Tidak Dapat THR? Nah! Ini Dia 7 Tips Mendapatkan Penghasilan Tambahan Tanpa Modal Uang

Artikel ini di Submit Pada 2015/07/04 Oleh Andi Zulfikar

 

Tidak Dapat THR? Nah! Ini Dia 7 Tips Mendapatkan Penghasilan Tambahan Tanpa Modal Uang — Bagi sebagian orang yang berstatus sebagai pegawai, mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) adalah saat yang paling ditunggu-tunggu. Pengeluaran yang meningkat serta persiapan menjelang lebaran, membuat kita memerlukan penghasilan tambahan.  Alhamdulillah, perusahaan-perusahaan biasanya memberikan tunjangan khusus untuk persiapan hari lebaran. Kedatangan THR membuat kita menjadi gembira.

 

Lalu apa yang harus dilakukan bagi mereka yang tidak mendapatkan THR? Apakah harus bersedih dan berpangku tangan? Tentu saja tidak. Insya Allah dengan berusaha kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan ataupun barang yang bermanfaat di bulan Ramadhan. Baik itu usaha yang memerlukan modal uang maupun tanpa modal sama sekali.

 

Kali ini penulis akan membahas tentang 7 jenis usaha untuk mendapatkan penghasilan tambahan di bulan Ramadhan tanpa modal uang. Usaha tersebut bila benar-benar dijalankan, insya Allah akan memberikan tambahan penghasilan bagi kita. Mau tahu kan apa 7 jenis usaha tersebut? Usaha-usaha tersebut adalah :

 

  1. Ikut lomba

Di bulan Ramadhan, ada berbagai macam lomba yang memberikan kita peluang mendapatkan penghasilan tambahan atau hadiah yang bermanfaat. Lomba-lomba tersebut beragam jenisnya, jadi kita bisa memilih mengikuti lomba sesuai bakat dan minat kita. Bila kita menang, kita tidak hanya mendapatkan kepuasan batin, namun juga mendapatkan uang atau hadiah.

Contohnya adalah lomba yang diadakan oleh Lazada.co.id. Lazada.co.id yang merupakan situs layanan berbelanja online terlengkap di Indonesia mengadakan lomba menulis artikel berhadiah smartphone android pada tahun 2015. Lomba ini mengambil tema yang berhubungan dengan bulan puasa.

Ada pula lomba yang diadakan oleh perusahaan-perusahaan atau instansi-instansi yang tidak diumumkan secara online. Misalnya lomba tabuh beduk. Jadi kamu harus rajin-rajin cari informasi mengenai jenis lomba yang ada di daerah kamu.

Tips : Untuk mendapatkan informasi lomba online, cukup dengan mencari di situs pencari yang popular di internet. Ketikkan “Lomba ……. Ramadhan 2015”. Pada ……. Ketikkan jenis lomba yang kita minati. Misalnya anda senang menulis, maka ketikkan “Lomba Menulis Ramadhan 2015”, maka akan muncul lomba-lomba yang berhubungan dengan tulis menulis di bulan puasa ini. Jangan lupa untuk memperhatikan syarat-syarat yang diberikan oleh peserta lomba, berusaha yang terbaik dan maksimal, serta berdoa.

Untuk lomba yang diselenggarakan oleh perusahaan atau instansi yang ada di daerah kamu, kamu harus rajin-rajin baca koran atau media massa.

 

  1. Jadi supir dadakan

Salah satu tradisi kaum muslimin di Indonesia adalah mudik. Mudik dengan segala hal yang berhubungan dengannya, ternyata bisa memberikan penghasilan tambahan. Salah satunya adalah dengan menjadi supir dadakan, tentu saja bila anda mempunyai skill mengemudi. Beberapa orang ataupun rental mobil memerlukan jasa pengemudi. Bila Anda merasa cocok dengan  usaha ini, maka tidak ada salahnya dicoba.

Tips : Usaha ini memerlukan fisik yang prima, oleh karenanya, sebaiknya memulai perjalanan pada saat dirasakan cocok untuk kondisi tubuh anda. Jangan lupa untuk selalu konsentrasi, patuhi rambu-rambu lalu lintas, beristirahat ketika perlu serta  berdoa kepada Allah agar diberikan keselamatan selama perjalanan.

 

  1. Usaha penjagaan rumah

Ketika mudik, banyak orang meninggalkan rumahnya. Rumah yang kosong akan menimbulkan kekhawatiran bagi pemiliknya. Kekhawatiran tersebut karena kejahatan yang semakin merajalela. Salah satu jenis usaha yang dapat dilakukan adalah menawarkan jasa penjagaan rumah.

Tips : Untuk menjaga rumah, sebelumnya kita perlu membuat perjanjian dengan pemilik rumah tentang hak dan kewajiban. Surat itu perlu, karena tempat yang dijaga bukanlah milik kita, sehingga bila suatu waktu ada masalah, kita bisa menunjukkan surat perjanjian tersebut.

Setelahnya, kita perlu berkordinasi dengan ketua RT atau RW serta pihak kepolisian. Nomor-nomor telepon pihak berwajib perlu dicatat. Bila mendapatkan sesuatu yang mencurigakan, segera berkordinasi dengan pihak berwajib untuk mendapatkan petunjuk.

 

  1. Jadi Perantara

Menjelang lebaran, ada saja orang yang ingin menjual barang untuk mendapatkan uang. Di saat seperti itu, kita bisa menangkapnya menjadi peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi. Dengan melakukan hal tersebut, bila berhasil, kita bisa mendapatkan fee atas jasa kita.

Tips : Menurut ulama, fee yang halal adalah yang didapatkan sebagai balas jasa atas kerja keras kita mencari konsumen, bukan karena kita yang menaikkan harga barang tersebut tanpa sepengetahuan penjual lalu mengambil labanya.

Untuk mencari konsumen, kita perlu bekerja keras dan cerdas. Misalnya dengan mempromosikannya di media sosial ataupun menawarkan kepada teman-teman. Seharusnya kita mengetahui kelemahan dan kekurangan barang yang akan dijual dan menjelaskannya kepada pembeli, sehingga usaha yang kita lakukan dapat berberkah.

 

  1. Usaha pengecatan rumah

Menjelang lebaran, banyak pemilik rumah yang ingin menghias rumahnya, salah satunya dengan mencat atau membersihkannya. Biasanya banyak pemilik rumah yang mencari orang yang mau mencat rumahnya di bulan puasa.

Usaha ini tanpa modal, karena yang menyediakan peralatan dan cat adalah pemilik rumah. Hanya diperlukan kemauan dari anda, karena untuk mengecat rumah tergolong mudah. Syaratnya hanyalah kemauan.

Tips : Ketika anda mencat rumah penyewa jasa, berikanlah usaha yang terbaik. Pilihlah cat yang benar-benar berkualitas. Bila pemilik rumah mempercayakan kepada anda untuk membeli cat ataupun peralatan lainnya, jangan sampai anda melakukan penipuan dengan menaikkan harganya.

 

  1. Promosikan usaha orang lain

Bila anda seorang blogger, salah satu cara mendapatkan tambahan penghasilan adalah dengan mempromosikan usaha orang lain. Bila anda bukan seorang blogger, anda tetap bisa mendapatkan penghasilan. Biasanya suatu perusahaan memerlukan jasa orang-orang untuk menyebarkan selebaran tentang perusahaan mereka utamanya kegiatan penjualan yang berhubungan dengan bulan puasa.

Tips : Bila anda mempromosikan usaha orang lain melalui blog, maka anda harus selalu mengupdate blog. Bila semakin banyak orang yang mengunjungi blog anda, makin banyak pula peluang mendapatkan pihak penyewa jasa.

 

  1. Jadi Pembuat Kue

Buat kamu yang hobi buat kue namun tidak punya modal, kamu bisa buat usaha bersama dengan teman-teman kamu yang punya modal. Jadi nanti labanya dibagi sesuai perjanjian. Jadi selain bisa menjalankan hobimu membuat kue, kamu juga bisa mendapatkan tambahan penghasilan.

Tips : Dalam usaha ini, selain kemampuan membuat kue, yang paling penting adalah pasar yang dituju. Kalau tujuannya untuk membuat kue buka puasa, sebaiknya kamu mensurvei dulu apa makanan favorit buka puasa masyarakat di sekitarmu. Biasanya sih orang-orang paling suka berbuka puasa dengan goreng-gorengan.

Kalau kamu membuat kue kering untuk persiapan lebaran, maka sebaiknya kamu mencari pasar sebelum puasa dimulai. Bila kamu telah mendapat konsumen, maka kamu bisa menagihnya ketika awal bulan, karena biasanya para pegawai mendapatkan gaji di saat itu. Berikanlah sampel kue, sehingga mereka dapat memilih kue favorit mereka.

Itulah 7 jenis usaha untuk mendapatkan penghasilan tambahan di bulan Ramadhan tanpa modal uang. Insya Allah, selama kita berusaha, Allah Azza wa Jalla akan membukakan pintu rezki bagi kita. Yang paling penting adalah kita selalu bertawakkal kepadanya, semoga apa yang kita harapkan dapat menjadi kenyataan. Amin!

Bagaimana, berani mencoba?

 

Lazada-blog-finalist125

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage