Siapa Yang Lebih Tangguh Antara LG G Pro 2 vs Samsung Galaxy Note 3

Posted By Lazada Blog Contest Finalist: Ari Anto On 22 March 2014

Siapa Yang Lebih Tangguh Antara LG G Pro 2 vs Samsung Galaxy Note 3 — Pada kesempatan yang baik ini saya akan mengulas sedikit tentang Siapa Yang Lebih Tangguh Antara LG G Pro 2 vs Samsung Galaxy Note 3 – Samsung mendefinisikan dengan istilah kata “Phablet” dengan seri Galaxy Note dan Saat ini situasi telah berubah karena LG telah mengikuti lebih dekat di belakangnya untuk menjadi satu pesaing yang layak untuk diperhatikan.

LG G Pro 2 vs Samsung Galaxy Note 3

Vendor gadget ternama, LG telah merilis G Pro 2 di Korea Selatan. Rilis ini cukup menarik karena dilakukan justru sebelum Mobile World Congress (MWC) 2014 digelar. G Pro 2 di Korea Selatan dibandrol 10 juta. Sementara versi internasionalnya dikabarkan akan hadir bulan depan dengan harga yang lebih murah yakni sekitar Rp 7 juta. LG melepas smartphone unggulan ini ke 3 operator asal Korea Selatan. Ditambah peluncuran sebelum MWC 2014, harga yang ditetapkan untuk ponsel ini terbilang cukup mahal.

Samsung Galaxy Note 3 adalah produk terbaru Samsung. Produsen smartphone asal Korea Selatan itu baru saja memperkenalkan handset canggih terbarunya yang diberi nama Samsung Galaxy Note 3. Perangkat ini diprediksi juga akan sampai di Indonesia dalam waktu dekat. Samsung memperkenalkan produknya ini di gelaran acara IFA yang bersamanya juga di perkenalkan produk gadget jam tangan pintar yang diberi nama Samsung Galaxy Gear.

Fitur Samsung Galaxy Note 3 ini dirasa sudah mewakili produk Samsung dalam persaingan di dunia Tablet. Diramalkan oleh para analisi, smartphone ini akan menjadi juara dikelas phablet ukuran 5.7 inch. Galaxy Note 3 ini didisain memiliki besar lebih besar 0.2 inchi dibandingkan dengan saudara tuanya Samsung Galaxy Note 2. Lalu bagaimana performa kedua phablet ini, yuk kita ulas sedikit perbandingan yang cukup menarik antara LG G Pro 2 vs Samsung Galaxy Note 3. Mari kita lihat apa yang dimiliki dari kedua Phablet ini.

LG G Pro 2 atas Samsung Galaxy Note 3

  • A little more screen real estate
  • Optical image stabilization
  • Android 4.4.2 KitKat out of the box
  • Rear-mounted buttons are cool
  • Better screen surface size to footprint ratio
  • High-quality True IPS+ LCD display
  • Matches most Samsung proprietary software features
  • Knock on and Knock code

Samsung Galaxy Note 3 lebih dari LG G Pro 2

  • Pressure-sensitive S-Pen stylus input and relevant software
  • Superior battery life
  • High-quality SuperAMOLED+ display
  • Samsung proprietary software features

Dalam hal perangkat keras atau Hardware, dua phablets hampir identik. Dari layar yang mempunyai FullHD dan chipset Snapdragon 800, dan dengan dilengkapi baterai 3200mAh serta masing-masing membenamkan kamera dengan 13MP dan video 4K lalu apakah mereka lebih baik dari satu dan yang lain. Mari kita ulas!

Dari Segi Display

Layar adalah salah satu bagian yang paling integral dari Galaxy Note 3 sebagaimana Samsung dibuat untuk menjadi  salah satu yang terbaik dipasar yang pernah ada untuk perangkat gadget. Galaxy Note 3 dibungkus dengan layar yang membentang 5,7 inci layar Super AMOLED dengan resolusi 1920 x1080 pada 386 ppi sementara itu pesaingannya LG G Pro 2 dilengkapi dengan layar LCD IPS mempunyai lebar 5,9 inci dengan resolusi yang sama pada 373 ppi. Angka yang lebih rendah dapat dikaitkan dengan layar yang lebih besar pada G Pro 2. Serta tak ketinggalan kedua perangkat ini melindungi layar mereka dengan Corning Gorilla Glass 3.

Body & Design

Karena tambahan 0,2 inci di layar diagonal, LG G Pro 2 bisa dibilang sedikit lebih tinggi dan lebih lebar dari Galaxy note  3 tetapi itupun tidak banyak. Dalam segi Body mempunyai ukuran 157,9 x 81,9 mm sedangkan Galaxy Note 3 mempunyai dimensi 151,2 x 79,2 mm. Kedua smartphone ini datang dengan profil 8,3 mm bisa dibilang mereka sebenarnya cukup tipis. Untuk urusan berat sendiri G Pro 2 berada dipuncak 172 gram, sehingga lebih berat daripada Note 3 yang hanya 4 gram.

Dalam segi desain dua phablets ini hampir tidak mirip. Pada Galaxy Note 3 menawarkan faktor bentuk yang lebih squarish dan sementara itu dibangun dari plastik datang dengan selesai kulit imitasi pada panel belakang. Pada Fisik tombol Home Samsung spesifik lebih lanjut membedakan Galaxy Note 3 dari pesaingnya.

Sebaliknya, G Pro 2 membanggakan pada logo ” LG ” di mana tmbol home terletak hampir sama pada Galay Note 3 dan sudutnya yang bulat. Panel juga mengakomodasi fisik “home ” dan ” volume” tombol di bawah kamera utama dengan cara yang sama seperti LG G2 lakukan sebelum .

Spesifikasi hardware

LG G Pro 2 ini didukung oleh quad-core 2.3 GHz Snapdragon prosesor 800, dengan empat core Krait 400, dan Adreno 330 GPU, clock di 450 MHz. Sedangkan Galaxy Note 3 memiliki versi dengan prosesor Snapdragon yang sama, untuk pasar LTE, dan satu dengan Samsung sendiri octa-core 1,9 GHz Exynos 5 Octa dengan Mali-T628 GPU pada 600 MHz, untuk orang-orang GSM.

Kedua handset ini menawarkan dengan sangat murah hati yaitu 3GB RAM, sehingga Anda dapat yakin bahwa semua orang dapat mejalankan aplikasi ganda, multi, dan floating windows jarang akan merasa kurang bertenaga. Namun, kami melihat bahwa aplikasi keempat dan kelima di Pop-up View mode pada Galaxy Note 3, dapat mengambil waktu yang manis mereka untuk membuka, tetapi tidak mungkin bahwa Anda akan menginginkan lebih dari dua atau tiga dari mereka mengacaukan “layar 5,7 pula, jadi itu tidak masalah.

Pada bagian G Pro 2 memiliki memori 16/32 GB, sedangkan Note 3 dilengkapi dengan 32 GB memori internal dan terdapat versi untuk 64 GB juga. Kedua phablets juga menawarkan slot kartu microSD untuk ekspansi penyimpanan.

Internet yang diusung datang dengan kecepatan 42 Mbps HSPA + kecepatan download pada jaringan GSM. Tak perlu dikatakan, ada rangkaian lengkap dari radio lain juga, seperti Wi-Fi/ac, Wi-Fi Direct, A-GPS, Bluetooth 4.0, DLNA dan bahkan sebuah sensor inframerah di bagian atas ponsel. IR blaster dikelola oleh aplikasi QRemote pada G Pro 2, yang dapat mengendalikan TV Anda, home stereo, atau AC langsung dari layar kunci, jika diperlukan. Kontrol dasar yang dapat berlokasi di status bar, juga, sementara Samsung WatchON app yang mengontrol IR blaster, hanya dapat diluncurkan sebagai berdiri sendiri. Adapun konektivitas kabel, Note 3 memiliki tangan atas, karena sports port USB 3.0 speeds.

Kamera dan Fitur Multimedia

Dari segi kamera terdapat 13 MP di bagian belakang phablets, disertai dengan LED flash tunggal. Samsung dan LG menggunakan unit kamera yang sangat mirip – kedua sensor 1/3.06 ” dalam ukuran, dengan kecil 1,1 mikron piksel. Note 3 fitur 31mm focal length dan aperture f/2.2, sedangkan G Pro 2 dengan panjang 29mm dan f/2.4 aperture lebih lambat. LG bagaimanapun menempatkan optical image stabilization ( OIS ) mekanisme di sekitarny, yang membantu menghindari tembakan kabur dalam cahaya rendah dan menghasilkan rekaman video yang mantap. Tidak hanya itu, dalam G Pro 2 teknologi OIS mendapat ditingkatkan dengan stabilisasi gambar elektronik ( EIS ) jadi LG menyebutnya sebagai OIS Plus. EIS adalah solusi pada sisi pengolahan hal, dimaksudkan untuk meningkatkan hasil stabilisasi, bila dibandingkan dengan kamera OIS pada G2 misalnya. Note 3 tidak memiliki modul OIS, melainkan bergantung pada solusi perangkat lunak hanya untuk mode stabilisasi video.

Phablet LG memiliki keuntungan besar dalam rekaman video, sebagai sistem OIS melakukan pekerjaan yang sangat baik, mengkompensasi gerakan tangan bahkan kasar. Rekaman itu tampak seperti itu dibuat dari tripod, bahkan jika Anda berjalan-jalan dengan phablet, bukannya berdiri diam. Kedua handset menawarkan 4K video recording, tapi G Pro 2 catatan dengan 60fps, sedangkan Note 3 membuat hubungannya dengan 30fps. LG phablet juga dapat merekam video HD 720p dengan 120fps, digunakan untuk slow motion rekaman.

Software

Tidak mengherankan bahwa LG akan meluncurkan G Pro 2 dengan Android 4.4 KitKat keluar dari box, whileSamsung sudah termasuk KitKat pada Note 3. Kedua smartphone yang dikemas dengan user interface milik produsen masing-masing. Note 3 merembes TouchWiz, sementara LG telah mengembangkan new UI untuk G Pro 2 juga.

Sayangnya, G Pro 2 mengadopsi pendekatan yang lebih konservatif dengan niche phablet dan tidak memiliki pena stylus. Terbukti, ini juga berarti bahwa Anda akan kehilangan beberapa fitur perangkat lunak produktivitas yang ditawarkan oleh Samsung. Di sisi lain LG membuat beberapa implementasi software yang unik sendiri, seperti opsi keamanan KnockCode yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah membuka smartphone saat perangkat masih tidur.

Kesimpulan

Phablet G Pro 2 dan Note 3 adalah perangkat yang mempunyai layar besar yang fantastis. Memilih satu handset atas yang lain kemungkinan besar akan tergantung pada harapan Anda. Jika Anda akan bergantung pada Wacom digitizer goodness, maka Galaxy Note 3 adalah satu-satunya pilihan anda. Tapi dengan asumsi bahwa Anda tidak peduli tentang keberadaan stylus ( atau ketiadaan), maka G Pro 2 mungkin benar-benar menjadi pilihan yang lebih menarik .

Sumber Referensi:

http://thediplomat.com/2014/02/phablet-rivalry-samsung-galaxy-note-3-vs-lg-g-pro-2/

http://www.gsmarena.com/lg_g_pro_2_vs_samsung_galaxy_note_3-review-1059.php

http://www.phonearena.com/reviews/LG-G-Pro-2-vs-Samsung-Galaxy-Note-3_id3606

stamp--Blog--Finalist-02

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage