Tips Aktif & Sehat Puasa untuk Ibu Hamil

Artikel ini di Submit Pada 2015/06/29 Oleh Susi Sukaesih

Tips Aktif & Sehat Puasa untuk Ibu Hamil — Bulan ramadhan di tahun 2015 telah tiba. Bulan terbaik dari bulan-bulan yang lain, bulan kasih sayang yang diberikan Allah pada hamba-Nya, bulan dimana segala kebaikan dan ibadah menjadi berlipat nilainya. Karena itu pula, salah satu tekad saya sebelum bulan ramadhan ini adalah untuk bisa menjalankan ibadah puasa secara full meskipun saat ini kandungan saya memasuki bulan ke-8.

Saya bersyukur dan beruntung sekali dimasa kehamilan ini tidak mengalami masalah yang biasa di alami oleh ibu hamil, sehingga di awal saya bertekad untuk berpuasa. Sepertinya, anak yang ku kandung ini mengerti kalo ibunya banyak yang harus di urusin hehe. Saya masih tetep bisa mengurus di SMK ITACO dan mengkordinir Siswa Wirausaha serta kegiatan-kegiatan lainnya seperti menjadi bagian dari panitia Pesta Wirausaha TDA bagian Marcomm, mengantar siswa PKL di salah satu Bank Pemerintah di Gatot Subroto, datang ke seminar terutama yang berhubungan dengan wirausaha dan pendidikan, menghadiri undangan, mengurus siswa Ujian Nasional, menggalang donasi untuk siswa yang akan operasi dan menyampaikannya langsung, volunteer di Akber Bekasi, sharing tentang kemana setelah lulus SLTA ke adik kelas di almamater, membimbing siswa mengunjungi expo wirausaha, mengantar siswa hari pertama ke tempat kerja, membantu siswa mencari tempat kerja setelah UN dan yang paling menyita tenaga dan pikiran adalah ketika bersama-sama siswa mengadakan seminar wirausaha yang bisa mendatangkan 5 CEO sebagai pembicara dan 250 peserta. Alhamdulillah ..Nah, bulan ramadhan ini saya lebih banyak di sibukkan oleh kegiatan mensurvey kondisi calon siswa baru sekaligus mencari siswa baru yang kira-kira membutuhkan bantuan orang tua asuh untuk tetap bersekolah. Semoga kami bisa membantu mereka untuk bisa tetap bersekolah, sehingga bisa memutus rantai kemiskinan di keluarganya.. aamiin…

Namun memang ada beberapa hal yang harus di perhatikan untuk ibu hamil yang berpuasa (tidak berlaku ya untuk ibu hamil dengan resiko tinggi) :

  1. Pastikan dulu kondisi kita ke bidan/obygn karena mereka tau bagaimana kondisi kita selama ini secara medis. Ketika saya tanya ke bidan/dokter kandungan, mereka mengatakan saya boleh berpuasa karena riwayat saya setiap kontrol bulanan jarang ada keluhan yang berarti. Tekanan darah bagus, BB normal, gula normal dan gerakan janin aktif. Tidak dianjurkan jika ibu kondisinya darurat dan beresiko tinggi sehingga membahayakan ibu dan janin.
  2. Memperbanyak minum air putih minimal 2 liter yang bisa dibagi ketika berbuka, sebelum tidur dan pada saat sahur. Disarankan juga minum susu hamil dan juga obat dari dokter karena mengandung asam folat, kalsium dan vitamin yang tinggi.
  3. Asupan makanan harus mengandung 4 sehat 5 sempurna. Perbanyak makanan yang tinggi serat seperti buah dan sayuran dan hindari makanan yang banyak mengandung zat pengawet, pewarna dan makanan yang kurang zat gizinya.
  4. Olah raga minimal jalan kaki dan yoga untuk ibu hamil.
  5. Pererbanyak doa, amal ibadah, berbuat baik, ngaji, dzikir, salawat dan sholat sunah (dhuha dll)
  6. Hati riang dan memberikan reward kepada diri sendiri ketika berhasil menyelesaikan sebuah pekerjaan atau mendapatkan prestasi. Salah satunya dengan belanja online. Yang paling saya suka adalah belanja online di Lazada.co.id karena banyak promo, pelayanan cepat dan banyak pilihan 🙂

 

Benar-benar ceria ramadhan ini, moment ramadhan pertama sama suami, moment mengandung anugerah terindah yang pertama dari Allah dan yang terpenting masih di berikan kesehatan…

So, selamat menjalankan ibadah puasa ya teman-teman, semoga amal ibadah kita mendapat berkah dan ridha dari Allah SWT. Aaamiin…

 

Nah, itu yang bisa saya sharing, apa cerita bunda? share juga yuk…

 

Lazada-blog-finalist125

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage