Tanda-Tanda Kedatangan Malam Lailatul Qadar

Artikel ini di Submit Pada 2015/06/29 Oleh Muhammad Rizki Septian

 

Tanda-Tanda Kedatangan Malam Lailatul Qadar — Yup, malam yang satu ini memang banyak dicari-cari oleh umat muslim manapun. Tapi ada satu hal yang kita butuhkan tapi tidak diberitahukan, kita tidak diberitahu dengan jelas kapan malam Lailatul Qadar ini akan datang. Kita hanya diberi sedikit petunjuk yang samar-samar tentang waktu kedatangan malam yang lebih baik daripada malam seribu bulan ini. Petunjuk yang aling populer dikalangan umat muslim adalah malam Lailatul Qadar datang pada hari ganjil di salah satu dari sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Dan ya, itu memang benar adanya. Nabi pun juga menyuruh kita untuk lebih memaksimalkan ibadah kita pada seuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

 

Dan, beberapa orang masih ada yang mempermasalahkan masalah kapan tanggal main malam Lailatul Qadar. Tapi, seperti yang disebutkan diatas. Yang paling populer di kalangan umat muslim adalah hari ganjil di salah satu sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Nabi juga selalu menantikan kehadiran pada malam-malam ganjil di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

 

Malam yang lebih baik daripada seribu bulan ini memang banyak diperdebatkan oleh para ulama perihal kapan waktu kedatangannya. Ada yang mengatakan bahwa malam Lailatul Qadar datang ada tanggal 27 Ramadhan dikarenakan pada tanggal tersebut Al-Qur’s diturunkan. Ada pula yang mengatakan malam Qadar datang pada tanggal 21, yang lain-lain juga ada yang mengatakan tanggal 23, 25, 27 dan 29. Semuanya ganjil kan? Tapi banyak ulama yang setuju malam Qadar datang pada tanggal 27 Ramadhan.

 

Jadi, yang mana sih yang benar? Tidak ada yang pasti. Tapi, kalau dicari dengan serius, pastilah kalian akan dapatkan malamnya.

 

Oke, jadi..malam Qadar datang pada hari ganjil di salah satu sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Beberapa dari kalian mungkin masih menginginkan petunjuk yang lebih daripada yang disebutkan diatas. Nah, saya akan memaarkan beberaa tanda kedatangan malam Qadar ini, seperti :

 

  1. Cahaya matahari lemah dan tidak menyilaukan, tapi akan kuat besoknya: Oke, ada beberapa pendapat mengenai tanda-tanda ini. Ada yang memberi pendapat karena memang dibuat tidak silau sebagai tanda kedatangan malam Qadar itu. Ada juga yang memberikan pendapat karena sinarnya terhalang malaikat yang lalu-lalang. Ah, sudahlah… Jadi, sudah kerasa cahaya matahari yang tidak menyilaukan?
  2. Pada malam hari, tidak ada meteor/bintang jatuh yang melintas di langit. Karena, tidak ada syetan yang bisa berkeliaran. Memang selama 1 bulan ini kan dibelenggu di neraka kan?
  3. Udara tidak dingin, tidak juga panas. Normal lah..
  4. Suasana pagi yang tenang.
  5. Orang yang beribadah ada malam itu akan merasakan ketenangan hati yang tidak seperti malam malam lainnya.
  6. Anginnya tenang, tidak ada awan.

 

Tapi…

Lailatul Qadar tidak selalu harus diiringi keajaiban atau kejadian-kejadian aneh loh ya… Allah lebih mulia kedudukannya untuk membuktikan dan memberikan segala sesuatu sesuai dengan kehendaknya. Jadi, ada yang mendapatkan malam itu dengan beribadah tanpa melihat adanya keanehan yang terjadi. Ada juga yang melihat tanda-tandanya tapi tidak melaksanakan ibadah. Ck..ck..ck.

 

Kalau kalian menemukannya…

Lebih baik disembunyikan saja dari orang lain. Karena itulah yang terbaik bila kalian sudah menemukan malam Qadar. Karena, bila kita memberitahu akan kedatangannya malam Qadar itu, kemungkinan orang yang sudah khusyu’ beribadah malah tidak khusyu’ lagi karena telah merasa mendapatkan malam yang sangat baik itu. Ingat dengan cerita Nabi Ya’qub dan nabi Yusuf? Nabi Yusuf menceritakan miminya kepada nabi Ya’qub dan nabi Ya’ qub menyuruh agar nabi Ysuf tidak memberitahukan soal miminya kepada saudara-saudaranya. Ya, seperti itulah perumpamaannya. Lebih baik disembunyikan dan erbanyak ibadah untuk diri sendiri dulu saja..

 

Jadi, sudah tahu tanda-tandanya? sudah siap berburu? Atau kalian punya tanda-tanda lain yang bisa dibagikan? Ok, good luck deh!

 

Lazada-blog-finalist125

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage