips Belanja Online Ala Ranii

Artikel ini disubmit oleh: Rani Novariany Pada 21 Nopember 2014

Tips Belanja Online Ala Ranii — Tahun lalu, aku berkeinginan memiliki kamera saku. Dari hasil googling, ada satu kamera yang jadi incaranku, tapi sayangnya kamera itu udah gak beredar di pasaran. Akhirnya aku meminta saran dari teman-temanku perihal kamera mana yang bisa aku pilih. Akhirnya, aku memantapkan diri untuk membeli kamera berwarna biru dari Nikon. Gak mau ribet nyari kemana-mana lagi, akhirnya aku beli online.

Kebetulan barang yang aku mau itu dijual di salah satu toko online ternama yang menggratiskan ongkos kirim ke beberapa daerah di Indonesia. Setelah konfirmasi pembayaran yang sudah aku lakukan, tidak lama barang itupun sampai di rumah dengan packing yang menjanjikan. Alhamdulillah, kamera sampai dengan selamat dan tidak ada sesuatu yang kurang.

beli online di lazada

Sebelum kamera sampai, Ibu sempat tanya aku udah beli kameranya atau belum. Dan waktu aku bilang aku beli secara online, Ibu sempat terlihat cemas. Aku mafhum, Ibu sering melihat berita banyaknya penipuan via online. Tapi, akhirnya aku bisa menjelaskan ke Ibu, kalau aku beli di penjual yang memang terpercaya. Sebetulnya, aku juga pernah sekali tertipu waktu belanja online, makanya sampai sekarang pun aku selalu berhati-hati kalau mau membeli barang secara online.

Pertama, aku selalu memilih toko online ternama yang pasti sudah tidak diragukan lagi proffesionalitasnya. Kedua, kalaupun barang yang aku cari tidak ada di toko tersebut, aku memilih membeli barang di pasar digital yang bisa memberikan jaminan agar pembelinya tidak terkena penipuan. Saat ini sudah banyak pasar digital yang menyediakan rekening bersama, dan aku rasa itu lebih melegakan hati ketimbang langsung transfer uang ke penjualnya. Ketiga, aku minta toko online rekomendasi dari teman.

Semenjak saat itu, aku makin senang belanja online. Apapun yang mau aku beli, pasti aku cek dulu di toko-toko online yang ada. Seperti beberapa bulan setelahnya, aku berpikir ingin membeli tas untuk kameraku. Aku mencari tas dengan warna yang serupa dan setelah membandingkan harga di beberapa toko online, aku memutuskan untuk membeli di tempat aku membeli kamera itu, karena setelah dicek harganya relatif lebih murah. Ya, penting saat kita membeli online untuk mencari harga yang pas, karena kitakan gak bisa nawar ke penjualnya langsung, jadi cari aja yang kasih harga termurah tapi tentunya tetap dengan jaminan toko itu terpercaya yah! Cara ini efektif banget lho buat aku yang memang gak jago nawar kalau belanja offline.

beli di lazada

Dan banyak lagi barang-barang-barang yang aku beli secara online. Karena terbukti, aku bisa dapat harga yang jauh lebih murah. Tapi tentu tidak semua barang yang aku butuhkan aku beli via online. Untuk barang yang aku butuhkan cepat, aku pasti memilih membeli langsung di pasar, bayar dan langsung bawa pulang. Pun dengan kebutuhan sandang, aku lebih cocok belanja secara offline, karena bisa mencobanya secara langsung. Maklum, aku tidak terdaftar sebagai pengguna pakaian all size, jadi aku harus memastikan bajunya tidak akan kekecilan, hehe. Memang sih, beberapa toko online menyediakan layanan penukaran, tapi kan repot kalau harus packing dan kirim balik. Jadi, ada baiknya selalu teliti dalam membeli yah teman-teman.

Tapi, meskipun belanja online itu mudah, aku tetap harus dengan teliti menghitung uang yang aku belanjakan. Jangan sampai, uang di bank habis tak terasa karena keasikan aku pakai belanja seperti yang dulu-dulu. Belajar dari pengalaman, saat ini aku berusaha untuk bisa menahan diri dari yang namanya belanja. Aku selalu mematok nilai terendah yang harus tersisa di saldo tabungan, kalau nilainya mendekati aku stop apapun yang mau aku beli. Apalagi kalau barangnya itu bisa aku beli lain waktu. Gimana pun penting buat kita bisa mengatur keuangan sendiri, terlebih untuk perempuan. Kan perempuan calon mentri keuangan dalam keluarganya nanti, yaa kan?

Sekian beberapa tips berbelanja online ala Ranii, semoga bermanfaat yah!

beli online
Tongkat narsis ikutan eksis 😀

stamp-Blog-Finalist-02

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage