Samsung Galaxy Note 3 vs Sony Xperia Z Ultra: Perbandingan 2 Phablet Terbaik

Samsung Galaxy Note 3 vs Sony Xperia Z Ultra: Perbandingan Phablet — Bagi Anda yang belum tahu apa itu Phablet, Phablet adalah sebutan gadget berlayar 5.5 inci s/d 7 inci, atau mudahnya sebuah phablet terlalu besar untuk disebut sebagai smartphone namun juga terlalu kecil untuk disebut tablet, beberapa pendapat menyebutkan phablet merupakan singkatan dari Phone-Tablet.

Promo Samsung Galaxy Note 3 Hanya Rp 7.990.000 (Termurah Se-Indonesia) di lazada.co.id Klik Disini >

galaxy note 3 vs sony ultra z lazada indonesia

Bagi Anda yang berniat untuk memiliki sebuah phablet, kini terdapat dua pilihan phablet terbaik dari dua merk terbaik. Samsung Galaxy Note 3 yang baru saja rilis minggu ini dan Sony Z Ultra yang sudah lebih dulu populer. Mana yang terbaik untuk Anda? Mari kita ungkap bersama review & spesifikasi dari kedua phablet android terbaru ini.

Keunggulan — Galaxy Note 3 vs. Xperia Z Ultra

BODI Dimensi 151.2 x 79.2 x 8.3 mm 179.4 x 92.2 x 6.5 mm
Bobot 168 g 212 g
Fitur – S Pen stylus – IP58 certified – dust and water proof
– Water resistant over 1 meter

Sony Xperia Z memiliki keunggulan yang jarang dimiliki phablet bahkan gadget lain, yaitu bodinya yang anti air dan debu (IP58 certified). Bayangkan saja dengan kemampuan ini kita dapat dengan leluasa menggunakan Z Ultra pada kondisi misalkan kita sedang berenang atau bertualang di alam bebas tanpa kuatir phablet ini rusak.

Di sisi lain Galaxy Note 3 juga memiliki kemampuan yang tidak dimiliki Ultra Z, yaitu S-Pen. Samsung menyematkan sebuah stylus pada bodi setiap generasi Galaxy Note, termasuk galnote 3 ini. S-pen memberikan pengalaman menggunakan tablet yang sempurna, dengan S-pen kita dapat menavigasi, menggambar dan banyak hal menarik lainnya yang “kurang asik” dilakukan oleh jari.

Layar — Galaxy Note 3 vs. Sony Z Ultra

LAYAR Tipe Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors Capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran 1080 x 1920 pixel, 5.7 inci, Kerapatan ~386 ppi 1080 x 1920 pixel, 6.4 inci, Kerapatan ~344 ppi
Multitouch YA YA, up to 10 fingers
Teknologi – Shatter proof and scratch-resistant glass
– Triluminos display

Samsung Galaxy Note 3 menggunakan layar berteknologi Super AMOLED berukuran 5.7 inci dengan resolusi full HD 1920 x 1080 piksel. Senada dengan Sony, Sony Xperia Z juga menggunakan resolusi  full HD 1920 x 1080 piksel, namun layarnya sedikit lebih besar yakni 6.4 inci dan teknologi layarnya pun bukan AMOLED atau IPS melainkan Triluminos dan X-Reality Engine.

Apasih teknologi Triluminos dan X-Reality Engine? Ia merupakan teknologi yang digunakan pada televisi keluaran Sony, Menurut MIT Technology Review, layar Triluminos menawarkan gamut warna yang 50 persen lebih besar daripada panel LCD konvensional. Bagaimana mungkin? Dengan menggunakan titik-titik kuantum (quantum dots). Intinya sebuah pengalaman yang benar-benar baru untuk dapat mencicipi teknologi triluminos dan X-reality Engine pada Sony Xperia Ultra Z.

Performa — Galaxy Note 3 vs. Sony Z Ultra

PROSESOR OS Android OS, v4.3 (Jelly Bean) Android OS, v4.2 (Jelly Bean)
Chipset Qualcomm Snapdragon 800 Qualcomm MSM8274 or MSM8974 Snapdragon 800
CPU Quad-core 2.3 GHz Krait 400 (LTE model)/ Quad-core 1.9 GHz Cortex-A15 & quad-core 1.3 GHz Cortex-A7 (3G model) Quad-core 2.2 GHz Krait 400
GPU Adreno 330 (LTE model) Adreno 330
KAPASITAS Card slot microSD, up to 64 GB microSD, up to 64 GB
Internal 32/64 GB storage, 3 GB RAM 16 GB, 2 GB RAM

Menariknya, Samsung Menyediakan 3 pilihan pada Galaxy Note 3. yaitu:

  • Samsung Galaxy Note 3 N9000
  • Samsung Galaxy Note 3 N9002 — Dengan dukungan dual-SIM card
  • Samsung Galaxy Note 3 N9005 — Dengan dukungan Konektivitas LTE

Sehingga pengguna dapat memilih mana model Galnote 3 yang paling tepat bagi kebutuhannya. Di Indonesia misalnya, kita tidak perlu boros membeli versi LTE karena disini belum ada operator yang secara optimal memiliki fitur koneksi LTE.

Disini lain Xperia Z Ultra hanya tersedia satu pilihan dengan fasilitas LTE. Singkatnya, jika membandingkan keduanya, secara garis besar performa mesin keduanya tidak jauh berbeda, atau bisa dibilang satu “kelas”. Urusan kapasitas, kedua phablet ini memiliki slot MicroSD, sehingga tidak ada kekuatiran akan kehabisan kapasitas.

Mana Yang Lebih Baik Untuk Anda? — Galaxy Note 3 vs. Sony Z Ultra

Sony Xperia Z Ultra dengan kemampuan anti air dan debu akan sangat cocok bagi Anda yang memiliki kegiatan diluar ruangan namun tetap membutuhkan PC yang mobile sebagai teman petualangan Anda. Sedangkan bagi Anda yang senang mengekplorasi kreativitas, S-Pen pada Samsung Galaxy Note 3 akan membuat Anda betah berlama-lama “memainkan” phablet Samsung ini.

Layar Sony Xperia Z Ultra yang lebih besar ditambah teknologi barunya, memberikan Anda pengalaman baru yang memuaskan dalam menikmati hiburan seperti menonton video HD, bermain game atau sekedar browsing. Sementara galaxy Note 3 memiliki layar yang sudah umum digunakan pada gadget Android. Walau begitu Samsung Galaxy Note 3 memberikan Anda beberapa pilihan model yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

[button size=medium style=less_round color=blue align=none url=http://www.lazada.co.id/?utm_source=officialblog&utm_medium=blog&utm_campaign=blogging_galnote3vsZultra]Klik Untuk Masuk Homepage Lazada.co.id & Temukan Deals Menarik![/button]

About the Author

Fariz Ilman Sr. Content Marketing di Lazada Group

PROMOTION

homepage