Ssttt!! Ini Dia 5 Fakta Bulan Ramadan yang Jarang Diketahui Umat

Artikel ini di Submit pada 2015/06/26 Oleh Adrie Mesapati

 

Ssttt!! Ini Dia 5 Fakta Bulan Ramadan yang Jarang Diketahui Umat — Shaum Ramadan telah tiba. Bulan mulia yang selalu didambakan kehadirannya setiap tahun oleh umat Islam sedunia. Namun, tahukah sobat di balik shaum Ramadan yang kita kerjakan, ternyata ada beberapa fakta yang jarang diketahui oleh umat Islam. Apa saja diantaranya?

 

  1. Puasa atau shaum?

Secara arti kata puasa berasal dari bahasa sansekerta yang berarti menyiksa diri dengan cara tidak makan dan minum sama sekali juga tidak melakukan aktivitas apa pun. Sedangkan kata shiyam atau shaum berasal dari bahasa Arab memiliki arti menahan (imsaak) atau mencegah hawa nafsu. Diantaranya nafsu makan , minum, amarah, dan  syahwat. Jadi shaum  memiliki pengertian lebih holistik (menyeluruh) dibandingkan sekadar arti puasa. Menurut terminologi, shaum artinya menahan diri dari makan dan minum serta segala ucapan, perbuatan yang bisa membatalkannya. Ibadah mulia ini dimulai sejak terbit fajar sampai terbenam matahari.

 

  1. Apa arti Ramadan?

Ramadhan atau Ramadan memiliki pengertian unik. Dalam bahasa Arab, Ramadhan

berasal dari bahasa Arab berasal dari kata al-ramadh  yang artinya “panas batu akibat sinar matahari” atau ada juga yang berpendapat dari  akar kata ramidhat yang berarti “keringnya mulut akibat haus dan dahaga, panas yang menyengat, menjadi panas, sangat panas, atau hampir membakar.” Karena itu cukup tepat mengapa shaum Ramadan jatuh pada bulan kesembilan pada almanak hijriah disebut sebagai bulan Ramadan (bulan yang panas, kering, menyengat), karena pada bulan itu umat Islam akan diuji dengan kelaparan, kehausan, kosong perutnya, dan kering tenggorokannya.

 

  1. Kapan shaum Ramadan pertama kali dilaksanakan?

Sejarah mencatat, ibadah shaum dimulai pada tanggal 10 Sya’ban pada tahun kedua hijriah atau tepatnya satu setengah tahun setelah umat islam berhijrah dari kota Mekah ke kota Madinah. Sebelumnya shaum yang dilakukan pertama kali adalah shaum yang dilakukan di bulan ‘Asyura, tetapi setelah ada perintah Allah swt. dalam surat Al-Baqarah ayat 183, maka shaum yang wajib dilaksanakan umat Islam adalah shaum Ramadan.

 

  1. Nama-nama unik bulan Ramadan

Bulan Ramadan dalam Islam memiliki keutamaan dibandingkan bulan-bulan sebelumnya sehingga Nabi Muhammad saw. Menempatkan Ramadan sebagai penghulu dari semua bulan. Nama-nama lain bulan Ramadan diantaranya:

  • syahrullah atau bulan Allah swt. karena pada bulan ini umat Islam lebih mengkhususkan waktunya selama sebulan untuk beribadah kepada Allah swt.
  • syahrul tilawah karena pada bulan ini jutaan umat Islam mengkhidmatkan diri untuk  membaca dan mempelajari Alquran
  • syahrus shabri yang bermakna bulan latihan kesabaran
  • Syahrun najah atau bulan pelepasan diri dari neraka.
  • Syahr alai karena pada bulan Ramadan, limpahan berkah dari langit diturunkan.
  • Syahrul jud  yang berarti bulan untuk memperbanyak bersedekah.
  • syahrum muwasah yang bermakna bulan pertolongan dari Allah swt.

 

  1. Bulan diturunkannya kitab para nabi

Selain Alquran yang diturunkan pada bulan Ramadan, ada beberapa kitab yang diturunkan  Allah swt. di bulan mulia ini, diantaranya: shuhuf Ibrahim as. diturunkan pada malam pertama Ramadan., Taurat kitab Nabi Musa as. diturunkan pada enam Ramadan, Injil kitab Nabi Isa as. diturunkan pada sepuluh Ramadan, dan Zabur, kitab Nabi Daud as. diturunkan pada dua belas Ramadan.

 

Dari kelima fakta di atas, ternyata bulan Ramadan memang bukan sekadar bulan biasa. Namun, bulan yang memiliki sejarah yang unik, kaya akan nilai dan makna baik secara lahiriah maupun batiniah. Jadi marilah kita tunaikan dan jiwai ibadah shaum  Ramadan dengan memperdalami ilmunya, melaksanakan syarat dan rukunnya. Kita gapai kemuliaan dan derajat mutaqin di bulan mulia ini. Amin.

 

Lazada blog finalist

 

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage