Teenlit: Genre Para Remaja

TeenLit adalah genre yang sangat cocok untuk anak remaja yang sedang menjajaki dunia luar. Genre ini sangat menarik mulai dari cerita tentang percintaan masa remaja, persahabatan, sampai makna cerita yang mengandung nilai-nilai penting dalam kehidupan. Genre ini adalah novel ringan yang berhubungan dengan keseharian remaja pada umumnya agar mudah dimengerti oleh pembaca.

Teenlit adalah singkatan dari “teen” yang berarti remaja, dan “literature” yang berarti sastra/tulisan. Berdasarkan singkatan tersebut, teenlit adalah sebuah karya tulis atau sastra yang tema dan pangsa pasarnya adalah para remaja.

Buku novel jenis ini mulai bermunculan sejak tahun 2000-an. Berbagai judul novel teenlit ditulis dan  diterbitkan oleh para penerbit. Peminatnya  yang sangat banyak membuat produktivitas novel genre ini cukup tinggi melebihi genre buku-buku lain.

Teenlit berkembang di Indonesia pada permulaan tahun 2000. Teenlit merupakan salah satu genre yang tetap digemari hingga sekarang ini.Ciri-ciri teenlit adalah selalu mengangkat permasalahan umum yang dialami oleh para remaja. Cinta, persahabatan, permusuhan, persaingan adalah beberapa contoh yang menjadi tema buku novel satu ini. Selain itu, teenlit umumnya memiliki peran utama yang merupakan seorang gadis remaja dan memakai bahasa ringan, baik dalam bentuk baku maupun bentuk tidak baku (bahasa gaul).

Teenlit bukanlah fenomena baru dalam sastra. Sejarah Sasta Indonesia mencatat adanya sebuah periodesasi bacaan sejenis teenlit. Pada tahun 1960-an karya-karya seperti ini disebut roman picisan. Pada tahun 1980-an berkembang pula novel-novel semacam ini dan disebut sebagai novel populer.  Ada semacam periodisasi tertentu dalam hal ini, yaitu tampak adanya siklus dua puluh tahunan.

About the Author

Fariz Ilman Sr. Content Marketing di Lazada Group

PROMOTION

homepage