SEDEKAH DI BULAN BERKAH

Artikel ini di Submit Pada 2015/07/02 Oleh RINI WIDAYATI

 

SEDEKAH DI BULAN BERKAH — Di hari ke-13 bulan Ramadhan kemarin aku mendapat berita yang sangat mengejutkan. Salah satu sahabat adikku menderita kanker panyudara stadium empat sejak beberapa tahun yang lalu. Hanya kondisinya sekarang sangat mengenaskan. Darah sering keluar dari lukanya apabila ia telat menyedotnya. Tetapi biaya sekali sedot empat juta dan harus ke Jakarta. Setelah beberapa kali sedot, ia tidak sanggup lagi dengan biayanya. Sanggupnya hanya pergi berobat dengan BPJS dan itupun jauh dari harapan. Ia harus keluar masuk rumah sakit. Per tiga hari harus pulang karena itu salah satu aturannya. Maka dengan berat hati ia membuka rekening sumbangan yang diedarkan ke mantan teman-teman se-kantornya. Harapan lebih lanjut rekening tersebut disebarluaskan lewat jejaring sosial. Dan Alhamdulillah sumbangan sudah terkumpul. Mudah-mudahan bisa meringankan pengobatannya. Ya Allah, angkatlah sakit dan penderitaan yang dialami saudara kami.

 

Di bulan ini, kita tidak hanya melihat satu fakta yang memerlukan uluran tangan kita sebagaimana di atas. Masih banyak lagi bentuk-bentuk donasi serupa yang menanti bantuan dari kita yang mampu dan mau beramal di bulan suci ini. Anak yatim, anak-anak panti asuhan, anak-anak jalanan, janda-janda tua, orang-orang berekonomi lemah di sekitar kita, dan orang-orang yang tidak mampu nun jauh di kampung halaman kita. Banyak sekali yang memerlukan sebagian rejeki kita. Tetapi apa daya, kadang kemampuan kita memberi belum bisa menjangkau seluas yang kita inginkan.

 

Di satu pihak, kita yang mempunyai kemauan memberi donasi kemampuannya terbatas. Tetapi di pihak lain, orang mempunyai kemampuan melampaui batas tetapi kemauannya beramalnya terbatas. Mungkin karena pengetahuan agama yang kurang dan sifat duniawi yang masih dominan. Bahwa harta adalah segalanya seakan ia akan hidup lama di bumi ini. Padahal kalau kita sadar apa yang diberikan untuk orang lain itulah harta yang hakiki dan kita bawa mati, maka betapa dahsyatnya pahala Ramadhan kali ini. Selain pahala yang kita kantongi, orang lain akan ikut merasakan kebahagiaan. Double keuntungan. Keuntungan kebahagiaan akherat yang telah dijamin oleh Allah dan keuntungan karena membahagiakan orang lain. Bukankah hati kita akan merasa lapang dan ikut bergembira apabila melihat orang lain ikut menikmati kebahagiaan kita?

 

Mumpung pintu surga dibukakan di hadapan kita, marilah berkompetisi memenangkan pahala level platinum di bulan suci ini. Andaikan harta kita terbatas, masih banyak yang bisa kita lakukan. Membantu membereskan karpet masjid seusai tarawih, menata hidangan menjelang buka puasa di masjid, mengucap salam dan tersenyum pada orang yang menyapa kita adalah sedekah-sedekah gratis yang berpahala. Atau kalau kita mempunyai harta yang berlebih, mari jangan lupakan zakat mal dan berlamba-lomba untuk berbagi. Sesungguhnya sedekah akan menghapus dosa, mendapat naungan di hari akhir, memberi keberkahan pada harta kita, dan akan ada pintu surga yang hanya dapat dimasuki oleh orang-orang yang bersedekah. Mari kita ingat janji Allah dalam QS Al. Hadid 18, bahwa pinjaman yang baik niscaya akan dilipatgandakan ganjaran pahalanya.

 

Mudah-mudahan dengan sedekah pula kita terhindar dari panas dan siksanya api neraka. Ya Allah, jadikan kami golongan orang-orang yang ringan bersedekah dan jadikan kami orang-orang yang beriman sebagaimana dicontohkan kekasihmu, Muhammad SAW. Amin.

Lazada-blog-finalist125

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage