Setelah 3 Tahun, Apple iPad Tetap Dominasi Pasar Tablet Dunia

Anda pasti sangat mengenal tablet dari vendor Apple,yaitu iPad. Bila kita melihat kembali ke tahun 2010 silam, Apple telah sukses meraih pasar pengguna tablet didunia, saat ini hampir tiga tahun dari saat iPad pertama rilis, perusahaan raksasa yang bermarkas di Cupertino California ini terus mendominasi market tablet.

tablet Apple iPad lazada indonesiatablet Apple iPad lazada indonesia
Penjualan tablet pintar Apple bernama iPad ini terlihat terus meningkat penjualannya tiap tahunnya seperti dikutip dari AllThingsApple(2/2/2013), Berdasarkan hasil riset yang dilakukan International Data Corporation (IDC), Apple Inc mengirim 22.9 juta iPad keseluruh dunia selama kuartal 4 pada tahun 2012 yang artinya angka tersebut adalah sebuah peningkatan jumlah pengiriman dengan prosentase sebesar 48% jika dibandingkan dengan jumlah pengiriman pada pada periode yang sama pada tahun sebelumnya, 2011.

Tablet samsung lazada indonesia

Dibandingkan dengan 5 perusahaan tablet lainnya, Apple Inc tetap menjadi urutan pertama dari segi peningkatan penjualan tablet dari tahun ke tahun, dan vendor lainnya dan satu-satunya setelah Apple yang berhasil mencapai peningkatan penjualan pertahun adalah Samsung. Samsung sebagai "kompetitor" Apple dalam pasar tablet juga mengalami peningkatan pengiriman produk tablet yang signifikan, Peningkatan pengiriman tablet Samsung dari periode 2011 dibandingkan dengan periode 2012 yaitu mencapai sampai tiga kali lipat yang menghasilkan angka 7.9 juta tablet Samsung terkirim selama kuartal 4 tahun 2012. AsusTek Computer Inc, pembuat Transformer line dan Google Nexus 7 yang telah populer dan ditunggu-tunggu di Indonesia, juga mengalami pengiriman dan peningkatan ukuran pasar dengan peningkatan margin yang tidak banyak.

Salah satu tablet yang tidak sering kita dengar namanya ditanah air tetapi masuk dalam daftar 5 besar tablet dengan pengiriman terbanyak yaitu besutan Amazon, dengan produknya Amazon Kindle Fire sempat membuat ledakan penjualan saat pertama diluncurkan. Tetapi sayangnya kemudian tablet Amazon Kindle Fire kehilangan pasar pembelinya dalam jumlah yang sangat besar.

amazon kindle fire tablet Lazada Indonesia

Mungkin vendor raksasa dengan kegagalan terbesar dalam pertandingan tablet ini adalah Microsoft, yang meskipun menunjukkan sistem operasi yang benar-benar baru, bahkan tidak mencapai puncak IDC 5 daftar vendor.

Inilah data menurut pusat riset IDC, 5 vendor teratas pada tahun untuk penjualan pasar tablet pada kuartal 4 2012:

1. Apple Inc., 22.9 juta pengiriman.
2. Samsung Electronics Co., 7.9 juta pengiriman.
3. Amazon.com Inc., 6 juta pengiriman.
4. Barnes & Noble., 1 juta pengiriman.
5. Seluruh Vendor Tablet lainnya termasuk Microsoft, 11.6 juta pengiriman.

About the Author

Fariz Ilman Sr. Content Marketing di Lazada Group

PROMOTION

homepage