Tips Belanja Gadget Online

Artikel ini disubmit oleh: Herwidodo Pada 27 Nopember 2014

Tips Belanja Gadget Online — Belanja online memang sangat banyak membantu. Selain kita bisa menghemat waktu, biaya transportasi, harga yang ditawarkan sangat bersaing jika dibandingkan dengan datang langsung ke tokonya. Namun, kita tetap harus berhati-hati saat akan melakukan transaksi pembelanjaan di online. Yah, namanya juga dunia maya.

Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan pembelanjaan online:

1.       Kenali produk

Kamu bukan hanya perlu hati-hati saat hendak melakukan proses transaksi. Kamu juga perlu melakukan pengenalan produk dengan baik sehingga tidak ada penyesalan saat menerima produk. Kamu dapat melihat tampilan produk dari gambar yang disediakan dan pastikan membaca semua keterangan tambahan yang disebutkan oleh penjual produk tersebut. Faktor warna dan ukuran juga perlu mendapatkan perhatian khusus karena sering kali penjual menampilkan warna yang berbeda dengan warna produk aslinya (akibat dari kualitas kamera atau pencahayaan). Sementara itu, ukuran juga biasanya seringkali berbeda-beda untuk setiap merk produk. Kamu dapat menanyakan langsung kepada penjual apakah warna produk di gambar sama seperti produk aslinya dan apakah ukurannya standard ataukah lebih kecil dengan merek produk yang kamu kenali/ mudah ditemukan di pasar.

2.       Akun atau website yang terpercaya

Sebelum melakukan pembelian secara online, kamu sebaiknya memastikan keamanan akun atau website tersebut. Kamu dapat menanyakan ke orang-orang di sekitarmu bilamana mereka pernah mengetahui akun atau website tersebut. Jika tidak, coba lakukan pencariaan di google dan lihat apakah website itu pernah disebutkan di dalam berita ataupun review blog dari pembeli sebelumnya.

3.       Baca review

Kamu juga dapat mengetahui kualitas produk atau layanan yang diberikan oleh sebuah toko online dengan melihat review yang disebutkan oleh pembeli lain. Review ini bisa saja anda temukan di akun sosial media pembeli tersebut, blog, ataupun di website atau akun penjual itu sendiri.

4.       Curigai harga yang terlalu miring

Walaupun harga murah memang menjadi tujuan utama anda berbelanja online, namun anda tetap patut curiga terhadap produk yang dilabeli dengan harga yang terlalu murah dibandingkan dengan harga produk yang sama di pasar. Kamu patut curiga jika harga yang diberikan terlalu murah.

5.       Berbelanja di website penyedia rekening bersama.

Saat ini sudah ada banyak website atau marketplace online di Indonesia yang bermain dengan transaksi lewat rekening bersama. Dengan kata lain, website atau marketplace itu berperan sebagai mediator antara penjual dan pembeli. Jika pembeli hendak membeli produk, maka pembeli tersebut akan melakukan transaksi lewat system transaksi yang disediakan oleh websia atau situs marketplace tersebut. Setelah itu, pelaksana system website atau situs marketplace itu akan menghubungi penjual yang anda tuju untuk memproses pengiriman produk. Setelah anda menerima produk anda dengan kesepakatan yang tertulis di informasi produk, maka uang yang anda bayarkan akan diteruskan kepada penjual. Namun jika ada berbagai masalah yang muncul seperti produk yang tidak kunjung diterima, produk rusak, dan sebagainya. Maka, uang tidak akan diteruskan kepada penjual. Dalam tahapan lebih lanjut, kamu dapat meminta refund atau pengembalian kembali uang jika penjual tidak dapat menyanggupi pengadaan produk tersebut.

6.       Baca syarat dan ketentuan berbelanja.

Biasanya setiap toko online dan website markerplace menyediakan berbagai kebijakan atau syarat dan ketentuan untuk melakukan pembelian di toko online mereka. Kebijakan ini biasanya tentang ketentuan transaksi, pengiriman produk, pengembalian produk, refund, dan sebagainya. Ketentuan dan syarat ini seringkali dianggap sepele oleh para pembeli, padahal ini penting untuk menghindari berbagai masalah yang mungkin munculafter purchasing.

7.       Simpan bukti transaksi

Setelah melakukan transaksi, sebaiknya anda menyimpan bukti transfer dan juga bukti pemesanan dan konfirmasi pemesanan produknya. Hal ini semacam perjanjian jikalau nanti terjadi kejadian yang tidak sesuai dengan kesepakatan awal pembelian.

stamp-Blog-Finalist-02

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage