Syarat Seorang Muslim Boleh Tidak Puasa Di Bulan Ramadhan

Syarat Seorang Muslim Boleh Tidak Puasa Di Bulan Ramadhan — Betapa pentingnya berpuasa Ramadhan sehingga Allah SWT menjadikan ibadah yang satu ini sebagai rukun Islam yang keempat. Namun agama Islam juga mengatur siapa-siapa yang wajib berpuasa dan siapa-siapa yang tidak wajib berpuasa.

 

172904_puasats
 

Golongan umat muslim pada bulan Ramadhan dapat dibagi menjadi tiga golongan: [1] Golongan yang wajib berpuasa , [2] Golongan yang boleh berpuasa dan boleh tidak berpuasa dan [3] Golongan yang wajib tidak berpuasa.

 

Orang Yang Wajib Puasa

Sebelum mengetahui siapa-siapa yang boleh tidak berpuasa, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu seseorang yang wajib berpuasa yaitu setiap umat muslim yang:

  • Baligh
  • Berakal
  • Sehat (tidak sakit)
  • Bermukim (bukan musafir)
  • Wanita yang suci dari haidh dan nifas.

 

Orang Yang Boleh Tidak Puasa

  • Orang Sakit

Makna dari orang sakit disini ialah seorang yang memiliki penyakit yang membuatnya dapat dikatakan tidak lagi sehat. Dalil mengenai hal ini adalah firman Allah Ta’ala yang artinya sebagai berikut: “Dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.” (QS. Al Baqarah: 185). *Baca Juga: Kondisi Seorang Muslim Boleh Tidak Puasa Karena Sakit

  • Musafir

Musafir ialah seseorang yang melakukan perjalanan jauh sampai-sampai ia menemukan kesulitan untuk mengqoshor shalat disyari’atkan untuk boleh tidak berpuasa Ramadhan.

Dalil dari hal ini adalah firman Allah Ta’ala yang artinya sebagai berikut: “Dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.” (QS. Al Baqarah: 185). *Baca Juga: Kondisi Seseorang Muslim Musafir Boleh Tidak Puasa

  • Sudah Tua Bangka/Sakit Tidak Kunjung Sembuh

Para ulama bersepakat bahwa orang tua yang sudah lanjut usia dan tidak mampu berpuasa, diperbolehkan baginya untuk tidak berpuasa. Menurut mayoritas ulama, cukup bagi mereka untuk memberi fidyah.

Dalil hal ini dapat ditemukan pada kitab suci Al-Qur’an surat albaqarah yang artinya: “Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin.”(QS. Al Baqarah: 184) *Baca Juga: Tata Cara Membayar Fidyah Bagi Orang Yang Tidak Berpuasa Ramadhan.

  • Wanita Hamil/Menyusui

Jika wanita hamil takut terhadap janin yang berada dalam kandungannya dan wanita menyusui takut terhadap bayi yang dia sapih karena sebab keduanya berpuasa, maka boleh baginya untuk tidak berpuasa. Hal ini disepakati oleh para ulama.

Dalil yang menunjukkan hal ini adalah sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,“Sesungguhnya Allah ‘azza wa jalla menghilangkan pada musafir separuh shalat. Allah pun menghilangkan puasa pada musafir, wanita hamil dan wanita menyusui.” (HR. Ahmad. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Orang Yang Wajib Tidak Puasa

  • Wanita yang Mengalami Haidh dan Nifas
  • Orang yang khawatir jika berpuasa dirinya akan mati

Semoga artikel ini menambah bermanfaat bagi para pembaca-nya dan dapat menjadi referensi dikala menjalankan ibadah wajib puasa Ramadhan. Dan semoga amal ibadah puasa kita selalu sempurna sehingga mendapkan ridho dari Allah SWT.

Sumber: http://buletin.muslim.or.id/

About the Author

Fariz Ilman Sr. Content Marketing di Lazada Group

PROMOTION

homepage