Tips Agar Tidak Telat Makan Sahur

Artikel ini di submit pada 2015/07/11 Oleh Sri Wijayanti

 

Tips Agar Tidak Telat Makan Sahur — Assalamu’alaikum Wr. Wb. Halo sahabat, bagaimana puasanya? Lancar? Ada nggak nih yang puasanya bolong karena telat makan sahur? Wah sayang banget tuh, padahal di dalam sahur itu terdapat berkah lho, sebagaimana disebutkan dalam hadits yang artinya,

 

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu ia berkata: Nabi Shallallahu ‘alaihi Wasallam bersabda: “Bersahurlah karena dalam sahur itu mengandung berkah.” (HR. Bukhari No 1789)

 

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh keberkahan. Di bulan ini, semua muslim di seluruh dunia berlomba-lomba mencari keberkahan dalam puasanya. Masa iya sih kita malah nggak puasa hanya karena telat makan sahur?

Nah, kali ini saya mau berbagi tips bagaimana caranya agar kita tidak telat lagi makan sahur, terutama untuk anak kos yang tinggal sendiri di tanah rantau dan jauh dari keluarga (curhat). Berikut tipsnya:

 

  1. Pahami Manfaat dan Keutamaan Sahur

Sahur hukumnya sunnah, demikian menurut ijma’ ulama sebagaimana dinyatakan oleh Al Hafidz Ibnu Hajar dalam kitabnya Fathul Bari IV/139. Adapun diantara hikmah disyariatkannya sahur adalah sebagai pembeda antara cara puasa kaum muslimin dengan cara puasa ahli kitab.

Dari Amru bin Ash Radhiyallahu ‘anhu ia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam bersabda: “Sesungguhnya yang membedakan antara puasa kita dan puasanya orang-orang ahli kitab adalah makan sahur.” (HR. Nasa’i No 2166, dishahihkan oleh Albani)

Kemudian, selain terdapat berkah dalam sahur seperti yang udah saya tulis tadi di awal, ternyata Allah SWT. dan para malaikat bershalawat kepada orang-orang yang melakukan sahur lho..

Dari Abu Said At-Khudri ia berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam bersabda: “Makan sahur itu barokah, maka janganlah engkau meninggalkannya meskipun salah seorang diantara kalian hanya bisa meneguk seteguk air, karena sesungguhnya Allah Azza Wa Jalla dan para malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang melakukan sahur.” (HR. Ahmad No 10664, sanadnya hasan)

Orang yang melaksanakan makan sahur tentu secara fisik akan lebih kuat menahan lapar daripada orang yang tidak sahur. Dan orang yang sahur khususnya diakhir waktu akan lebih dapat menjaga sholat shubuh secara berjamaah daripada orang yang tidak sahur.

Dari Abi Said al-Khudri RA ia berkata,  “Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa: “Sahur itu barakah maka jangan tinggalkan meski hanya dengan seteguk air. Dan termasuk sunnah ketika sahur adalah untuk mengakhirkannya””

Setelah mengetahui beberapa manfaat dan keutamaan sahur, semoga niat kita langsung bulat ya agar tidak telat menjalankan sahur lagi.

 

  1. Pasang Alarm

Menentukan waktu kapan sebaiknya kita bangun juga penting lho, sahabat. Memasang alarm salah satu caranya. Bisa dari jam beker, atau handphone. Kalo bingung mau memilih jam beker seperti apa, kunjungi aja Koleksi Jam Beker Lazada yang menyediakan berbagai macam jam beker dengan beragam bentuk dan harga yang terjangkau pastinya :).

Kalo sahabat punya HP lebih dari satu, saya juga menyarankan untuk memasang alarm di setiap HP. Seperti yang kita ketahui, mungkin kebanyakan dari kita kalo mendengar alarm nyala bukannya langsung bangun, tapi malah mematikan alarmnya. Nah, semakin banyak alarm yang kita pasang, semakin pegel juga tangan kita nantinya untuk mematikan alarm tersebut. Akhirnya kita bisa bangun tepat waktu deh.. 🙂

 

  1. Tidur Lebih Awal

Nah, ini khususnya untuk para mahasiswa tingkat akhir yang merasa sibuk meyelesaikan tugas akhirnya, sebaiknya kalian jangan terlalu sering begadang sampe semalam suntuk juga. Apalagi di bulan Ramadhan ini. Kalian harus memperhatikan porsi tidur kalian. Tidur lebih awal ternyata mampu membuat kita bangun lebih awal juga lho.. Saya sendiri buktinya. Kalo saya tidur jam 9 malam (biasa jam 11 malam), saya bisa bangun jam 2.30 dini hari. Lumayan kan bisa nyiapin makanan sahur dengan tidak terburu-buru. 🙂

 

  1. Siapkan Segelas Air

Mengapa harus air? Selain bisa diminum setelah kita bangun tidur, air ini juga berfungsi supaya kita cepet bangun lho. Caranya setelah alarm berbunyi, segera kita bangun dan cipratkan sedikit air tersebut ke wajah kita. Segarnya air Insyaallah bisa membunuh rasa malas dan kantuk kita. Alhasil kita lebih semangat beranjak dari tempat tidur. Tapi hati-hati, jangan banyak-banyak mencipratkan airnya. Nanti bisa dikira ngompol kalian :p

 

  1. Minta Dibangunkan Orang Tersayang

Nah, disini siapa yang ngaku punya pacar? Buktiin juga dong kalo pacar kalian bisa ikut meningkatkan ibadah kalian. Kalian bisa minta tolong mereka supaya membangunkan kalian di saat sahur. Orang tersayang nggak harus pacar. Kalo saya sih minta tolong Ibu saya (nasib jomblo :/ ) supaya beliau telefon saya saat sahur. Alhamdulillah, cara ini juga membantu lho. Apalagi Ibu saya nggak akan berhenti telefon kalo saya belum angkat telefonnya dan laporan bahwa putrinya ini udah bangun dan siap sahur.

Nah, itu dia 5 tips dari saya agar kita tidak telat sahur lagi. Semoga bermanfaat. Selamat menjalankan ibadah puasa ya, sahabat.. Semoga amal ibadah kita di bulan Ramadhan ini dapat diterima dengan baik oleh Allah SWT. Aamiin.. 🙂

Salam, Sri Wijayanti

Lazada-blog-finalist125

 

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage