Review Spesifikasi Asus Zenfone 2 (ZE551ML)

Review Asus Zenfone 2 — Asus kembali luncurkan produk terbarunya, Asus Zenfone 2 dan Zenfone Zoom pada ajang CES 2015 silam. Smartphone Android terbaru ini merupakan penerus dari Zenfone 4, 5 dan 6 yang telah meraup kesuksesan terlebih dahulu. Menariknya dengan harga yang tidak jauh berbeda dari pendahulunya tersebut, Asus Zenfone 2 menawarkan spesifikasi yang lebih baik.

 

Asus-Zenfone-2-2015

 

beli sekarang

 

Menariknya lagi, Asus Zenfone 2 merupakan smartphone Android pertama yang mengusung arsitektur 64-Bit dengan RAM 4GB. Saat ini, Zenfone 2 telah tesedia pada beberapa negara-negara tertentu, diantaranya Taiwan, Perancis dan Tiongkok. Melihat kesuksesan yang dirain line-up Zenfone di tanah air, disinyalir tidak lama lagi Asus Zenfone 2 bakalan meluncur pula untuk konsumen di Indonesia. Penasaran dengan Asus Zenfone 2 ini? Simak terus review dan spesifikasi Asus Zenfone 2 selengkapnya.

 

REVIEW – ASUS ZENFONE 2

Asus Zenfone 2 meluncur dalam 2 versi yaitu ZE551ML dan ZE550 ML. Kali ini kita akan membahas versi yakni ZE551ML yang mengusung prosesor Intel Atom Z3580, layar 1080p 5,5 inci, kamera utama 13 megapiksel, dan RAM 4 GB. Belum ada konfirmasi versi mana yang akan meluncur di Indonesia, dikutip oleh blog lazada dari kompas (4/7/2015) Smartphone andalan Asus itu juga akan meluncur di Indonesia dalam waktu dekat, yaitu pada 21 April 2015. Mereka berharap besar pada Zenfone 2 ini.

Usai peluncuran Transformer Book Chi di Indonesia, Asus Regional Director South East Asia, Rex Lee sempat mengungkap perusahaannya bercita-cita menjual 4 juta unit Zenfone 2 di Indonesia. Angka tersebut hampir 4 kali lipat total penjualan smartphone buatannya di 2014 yang tercatat sebesar 1.408.151 unit.

“Kami menarget penjualan 30 juta smartphone di seluruh dunia, dan 8 juta unitsmartphone di Indonesia. Kami berharap setelah peluncuran Zenfone 2 akan ada lonjakan jumlah penjualan. Harapannya sekitar 50 persen dari target penjualan smartphone di Indonesia,” ujarnya saat itu.

 

DESAIN – ASUS ZENFONE 2

Soal desain fisiknya, Asus Zenfone 2 punya tampilan lebih moderen dibandingkan dengan line-up Zenfone terdahulu. Memiliki dimensi yang tipis 152.5 x 77.2 x 10.9 mm dan bobot yang ringan 170-gram. Back cover Zenfone 2 kini lebih ergonomis dan memiliki guratan berpola mirip HTC One M8, meski harganya terjangkau namun desainnya ini membuatnya tampil layaknya ponsel premium.

 

 

JARINGAN & KONEKTIVITAS – ASUS ZENFONE 2

Asus Zenfone 2 merupakan ponsel dengan fitur Dual-SIM, sehingga Anda dapat menggunakan dua nomor handphone Anda dalam 1 handset ini.  Selain itu salah satu slot sim-cardnya sudah mendukung koneksi 4G LTE, meski belum umum di Indonesia, koneksi internet super cepat ini sudah mulai dikembangkan oleh beberapa provider besar tanah air.

Berlanjut ke kompabilitas transfer data, Zenfone 2 juga mendukung koneksi data lengkap seperti: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth v4.0, A2DP, EDR, A-GPS, GLONASS, NFC dan microUSB v2.0.

 

LAYAR – ASUS ZENFONE 2

Seiring semakin populernya bermain game atau menonton video pada smartphone, tampilan layar juga menjadi perhatian Asus pada Zenfone 2. Mengusung layar 5.5-inch Full HD (1080 x 1920 pixel) dengan kerapatan pixel ~403 ppi, layar bertipe IPS LCD miliki Zenfone 2 memberikan tampilan warna yang lebih natural dan tampak nyata.

Bukan hanya nyaman ketika bermain game atau menonton video, sekedar browsing atau menelusuri menu juga menjadi menyenangkan pada Zenfone 2. Memiliki rasio layar kepada dimensi bodi ~70.1% sehingga bezel samping dan atas tampak sangat tipis dan elegan.

 

PERFORMA & KAPASITAS – ASUS ZENFONE 2

Ketika pertama kali produk Asus Zenfone 2 ini di umumkan pada ajang CES 2015 silam, Zenfone 2 di nobatkan sebagai smartphone pertama di dunia yang menggunakan RAM sebesar 4GB, dimana tidak ada ponsel lainnya yang menawarkan memori RAM sebesar itu. Kapasitas untuk menyimpan media file tersedia 3 pilihan 16-GB, 32-GB dan 64-GB, jangan khawatir karena tersedia slot memory card sehingga kita dapat memperluas kapasitas sampai dengan 64GB.

Soal performa, Asus Zenfone 2 dipersenjatai dengan Chipset Intel Atom Z3580 (4 GB RAM model) dan Intel Atom Z3560 (2 GB RAM model). CPU-nya mengusung Quad-core 2.3 GHz (4 GB RAM model) dan Quad-core 1.8 GHz (2 GB RAM model). Demi kenikmatan grafis 3D yang halus, Zenfone 2 dilengkapi dengan kartu grafis GPU PowerVR seri G6430. Seluruh spesifikasi hebat ini berjalan pada Android terbaru yakni Android OS, v5.0 (Lollipop).

 

KAMERA & BATERAI – ASUS ZENFONE 2

Sebagai ponsel masa kini, Asus Zenfone 2 dilengkapi dengan kamera ponsel yang sangat baik. Kamera utama 13-MP dan kamera depan 5-MP, ditambah dengan fitur autofocus, dual-LED (dual tone) flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR. Kamera ini juga dapat merekam video berkualitas Full HD (1080p pada 30 fps). Spesifikasi tersebut ditenagai oleh baterai Li-Po berkapasitas 3000 mAh, yang dapat dilepas ganti. Belum ada keterangan baterai ini dapat bertahan berapa lama.

 

HARGA & KETERSEDIAN – ASUS ZENFONE 2

Seperti disebutkan diatas, Asus Zenfone 2 bakal meluncur di Indonesia pada tanggal 21 April ini. Untuk harganya masih belum diketahui, kemungkinan akan hadir seharga 2-3 jutaan rupiah. Mari kita nantikan bersama kehadiran Asus Zenfone 2 di Indonesia.

About the Author

Fariz Ilman Sr. Content Marketing di Lazada Group

PROMOTION

homepage