Samsung Galaxy Note 3 vs Nokia Lumia 1520: 2 Phablet Terbaik!


Adu Gadget Samsung Galaxy Note 3 vs. Nokia Lumia 1520 – Kali ini kita dihadapkan pada dua buah gadget dengan teknologi terbaik dari masing-masing sistem operasi yang dibawanya, Android dan Windows Phone 8. Samsung Galaxy Note 3 yang merupakan phablet Android paling high-end, sementara Nokia Lumia 1520 merupakan windows phone pertama yang dipersenjatai dengan quad-core snapdragon 800 dan layar besar full HD. Mana yang lebih baik? Mari kita intip satu persatu fitur mereka.

nokia lumia 1520 vs samsung galaxy note 3 adu gadget lazada indonesia

Seperti kita tahu bersama Nokia Lumia 1520 masih belum dapat ditemukan di tanah air, sedangkan Samsung Galaxy Note 3 sudah tersedia dimana-mana. Jadi sebelum Anda buru-buru memutuskan Note 3 merupakan phablet terbaik dan membelinya, mungkin ada bainya Anda membaca ada gadget kali ini, siapa tahu Lumia 1520 merupakan gadget yang pantas dinanti untuk menggantikan Note 3.

Kelebihan Lumia 1520 dibanding Galaxy Note 3:

  • Spesifikasi layarnya sedikit lebih tinggi
  • Sensor kamera lebih besar
  • Memiliki Optical image stabilization
  • FM Radio
  • Baterai jauh lebih bertahan lama
  • 4 buah Mic (WDR audio recording)
  • Peta dapat digunakan offline (offline Maps)

Kelebihan Galaxy Note 3 dibanding Lumia 1520:

  • Sylus S-Pen
  • Harga yang lebih murah
  • Ukuran lebih kompak
  • Bobot lebih ringan
  • RAM lebih besar
  • Kecepatan prosesor sedikit lebih tinggi
  • Video recording 2160p
  • Kamera depan 2 MP
  • Sensor Temperatur
  • Infrared untuk aplikasi remote

Sekilas yang dapat kita lihat adalah layar Lumia 1520 tentu lebih besar, desain keduanya juga berbeda jauh satu sama lain. Mengintip kedalam jeroan mesin, prosesor yang digunakan keduanya sama-sama mengusung Snapdragon 800 yang merupakan chipset paling high-end saat ini. Lumia mendapatkan keuntungan dari software Windows seperti Microsoft Office yang merupakan software paling umum digunakan berbagai kalangan, sedangkan Note dipersenjatai berbagai google service seperti Gmail, Gdocs, Gmaps dan banyak lagi. Keduanya sama-sama memilki software yang vital dan penting untuk kegiatan sehari, benar-benar persaingan yang ketat.Yuk, kita kulik lebih dalam spesifikasi masing-masing gadget canggih ini.

Desain & Ukuran – Leather vs. Unibody

samsung galaxy note 3 vs nokia lumia 1520 blog lazada indonesia-2

Meski temanya sama-sama phablet namun keduanya memiliki desain yang benar-benar berbeda satu sama lainnya. Samsung Galaxy Note 3 bukan hanya lebih tipis dibandingkan Lumia 1520 namun juga lebih pendek dan ramping. Begitu juga dengan bobotnya, Lumia memiliki berat 209 g sedangkan Note hanya 168 g, mungkin karena baterai lumia yang berkapasitas lebih besar. Lumia 1520 desainnya tidak jauh berbeda dengan seri-seri Lumia lainnya, bagaikan Lumia 920 namun versi besar, sedangkan Note 3 memiliki sesuatu yang berbeda yaitu case belakang yang dilapis kulit membuatnya terlihat seperti gadget premium nan elegan.Kesimpulan: Jika Anda penyuka gadget dengan desain yang lebih menarik, Note 3 akan lebih cocok untuk Anda, sedangkan Lumia lebih cocok untuk Anda yang ingin tampil beda.

Layar – Super AMOLED vs. ClearBlack LCD

samsung galaxy note 3 vs nokia lumia 1520 blog lazada indonesia-2 (2)

Layar kedua phablet ini memiliki teknologi terbaik dari masing-masing produsen baik Nokia maupun Samsung. Pertama-tama Nokia Lumia 1520 memiliki layar yang lebih besar yakni 6-inci, dibandingkan dengan Note 3 yang berukuran 5.7-inci. Keduanya memiliki resolusi yang sama yakni 1080 x 1920, namun Galaxy Note 3 memiliki tingkat kerapatan yang lebih tinggi yakni 386 ppi dibandingkan 367 ppi miliki Lumia.

Teknologi layar yang berbeda memberikan sensasi berbeda pula. Samsung Galaxy Note 3 dengan Super AMOLED memberikan warna hitam yang lebih dalam  (deep black). Sedangkan layar Nokia Lumia 1520 dengan IPS LCD ClearBlack Display memeberikan profil warna yang lebih alami dan terasa “adem”. Kesimpulan: IPS LCD yang dimiliki Lumia 1520 sangat unggul pada ruangan yang terik bahkan dibawah sinar matahari langsung. Sedangkan untuk pengalaman baru dalam menikmati layar, mata Anda akan lebih dimanjakan oleh Samsung Galaxy Note 3.

Kamera – 13 MP vs. 20 MP

Nokia kerap memnyematkan kamera berkualitas tinggi pada tiap ponselnya, tak terkecuali Lumia 1520. Tidak mau ketinggalan dalam teknologi kamera, Lumia 1520 dipersenjatai kamera berkekuatan sensor 1/25″ dengan resolusi 20 MP. Sedangkan sensor Galaxy Note 3 berukuran 1/3.06″ dengan resolusi 13 MP, artinya Lumia memiliki sensor yang 50% lebih besar dibandingkan lawannya tersebut.

Interface – Produktivitas vs. Simple Minimalis

Masing-masing platform windows 8 dan Android berjalan snagat baik pada ponsel-ponsel high-end ini. Dengan Lumia kita mendapatkan layar sangat efisien memanfaatkan tiap sudutnya untuk menu-menu dan notifikasi yang masuk sehingga semua terlihat jelas dan mudah diakses. Disisi lain Galaxy Note 3 sangat unggul pada kegiatan multitasking dan produktivitas berkat S-Pen stylus yag disediakannya.

Kesimpulan Adu Gadget

Nokia Lumia 1520 dan Samsung Galaxy Note 3 sama-sama memberikan teknologi terbaik pada sektor kamera, produktivitas, layar yang nyaman untuk bermain game atau video dan banyak lagi. Berkat kecanggihan keduanya, pada akhirnya kita sebagai konsumen akan membandingkan bukan gadgetnya namun Windows Phone platform dan Android Platform. Apapun pilihan Anda kini adalah sesuai kebutuhan Anda, jika Anda adalah seseorang yang sangat bersentuhan dengan Tools Google tentunya Samsung Galaxy Note 3 adalah yang terbaik untuk Anda, namun bagi yang lebih suka berfoto atau mengendalikan semua menu dnegan mudah, Lumia 1520 akan lebih memberikan kepuasan untuk Anda.Berikut Spesifkasi teknis dari kedua phablet top-end ini.

Untuk kamu yang masih penasaran dengan detail spesifikasi kedua ponsel ini, silahkan klik link berikut ini: http://www.gsmarena.com/compare.php3?idPhone2=5760

Berikut Baterai Test yang dikeluarkan oleh GSMarena:

baterai test

HP Android Samsung Terlaris Di Lazada:


samsung galaxy grand lazada indonesia

samsung coconut

 

samsung galaxy core

samsung galaxy young

About the Author

Fariz Ilman Sr. Content Marketing di Lazada Group

PROMOTION

homepage