Review & Spesifikasi Sony Xperia Z4

Review & Spesifikasi Sony Xperia Z4 — Sony perkenalkan smartphone Android terbarunya Sony Xperia Z4, pada event yang digelar di Jepang beberapa waktu lalu. Sony Xperia Z4 yang masih berbekal bodi kedap air ini tampil lebih tipis dibanding pendahulunya, Xperia Z3.

 

sony-xperia-z4-review-spesifikasi-indonesia

> Lihat Daftar Harga Smartphone Sony Terbaru Disini

Selain sektor fisik, beberapa peningkatan juga terjadi pada sektor kamera dan prosesor. Selain itu Xperia Z4 yang merupakan generasi terbaru dari seri teratas (Z Series) ini disinyalir bukanlah ponsel flagship kerena Sony hanya meluncurkannya di Jepang dan tanpa gembar-gembor yang heboh.

 

Spesifikasi Utama — Sony Xperia Z4:

  • GSM / HSPA / LTE
  • Dimensi & Bobot: 146 x 72 x 6.9 mm, 144 g
  • Layar: 5.2″ IPS LCD, Full HD Display (1080 x 1920 pixel), Kerapatan piksel~424 ppi
  • Sistem Operasi: Android OS, v5.0 (Lollipop)
  • Performa: Qualcomm MSM8994 Snapdragon 810, Octa-core (Quad-core Cortex-A53 & Quad-core Cortex-A5)
  • Kartu Grafis: GPU Adreno 430
  • Kapasitas: 32/64 GB ROM, 3 GB RAM, microSD slot up to 128 GB
  • Kamera: 20.7 MP (2160p@30fps, 1080p@60fps, 720p@120fps, HDR) dan 5.1 MP (1080p@30fps), autofocus, LED flash, 1/2.3” sensor size, geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
  • Wi-Fi: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot
  • Data: Bluetooth v4.1, A2DP, apt-X,  A-GPS, GLONASS, NFC, USB microUSB v2.0 (MHL 3 TV-out), USB Host, TBC Radio
  • Baterai: Non-removable Li-Ion 2930 mAh
  • Warna Casing: White, black, copper, aqua green

 

Desain — Sony Xperia Z4

Soal desain, Sony Xperia Z4 masih belum banyak berubah dengan line-up seri Z lainnya. Tinggi dan lebarnya sama dengan pendahulunya Z3, namun ketebalan lebih tipis terpaut 0,3 mm. Selain lebih tipis, bobot Z4 juga lebih ringan 0,8 gram dibanding dengan pendulunya. Bagian depannya juga tampil lebih simple dengan speaker dan mic yang diletakan pada diujung bezel sehingga hampir tidak terlihat. Varian warna yang dihadirkan masih sama yakni hitam (black), putih (white), biru muda (aqua green) dan merah muda (copper).

 

Layar — Sony Xperia Z4

Sony Xperia Z4 mengusung layar Full HD display (1080 x 1920 pixel) seluas 5.2 inch. Menariknya lagi Sony memadukan layar IPS LCD dengan teknologi Triluminos display dan X-Reality Engine, yang mana kedua teknologi ini merupakan teknologi televisi Bravia yang tidak dapat ditemukan selain pada smartphone Sony Xperia high-end. Dengan kerapatan piksel layar mencapai 424 ppi, Sony Xperia Z4 sangat nyaman pada mata untuk berbagai kegiatan dari bermain game, menonton video klip atau sekedar browsing.

 

Performa — Sony Xperia Z4

Sebagai ponsel Sony teranyar, Xperia Z4 mengusung jeroan performa paling high-end yang bisa didapatkan saat ini. Z4 mengusung prosesor Qualcomm MSM8994 Snapdragon 810 ber-spesifikasi Octa-core (Quad-core Cortex-A53 & Quad-core Cortex-A5) dengan arsitekur 64 Bit. Dipadukan dengan RAM 3 GB yang memastikan kegiatan multitasking dan eksekusi aplikasi yang berat tidak menjadi masalah. Demi menampilkan gambar 3D yang halus dan tampak nyata, kartu grafisnya ditenagai oleh GPU Adreno 430.

 

Kamera — Sony Xperia Z4

Fitur fotografi juga salah satu sektor yang ditingkatkan performanya pada Xperia Z4, kamera utama mengusung kamera berkekuatan 20,7 megapiksel yang dapat menghasilkan foto sebesar 5248 х 3936 pixel dengan kemampuan rekam video 2160p@30fps, 1080p@60fps, 720p@120fps. Seperti pendahulunya lensa Sony menggunakan G Lens buatan Carl Zeiss untuk hasil yang lebih jernih. Sementara kamera depan untuk selfie dan video call punya ketajaman 5 MP dengan kemampuan rekam 1080p@30fps.

Kamera utama-nya dilengkapi pula dengan sederet fitur high-end seperti autofocus, LED flash geo-tagging, touch focus, face detection, HDR dan panorama. Sony menggunakan sensor kamera Exmor RS for Mobile dan teknologi pemrosesan gambar BIONZ yang hebat. Kamera Xperia Z4 juga dibekali dengan sensitivitas cahaya yang mencapai ISO 12800 untuk memotret foto dalam situasi remang-remang.

 

Komunikasi & Data — Sony Xperia Z4

Untuk kemudahan terkoneksi dengan jaringan atau device opsional, Sony Xperia Z4 dilengkapi dengan fitur komunikasi yang lengkap. Mulai dari Wifi, NFC, Bluetooth, GPS dan microUSB tersedia untuk dapat digunakan pada ponsel ini. Seluruh spesifikasi terbaik ini ditenagai oleh baterai berkapsitas 2930 mAh.

 

Kesimpulan — Sony Xperia Z4

Melihat spesifikasi Sony Xperia Z4 memang layak ditunggu kehadirannya di tanah air. Kemampuannya untuk menyelam kedalam air dengan fasilitas fotografi terbaik membuat penggunanya dapat menghasilkan foto yang lebih kreatif dan jernih dalam air. Dukungan 4G LTE juga menjadi nilai jual yang baik, karena kedepannya dipastikan beberapa provider besar di Indonesia bakal mengembangkan teknologi internet super cepat ini. Soal harga pastinya memang bakal tinggi melihat spesifikasi tersebut diperkirakan Sony Xperia Z4 akan hadir seharga 7-9 jutaan. Mari kita nanti bersama kehadiran ponsel ini di Indonesia.

About the Author

Fariz Ilman Sr. Content Marketing di Lazada Group

PROMOTION

homepage