Tips Aman Belanja Online dari Gangguan Penipu

Tips Aman Belanja Online dari Gangguan Penipu — Dengan terus bertumbuhnya pengguna internet di Indonesia , semakin berkembang pula bisnis e-commerce dengan berbagai jenis barang yang menggoda jari untuk menekan tombol “add to cart” di sela-sela waktu luang Anda. Belanja Online melalui internet menjadi trend yang terus bertumbuh populasi penggunanya, tidak ada antrian panjang , bebas memilih barang tanpa diganggu pramuniaga hingga barang yang diantar ke rumah menjadi kelebihan yang dicari oleh pelaku belanja online

Namun apakah semua transaksi di internet sudah pasti aman dari gangguan penipu ? ternyata jawabannya belum tentu…

Masih banyak diantara kita atau bahkan kita sendiri yang mungkin pernah terkena jeratan mafia penipu di bisnis online , mulai dari ditipu mentah-mentah dengan kerugian sejumlah uang yang raib begitu saja karena Anda tergoda untuk melakukan transfer ke oknum penipu tersebut hingga jenis penipuan seperti barang yang tidak sesuai dengan yang dijanjikan saat pengiriman.

Beberapa tips berikut dapat digunakan agar Anda tidak menjadi korban penipuan di Internet

1. Cek secara detail

Lakukan pengecekan secara teliti toko online dimana Anda akan melakukan pembelian barang , apakah website tersebut diupdate secara berkala , memiliki fitur chatting dengan customer service secara langsung maupun comment-comment orang di website tersebut dapat mencerminkan apakah toko online tersebut penipu atau tidak.

2.Kunjungi akun sosial media

Cara paling efektif untuk mengetahui kredibilitas sebuah toko online pastinya dengan mengunjungi akun-akun social media mereka seperti facebook , twitter , youtube maupun blog , karena biasanya pelanggan yang dikecewakan atau ditipu akan segera melakukan posting dan comment di akun social media untuk memperingatkan user lain agar tidak menjadi korban penipuan berikutnya.

3. Hati-hati dalam memberikan identitas pribadi

Jangan terlalu bernafsu untuk memberikan berbagai identitas pribadi Anda karena tergoda diskon bombastis atau komunikasi marketing lainnya , data-data pribadi seperti no.KTP , no. rekening bank , no. kartu kredit hingga alamat dan ulang tahun Anda dapat digunakan oleh penipu untuk menguras isi tabungan atau menjebol kartu kredit Anda.

4.Hubungi penjual langsung

Baik Anda sedang melakukan transaksi di market place dimana Anda langsung berhubungan dengan penjual ataupun bertransaksi dengan Online retail , satu hal yang dapat Anda lakukan adalah menghubungi mereka secara langsung untuk dapat berkomunikasi dan mendapatkan perincian transaksi Anda dan berbagai metodenya secara detail , untuk online retail terpercaya seperti Lazada misalnya memiliki nomor customer service yang dapat Anda hubungi untuk  bertanya-tanya.

5.Selalu bersihkan cache

Membersihkan cache akan menolong Anda untuk menghapus data-data pribadi yang Anda kirim ke toko online tanpa jejak, hal ini tentunya dapat membatasi ruang gerak penipu untuk beraksi.

Demikian tips aman Belanja Online di LAZADA

About the Author

Fariz Ilman Sr. Content Marketing di Lazada Group

PROMOTION

homepage