Tips Agar Cukup Tidur di Bulan Puasa

Posting Ini Di Submit Oleh: Iqbal Maulana – Juli 2014

Tips Agar Cukup Tidur di Bulan Puasa — Assalamu ‘alaikum wr. wb. Tidak terasa, kita sudah kembali merasakan ibadah puasa ramadhan tahun ini. Ibadah puasa adalah kewajiban bagi setiap muslim di seluruh dunia. Oleh karena itu, pasti setiap muslim di seluruh dunia merasakan hal yang sama ketika sedang menjalani ibadah puasa, seperti lapar, haus, dan mengantuk.

Haus dan lapar adalah hal yang mutlak. Tidak bisa dihindarkan, tidak bisa diobati. Itu menjadi salah satu ladang amal kita. Karena jika kita sabar menahan lapar dan haus, kita akan mendapatkan kesempurnaan pahala puasa ramadhan. Namun untuk ‘mengantuk’, itu masih bisa kita siasati. Kali ini, ada sebuah tips agar kita bisa cukup tidur di bulan puasa.

Yang pertama, setelah salat tarawih, usahakan kita langsung meluruskan kaki, sekadar untuk membuat tubuh kita rileks, atau bahkan kita bisa langsung tidur. Dengan meluruskan kaki, kita bisa membuat otot-otot kaki yang tegang karena telah beraktivitas seharian, menjadi kendur dan rileks.

Selanjutnya, jika merasa sulit tidur di malam hari, buatlah keadaan pencahayaan menjadi agak redup. Beberapa orang akan sulit tidur jika lampu menyala, jadi mulailah untuk mematikan lampu. Atau gunakanlah lampu tidur yang redup tetapi nyaman untuk mata.

Di waktu sahur, bangunlah untuk sahur di waktu yang tepat. Jangan terlalu malam, atau jangan juga terlalu pagi. Yang penting, ada waktu setelah makan untuk membuat perut terasa nyaman sebelum shalat subuh. Tidur setelah sahur. Ini penting. Sebab jika dipaksakan terus terjaga hingga pagi. Kemungkinan besar di tempat kerja atau di manapun nanti ketika siang hari kita beraktivitas, kita akan merasakan ngantuk. Usahakanlah untuk memanfaatkan waktu luang untuk beristirahat. Lebih baik kita tidur setelah sahur, daripada menghabiskan waktu untuk menonton tv.

Terakhir, jika ada waktu luang di siang hari, tidurlah. Karena tidur di siang hari ketika berpuasa itu berpahala. Selain itu akan membuat waktu tidur kita bertambah

Jadi di bulan puasa ini, semua orang merasakan yang namanya kurang tidur. Tapi itu tidak masalah. Allah menciptakan bulan puasa dengan penuh perhitungan. Walau kita kurang tidur, kita tidak akan sakit karena itu, asalkan kita dapat menjaga pola hidup sehat dan memanfaatkan waktu luang untuk beribadah dan beristirahat. Juga yang terpenting, teruslah memetik pahala ramadhan yang tumbuh subur bak jamur di musim hujan. Tetap berdoa kepada Allah agar kita diberikan kesabaran, kesehatan, dan kelancaran dalam menjalankan ibadah puasa. Amin.

stamp-Blog-Finalist-02


PROMOTION

homepage