Samsung Galaxy S4 VS iPhone 5: Perbandingan Spesifikasi & Review


Pantaskan Samsung Galaxy S4 Diperbandingkan Dengan iPhone 5? — Galaxy S4 dan iPhone 5, mungkin kedua ponsel ini bukanlah dua buah gadget yang pantas untuk diperbandingkan, mengapa? Utamanya adalah karena basis sistem operasi keduanya pun berbeda, S4 dengan Android sedangkan iPhone 5 dengan iOS. Namun, berkat teknologi high-end dan gembar gembor mengenai kecanggihan kedua ponsel ini, belakangan S4 dan iPhone menjadi dua buah pilihan sulit.

Bagi seseorang yang sebelumnya terbiasa menggunakan ponsel Android mungkin memiliki pertanyaan: “Apakah ini saatnya berpindah ke produk Apple (iPhone 5)?” Begitu juga dengan pengguna iPhone: “Apakah dengan kecanggihan fitur S4, ini saat yang tepat untuk beralih ke produk Apple?”

galaxy s 4 vs iphone Samsung Galaxy S4 VS iPhone 5: Perbandingan Spesifikasi & Review

Yap, Kami berharap pertanyaan-pertanyaan semacam ini akan terjawab pada post perbandingan Samsung s4 vs iPhone 5 ini. Seperti kita tahu keduanya adalah jagoan atau pemain utama dari masing-masing produsen. Perbandingan ini bukanlah untuk mencari mana yang lebih unggul diantara keduanya, namun lebih kepada mendapatkan apa sebenarnya yang Anda butuhkan dari sebuah ponsel High-End seharga 7-8 jutaan, mari kita simak.

Harga — Galaxy S4 vs iPhone 5

*Samsung Galaxy S4 – RP 6.934.900

*iPhone 5 – RP 7.365.000

Tidak diragukan lagi, untuk Anda yang memiliki niat mengeluarkan budget maksimal untuk sebuah gadget, kedua ponsel ini memiliki teknologi yang sebanding dengan harganya. Lucunya pada awal-awal perilisannya Samsung Galaxy S4 memiliki harga yang menyentuh 7 jutaan rupiah, bahkan lebih mahal dibanding iPhone 5, kini harga iPhone tetap bertahan selagi harga Samsung Galaxy S4 menjadi lebih murah terpaut 400-500 ribuan dengan iPhone 5.

Berbicara mengenai harga, kita dapat menghubungkannya ke harga jual kembali. Harga jual sebuah iPhone 5 dapat mencapai 5.5 juta rupiah sedangkan Samsung S4 bisa kita jual seharga 4.5 -5 juta rupiah, hal ini terjadi mungkin dikarenakan Apple merupakan produk ekslusif sedangkan S4 adalah produk dengan OS Android dimana sangat banyak pesaing smartphone Android lainnya seperti Google Nexus, LG Optimus, dan banyak lagi, sehingga Galaxy S4 pun perlu bersaing dalam segi harga sementara iPhone tidak perlu bersaing dengan siapapun.

 

Desain & Ukuran – Galaxy S4 vs. iPhone 5

BODI Tipe Galaxy S4 iPhone 5
Dimensi 136.6 x 69.8 x 7.9 mm 123.8 x 58.6 x 7.6 mm
Bobot 130 g 112 g

Desain kedua ponsel ini sangat ekslusif, terutama pada iPhone 5, mari kita lihat dari segi bahan yang digunakannya dahulu. Bila kita melihat masing-masing predesornya, iPhone 4/4s 80% masih menggunakan bahan plastik, begitu juga dengan Galaxy S3. Pada generasi baru ini iPhone 5 telah menggunakan bahan alumunium hampir disekujur bodinya. Bagaimana dengan S4? S4 kini telah mengaplikasikan material alumunium pula namun hanya pada bagian pinggir (bezel) nya saja. Walau bagian belakang dan depan S4 masih plastik namun desainnya kini lebih tegas dan kaku sehingga terlihat elegan.

Samsung Galaxy S4 vs Apple iPhone 5 lazada indonesia Samsung Galaxy S4 VS iPhone 5: Perbandingan Spesifikasi & Review

Bila Anda tipe seorang yang memperhatikan detail sebuah produk, maka iPhone 5 akan memuaskan hasrat Anda. Bodi Alumunium terasa dingin digenggaman, bahkan Apple meng-klaim bahwa bagian bezelnya di potong oleh perusahaan jam tangan sehingga hasilnya sangat presisi. Di sisi lain Galaxy S4 memiliki desain dan ukuran yang memberikan perasaan “pipih namun lebar” namun tetap masih nyaman dinavigasi menggunakan satu tangan, namun kami ragu apabila seseorang seperti wanita yang memiliki jari-jari kecil mungkin sedikit sulit menggunakan S4 dengan satu tangan.

 

Layar — Galaxy S4 vs. iPhone 5

LAYAR Galaxy S4 iPhone 5
Tipe Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors LED-backlit IPS LCD, capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran 1080 x 1920 piksel, 5.0 inci Kerpatan ~441 ppi 640 x 1136 piksel, 4.0 inci Kerapatan ~326 ppi
Multitouch YA YA
Protection Corning Gorilla Glass 3 Corning Gorilla Glass, oleophobic coating

Dari spesifikasi diatas terlihat bahwa layar yang dimiliki oleh Galaxy S4 lebih mumpuni, mulai dari resolusinya yang sudah Full HD sampai proteksi layar yang sudah Corning Gorilla Glass 3. Ukuran layarnya pun jauh berbeda, galaxy S4 lebih besar terpaut 1 inci, hal ini dengan tegas menyatakan bahawa pengguna S4 akan dimanjakan saat bermain game, menonton video game maupun sekedar browsing. Teknologi Super AMOLED pada S4 juga menjadikannya unggul pada warna hitamnya yang sangat hitam.

iphone 5 galaxy s4 lazada indonesia Samsung Galaxy S4 VS iPhone 5: Perbandingan Spesifikasi & Review

Singkatnya, teknologi IPS memberikan Anda tampilan layar yang nyata dan memberikan gambar yang tetap jelas di lingkungan seterang apappun seperti dibawah terik matahari. Sedangkan Super Amoled akan terlihat lebih unggul ketika Anda menggunakannya pada ruangan yang gelap.

Mesin & Memory — Galaxy S4 vs. iPhone 5

Performa Galaxy S4 iPhone 5
OS Android OS, v4.2.2 (Jelly Bean) iOS 6, upgradable to iOS 6.1.4, planned upgrade to iOS 7.0
Chipset Exynos 5 Octa 5410 Apple A6
CPU Quad-core 1.6 GHz Cortex-A15 & quad-core 1.2 GHz Cortex-A7 Dual-core 1.3 GHz
GPU PowerVR SGX 544MP3 PowerVR SGX 543MP3 (triple-core graphics)
Card slot microSD, up to 64 GB -
Internal 16/32/64 GB storage, 2 GB RAM 16/32/64 GB storage, 1 GB RAM

Diatas kertas Galaxy S4 tentunya terlihat memiliki spesifikasi yang jauh lebih unggul dibanding iPhone 5. Namun, kinerja yang sebenarnya hanya dapat ditentukan ketika pengguna telah mencoba memakai kedua ponsel ini. Kami telah mencoba menggunakan kedua ponsel ini, hasilnya iPhone 5 entah bagaimana masih terasa lebih responsif. Waktu load aplikasi dan membuka browser memang S4 lebih unggul, namun ketika kita dalam kegiatan sehari-hari dengan menggunakan sebuah smartphone, iPhone 5 terasa lebih mudah dinavigasikan dan lebih simple.

Bila kita berbicara kinerja, hal ini juga berhubungan dengan OS yang digunakan. Pada OS Android banyak iklan-iklan dari luar yang cukup mengganggu, sedangkan iOS sangat jarang ada iklan yang masuk ke ponsel ini. Namun jika Anda tipe orang yang suka mengutak-atik isi sebuah smartphone tentu S4 sangat cocok untuk Anda, karena Anda bisa mendownload apapun dan mengkostumisasi widget, themes, dan banyak lagi pada S4 Anda sejauh kekreatifan Anda.

Kamera — Galaxy S4 vs. iPhone 5

KAMERA Utama 13 MP, 4128 x 3096 piksel, autofocus, LED flash 8 MP, 3264×2448 piksel, autofocus, LED flash
Fitur Dual Shot, Simultaneous HD video and image recording, geo-tagging, touch focus, face and smile detection, image stabilization, HDR Simultaneous HD video and image recording, touch focus, geo-tagging, face detection, panorama, HDR
Video YA, 1080p@30fps, dual-video rec. YA, 1080p@30fps, video stabilization
Kamera Depan YA, 2 MP,1080p@30fps, dual video call YA, 1.2 MP, 720p@30fps, face detection, FaceTime over Wi-Fi or Cellular

Spesifikasi kamera pengambil gambar dan video pada Samsung Galaxy S4 jauh lebih baik dibanding iPhone 5, fiturnya pun lebih banyak dibandingkan dengan produk Apple paling anyar ini. Teknologi canggih kamera seperti Smile detection juga dapat membuat para penggemar fotografi ponsel tercengang, pasalnya fitur ini biasanya hanya ditemukan pada kamera digital high-end.

iphone 5 camera 640x469 Samsung Galaxy S4 VS iPhone 5: Perbandingan Spesifikasi & Review

Untuk kamera depan pun Samsung Galaxy S4 memiliki kualitas yang lebih baik, yaitu 2 MP terpaut 0.8 MP lebih besar dibanding iPhone 5. Dengan kualitas ini, menggunakan kamera depan maupun belakang, hasil foto sama-sama terlihat menabjubkan.

Fitur Unggulan — Galaxy S4 vs. iPhone 5

Fitur-fitur pada Samsung Galaxy S4 telah terbukti sangat hebat. Fitur terbaru ini bahkan belum ada di Android-android lainnya seperti: Gestures, Voice, and Motion Control, Fitur Motion Control, S Voice Drive, Smart Screen. Untuk lebih tahu mengenai apa fungsi fitur-fitur baru ini silahkan baca post berikut –> http://blog.lazada.co.id/9-fitur-terbaik-dari-samsung-galaxy-s4-terbaru/

Disisi lain iPhone masih belum memiliki fitur yang benar-benar baru pada iOS, namun ada salah satu fitur dengan terobosan yaitu kini facetime yang tadinya hanya dapat dilakukan dengan koneksi Wi-Fi kini dapat dilakukan menggunakan koneksi 3G. Dengan fitur baru ini Anda bisa melakukan video calling dimana saja dan kapan saja.

Konklusi – Pilih Sesuai Kebutuhan Anda

Akhirnya kita sampai pada kesimpulan, tentunya kedua ponsel ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tinggal bagaimana kita menyesuaikannya saja dengan kebutuhan kita.

*iPhone 5:  Ponsel keluaran Apple ini memiliki desain dan materila yang benar-benar baru dari sebelumya, dari detail hingga material semua sangat diperhatikan oleh produsen ternama ini.

Walau belum memiliki suatu fitur yang benar-benar baru namun sebuah iPhone selalu dapat memikat hati dengan desain dan cara navigasi tiap menunya yang sangat simple. sehingga siapapun Anda, se-awam apapun Anda terhadap teknologi, Anda pasti akan cepat dapat menavigasikan sebuah iPhone dengan baik.

iPhone juga sangat nyaman untuk Anda yang ingin terlindungi dari berbagai iklan-iklan tak diundang yang terkadang menyelinap muncul seperti pada smartphone Android, termasuk Galaxy S4. Tiap aplikasi pada apple store pun telah melewati beberapa tahap untuk dapat Anda download di kemudian hari, sehingga kenyamanan Anda dalam memiliki sebuah aplikasi pada produk-produk Apple sangat terjamin.

*Samsung Galaxy S4: Samsung Galaxy S4 tentunya adalah salah satu pilihan dari banyak ponsel ber-OS Android yang beredar, namun yang satu ini sangat menonjol dengan spesifikasinya yang sangat tinggi muali dari prosesor, layar, kamera hingga fitur sangat terjamin keunggulannya! Bila Anda mencari sebuah Android, inilah Android terbaik yang bisa Anda miliki sekarang ini.

Fitur-fitur terbaru yang dimilikinya akan membuat Anda bagaikan memiliki asisten pribadi yang sangat praktis, canggih dan berkesan diantara smartphone lain milik kawan Anda. Kompabilitasnya untuk dilakukan rooting pada Android juga membuat penggunanya dapat dengan bebas meng-kustomisasi smartphone Anda sehingga S4 Anda lebih ter-personalisasi.

Harga yang lebih murah dari iPhone juga menjadi daya tarik, dengan harga yang lebih murah Anda mendapatkan spesifikasi yang lebih baik dari iPhone 5.

Produk Apple Terlaris di lazada:

apple1 Samsung Galaxy S4 VS iPhone 5: Perbandingan Spesifikasi & Review

 

apple2 Samsung Galaxy S4 VS iPhone 5: Perbandingan Spesifikasi & Review

Label:

About the Author

Fariz "Wawa" Ilman adalah senior content marketing di Lazada Indonesia dan juga seorang yang humoris dan senang tertawa. http://www.blog.lazada.co.id/category/techno