Takut bau mulut saat berpuasa?

Artikel ini di Submit Pada 2015/06/26 Oleh ayu novy yanti

 

Takut bau mulut saat berpuasa? — Assalamualaikum Wr. Wb. Takut bau mulut saat berpuasa?- bau mulut saat berpuasa memang sangat mengganggu, tapi perlukah untuk takut?

Telah dijelaskan dalam sebuah hadist bahwa:

 

Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak misk.” (HR. Bukhari no. 1894 dan Muslim no. 1151).

 

Dari hadist tersebut, kita seharusnya tidak perlu takut bau mulut disaat berpuasa. Namun, hal itu tidak semena-mena membuat kita malas menjaga kebersihan diri kita kan? Karna bagaimanapun kebersihan tetaplah sebagian dari iman.

 

Bau mulut saat berpuasa merupakan hal yang wajar, hal ini karena penyebab bau mulut salah satunya yaitu mulut mengalami kekeringan akibat kekurangan cairan ludah (saliva). Karena saliva berkurang, bakteri dalam mulut pun semakin mengalami peningkatan sehingga menyebabkan bau pada mulut. Bau mulut juga dapat terjadi karena konsumsi makanan yang salah pada saat sahur, sepert petai, jengkol, durian, daging, ikan, dan berbagai jenis produk susu.

 

Ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghindari bau mulut saat berpuasa :

  1. Gosok gigi setelah sahur. Bau mulut terjadi karena kondisi mulut yang tidak bersih, oleh karena itu, dengan gosok gigi setelah sahur akan membantu menghilangkan kotoran pada mulut dan sela-sela gigi sehingga mulut dapat terhindar dari bau tak sedap.
  2. Gunakan obat kumur. Penggunaan obat kumur anti-bakteri non alkolhol akan membantu membunuh bakteri-bakteri dalam mulut serta dapat menjaga kebersihan gigi dana mulut. Namun, penggunaan obat kumur ini sebaiknya jangan terlalu sering, hal ini akan menyebabkan berkurangnya air liur dalam mulut dan mulut akan semakin kering.
  3. Memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayur. Mengkonsumsi buah dan sayurakan membuat mulut menjadi lebih sergar serta meningkatkan produksi air liur dalam mulut. Peningkatan air liur dalam mulut akan menghindarkan mulut menjadi kering dan pencegahan terhadap bakteri. buah yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan air liur adalah buah apel dan strawberry.
  4. Menghindari konsumsi makanan berlemak dan menyengat. Saat akan berpuasa sebaiknya menghindari makanan berlemak seperti daging, dan makanan menyengat seperti bawang putih, jengkol dan pete. Hal ini untuk menghindari bau mulut saat berpuasa
  5. Perbanyak minum air putih. Saat akan berpuasa, lebih baik perbanyak minum air putih untuk dapat menghilangkan bau mulut secara alami serta membantu mempertahankan cairan tubuh saat berpuasa.

 

Demikian beberapa tips dalam mencegah bau mulut saat berpuasa. Namun, yang perlu diingat bahwa, saat berpuasa ramadhan, hal yang penting dijaga adalah keimanan, keutamaan dalam sholat dan menjalani ibadah lain. Karena, Allah S.W.T telah menjamin orang-orang berpuasa yang mulutnya berbau tak sedap di dunia akan memiliki bau minyak misk yang tiada tara harumnya di akhirat nanti.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

Lazada blog finalist

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage