Tips agar kuat berpuasa dan beribadah di bulan Ramadhan

Artikel ini di Submit Pada 2015/07/05 Oleh Rachmad vitra

 

Tips agar kuat berpuasa dan beribadah di bulan Ramadhan — Ramadhan adalah bulan penuh berkah yang hanya ada satu bulan dalam setahun. Di bulan ini setiap pahala dari ibadah dilipat gandakan.salah satu Ibadah wajib saat Ramadhan adalah puasa. puasa di bulan Ramadhan adalah salah satu Rukun Islam yang wajib di laksanakan bagi tiap muslim yang baligh lagi berakal.selain berpuasa juga ada ibadah khusus lainnya yang hanya ada di bulan Ramadhan, yaitu Tarawih yang di laksanakan setiap malam Ramadhan sehabis shalat Isya. selain Tarawih juga ada ibadah malam lainnya seperti Tadarus,witir, dan sebagainya. nah agar kita kuat menjalankan ibadah di bulan penuh berkah ini secara maksimal maka saya punya beberapa tips, antara lain :

 

1. Makanlah sahur
Ingin puasa anda lancar di bulan Ramadhan? maka makanlah sahur,selain hukumnya Sunnah, dengan makan sahur keadaan fisik lebih kuat dalam menjalankan puasa. keberkahan makan sahur amat jelas yaitu semakin menguatkan dan menambah semangat orang yang berpuasa. di sunnahkan juga makan sahur dekat dengan waktu azan subuh sehingga setelah sahur kita tidak tidur dan langsung shalat subuh. dan janganlah lupa makanlah makanan bergizi ketika sahur agar tubuh tetap bugar dan tidak loyo.

 

Dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu, Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي السَّحُورِ بَرَكَةً
“Makanlah sahur karena sesungguhnya di dalam sahur itu terdapat berkah.” [HR Al Bukhari (1923) dan Muslim (1095)]

 

2. olahraga
Agar badan tetap sehat dan bugar di bulan Ramadhan, lakukanlah olahraga rutin di bisa di lakukan sehabis shalat subuh atau di sore hari. olahraga yang di lakukan cukup olahraga ringan seperti senam, jogging,berjalan dan sebagainya. berolahraga secara rutin 10 – 15 menit setiap hari.ini akan membuat tubuh kita menjadi bugar dan tentunya akan membuat kita semakin semangat dalam menjalankan ibadah di Bulan Ramadhan.

 

3. Tidur yang cukup dan tidak berlebihan
saat bulan Ramadhan tentu saja kita melakukan ibadah di malam hari, seperti Tarawih dan Tadarus, pada saat siang hari kita juga mempunyai banyak aktivitas seperti bekerja dan sebagainya. nah agar ibadah di malam hari dan bekerja saat siang hari lancar maka tidurlah yang cukup. ingatlah! tidur yang cukup dan jangan berlebihan,karena jika kita tidur berlebih maka saat bangun tubuh akan terasa lemas.

 

4. bersegeralah berbuka ketika waktu magrib datang
ketika waktu berbuka datang maka segerakanlah berbuka, jika terlalu lama berbuka akan berdampak buruk bagi tubuh di tambah lagi hukumnya adalah haram jika terlalu lama berbuka. dalam Islam sendiri hukum bersegera berbuka puasa adalah sunnah. orang yang berpuasa akan kekurangan zat gula (glukosa), jika itu terjadi maka bisa mengakibatkan penyempitan dada dan gangguan pada tulang. (sumber : http://radarmadura.co.id/2015/07/kurma-stabilkan-gula-darah/).maka saat berbuka di sunnahkan untuk berbuka dengan makanan yang manis seperti Kurma. kurma kaya akan gula alami seperti glukosa, sukrosa, dan fruktosa yang bisa menstabilkan gula darah. apabila tidak ada kurma ataupun madu maka boleh di ganti dengan air putih saja. setelah berbuka bersegeralah melakukan shalat magrib, barulah kemudian di lanjutkan dengan makan makanan bergizi secukupnya, supaya tenaga kita terisi untuk shalat tarawih dan ibadah malam lainnya. ingatlah ! untuk makan secukupnya dan jangan berlebihan, sebab makan berlebihan justru membuat kita mengantuk serta malas dan tidak kuat untuk menjalankan ibadah. berikut beberapa hadish mengenai anjuran untuk menyegerakan berbuka.

 

Diriwayatkan oleh Ibnu Abdil Barr dari Anas bin Malik, berkata :

مَا رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص قَطُّ صَلَّى صَلاَةَ اْلمَغْرِبِ حَتَّى يُفْطِرَ وَ لَوْ عَلَى شُرْبَةِ مَاءٍ. ابن عبد البر عن انس بن مالك

Tidak pernah aku melihat walau sekali Rasulullah SAW shalat Maghrib lebih dahulu sebelum berbuka, walaupun hanya dengan seteguk air. [HR. Ibnu ‘Abdil Barr dari Anas bin Malik]

Diriwayatkan oleh Abu Dawud, Ahmad dan Tirmidzi dari Anas, sbb :

عَنْ اَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يُفْطِرُ عَلَى رُطَبَاتٍ قَبْلَ اَنْ يُصَلّىَ فَاِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ فَعَلَى تَمَرَاتٍ فَاِنْ لَمْ تَكُنْ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ. ابوداود و احمد و الترمذى

Dari Anas bin Maalik, ia berkata : Adalah Rasulullah SAW berbuka dengan kurma basah sebelum shalat (Maghrib), jika tidak ada kurma basah, maka beliau berbuka dengan kurma kering, dan jika tak ada kurma kering, beliau menyendok beberapa sendok air. [HR. Abu Dawud, Ahmad dan Tirmidzi].

 

5. cukupkanlah kebutuhan air putih
minumlah air putih secukupnya saat sahur dan berbuka. sebab saat puasa kita tidak makan dan minum lebih dari enam jam, hal ini tentu akan membuat tubuh dehidrasi. oleh karena itu untuk menghindari dehidrasi tubuh, maka cukupkanlah kebutuhan air putih anda di saat sahur dan berbuka.

 

6. Mandi
Lah ada apa dengan mandi? mungkin di antara kita ada yang bertanya seperti itu. saat subuh dan sebelum makan sahur usahakan untuk mandi terlebih dahulu. mandi di saat subuh ini ternyata terdapat banyak manfaat. bahkan pada zaman Rasulullah, ia selalu bangun dan mandi sebelum azan subuh tiba dan melakukan ibadah sholat sunnah dan ibadah shalat lainnya.ternyata dengan mandi subuh dapat membangkitkan sistem metabolisme tubuh sehingga mendorong aliran darah menjadi stabil,sehingga anda akan tampak lebih segar dan semakin semangat menjalankan Ibadah di bulan Ramadhan. (sumber : http://www.jurucipir.com/2015/06/manfaat-mandi-subuh-di-bulan-ramadhan.html). selain mandi pada saat subuh anda juga bisa mandi pada saat sore hari sebelum berbuka atau ketika ingin ngabuburit. kenapa dengan mandi sore? setelah anda seharian penuh melakukan aktivitas di bulan Ramadhan tanpa makan dan minum tentu saja membuat anda lemas dan loyo. agar semangat anda dan tenaga anda terisi kembali, maka mandilah ketika menjelang sore hari. mandi sore akan membuat tubuh yang melakukan aktivitas seharian akan kembali segar dan semangat dalam menjalankan ibadah saat setelah berbuka.

 

7. jagalah hati dan pikiran agar puasa anda pahalanya maksimal
Di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini kita di wajibkan berpuasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari,tentu saja puasa yang di maksud disini bukan hanya puasa dalam hal menahan haus dan lapar. tetapi juga menahan nafsu,amarah,tidak bebicara buruk untuk orang lain dan mejauhi hal-hal yang di larang lainnya. sebaiknya untuk menghindari pengurangan pahala dan batalnya puasa anda,untuk menunggu waktu berbuka alangkah baiknya lakukan kegiatan bermanfaat seperti Tadarus Al – Quran.

 

supaya puasanya sah, jangan lupa berniat dulu sebelum berpuasa ya  . Demikaianlah 7 Tips agar kuat beribadah di bulan Ramadhan berdasarkan pengalaman dari saya.terima kasih telah membaca. semoga puasa serta ibadah yang kita laksanakan di bulan Ramdhan ini di terima dan mendapat pahala yang berlipat ganda.amiin.

 

Lazada-blog-finalist125

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage