Semua Kegiatan Menjadi Ibadah Jika Menempuh 5 Syarat Ini!

Artikel ini di Submit Pada 08/07/2015 Oleh fatimah

 

Semua kegiatan menjadi ibadah jika menempuh 5 syarat ini! — Di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, yuk kita sama-sama memperbanyakkan ibadah dengan niat karna Allah , apalagi pada bulan ini Allah akan melipat gandakan pahala kebaikan kita, rugi sekali jika kita menyia-nyiakannya, ibarat sedang bermain game Minions, sangat rugi jika kita menyia-nyiakan bonus Unicorn atau penyedot pisang untuk menambah stok pisang kita agar lebih banyak begitu saja.

 

Lalu apakah dengan memperbanyak ibadah kita gak bisa bekerja? Gak bisa bergaul dengan teman? Karena kita harus selalu berada di Masjid? Jawabannya: BISA! Karena ibadah tak selalunya di Masjid, makan bisa menjadi ibadah, masak menjadi ibadah, berjualan menjadi ibadah bahkan ngobrolpun menjadi ibadah namun jika menempuh 5 syarat ini.

 

1. Niat mesti betul.
Yang pertama niat mesti karena Allah , karena segala sesuatu itu dilakukan dari niat, sebagai contoh yang sederhana, yuk kita lihat bagaimana makan menjadi ibadah? Jika kita ingin makan maka kita niatkan makan karena Allah , agar setelah makan badan semakin bertenaga sehingga mudah untuk membuat kebaikan-kebaikan yang lain.

 

2. Perkara yang dibuat sesuai dengan syariat Islam.
Tentu kita sudah tahukan didalam islam ada perkara yang halal dan haram, yuk kita lanjutkan contoh tadi, jika kita makan, maka hendaklah makan makanan yang halal dan suci, jika kita sudah niat makan karena Allah namun yang kita makan adalah makanan haram maka kita sudah gagal dong disyarat yang ke 2 ini, semoga kita bisa melaksanakan syarat ke dua ini dengan baik ya!

 

3. Pelaksanaan mesti sesuai dengan syariat Islam.
Nah syarat yang ke 3 ini maksudnya ialah kita melaksanakan kegiatan – kegiatan itu dengan cara yang ditetapkan oleh syariat Islam. Masih melanjutkan contoh tadi, ketika kita makan hendaklah ikut adab-adab yang diajarkan dalam Islam seperti makan dalam keadaan duduk, menutup kepala, makan dengan tangan kanan dan sebagainya, nah jika kita sudah melaksanakan syarat ke 3 ini maka kita sudah hampir berhasil nih menjadikan makan sebagai ibadah. Ayo lanjut ke syarat selanjutnya!

 

4. Natijah atau hasilnya untuk kebaikan.
Lanjut contoh tadi ya! Setelah makan hasilnya tentu badan akan semakin segar dan lebih bertenaga, eitss jangan langsung tidur dong habis makan! Ingat kembali syarat yang pertama, yaitu kita berniat jika bertenaga maka akan lebih mudah membuat kebaikan-kebaikan yang lain, namun kadang disyarat yang ke empat inilah godaan terberat, kita selalu lupa niat awal, contoh hasil untuk kabaikan ialah, jika kita seorang anak maka hendaklah sesudah makan kita membantu ibu mencuci piring, membersihkan meja makan dan bertanya pada ibu hal apalagi yang bisa dibantu.

 

5. Tidak meninggalkan ibadah yang asas.
Tidak meninggalkan ibadah yang asas itu ialah tidak meninggalkan rukun Islam yang 5, sudah hafal semua kan rukun Islam? Nah jika kita tadi mencontohkan makan, maka jangan sampai karena makan kita jadi tidak shalat, jangan sampai karena makan kita jadi meninggalkan ibadah puasa wajib dibulan Ramadhan ya!

 

Nah itu tadi 5 syarat yang wajib ditempuh agar semua kegiatan kita menjadi ibadah, tidak banyak syaratnya namun harus sungguh-sungguh dilaksanakan. Yuk kita coba praktekkan seperti contoh di atas disaat waktu berbuka puasa dan sahur nanti! Semoga kita dapat menjadi hamba-hamba Allah yang cinta dan takut Allah dan merindui Rasul. Aamiin. Semoga bermanfaat buat kita semua ya!

 

Lazada-blog-finalist125

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage