Review Apple iOS 7 – Sebuah Perubahan Desain yang Radikal

Review Apple iOS 7 – Sebuah Perubahan Desain yang Radikal — iOS 7, sistem operasi Apple yang eklusif hanya bisa dijalankan pada perangkat iPhone, iPod atau iPad ini, seminggu belakangan menjadi kata kunci pencarian yang meningkat tajam didunia maya. Bukan tanpa alasan, hal ini terjadi karena: Update sistem operasi iOS kali ini mengalami perombakan drastis, bukan hanya perubahan minor seperti yang sudah-sudah.

 

ios-7-lazada-indonesia

“With an all-new design and all-new features, iOS 7 is the world’s most advanced mobile OS. In its most advanced form.”

Pendapat Anda Tentang iOS7?

Itulah sederet kalimat yang terpampang di halaman website iOS 7 pada website resmi Apple. Perubahan drastis ini tampak pada desain UI iOS 7. Tampilan antar-muka iOS yang telah digunakan semenjak iPhone generasi pertama (2007) hadir, kini sudah ditinggalkan. Penasaran seperti apa tampilan iOS 7 terbaru? Mari kita simak bersama reviewnya.

Perbedaan Desain UI iOS 6 & iOS 7

Ketika hadir sebuah sistem operasi baru, kesan awal yang dilihat adalah: apakah tampilan desain ada yang berubah atau tidak. Jika tidak, maka tidak akan terlalu menarik untuk dibahas. Oleh karena itu Blog Lazada kini akan membahas iOS 7 lebih dari segi desain daripada membahas fitur-fitur terbarunya.

lockscren ios 7

iOS 6 VS iOS 7 Lockscreen Display: iOS 7 tampil lebih “clean” berkesan elegan

Pada iOS 7 terbaru ini, Apple men-desain OS yang terkesan Clean. Hal ini sudah tampak dari awal kita membuka layar iOS 7, font jam digital terlihat yang lebih tipis dan halus, garis-garis tegas semua dihilangkan pada layar “Lockscreen” ini. Walau tampil dengan gaya baru, namun mekanisme “slide to unlock” masih dipertahankan, yaitu digeser kesebelah kanan untuk membuka kunci dan geser keatas untuk memulai menggunakan kamera tanpa harus membuka kuncinya.

Perubahan konsep desain yang radikal ini Menurut CEO Apple, Tim Cook:

“The new iOS 7 is radically simplified, incredibly flat, colorful, and multi-layered.”

Perubahan Total Ikon Aplikasi

homescreen ios 7 lazada indonesia

iOS 6 VS iOS 7: Penyesuaian Keseluruhan Themes menyebabkan Seluruh Ikon iOS ikut Diganti.

“lockscreen” hanya awal. Perubahan yang lebih radikal terlihat ketika pengguna masuk ke layar home menu utama. Terlihat, Ikon-ikon tiap menu aplikasi standar iOS yang sudah bertahan sejak tahun 2007, ikutan diganti total. Hal ini dilakukan demi mengimbangi keseluruhan themes iOS yang diganti. Icon aplikasi iOS baru kini terkesan: lebih flat, lebih sedikit shadow, dan terlihat lebih bergaya “masa kini.” Desain ikon terbaru iOS 7 BERHASIL membuat iOS 6 tampak seperti tampilan layar ponsel “jadul.”

Warna & Border Bergaya Calmness

color vs border

iOS 6 VS iOS 7: Bergaya Simple dan Enteng Mirip “Windows 8”

Desain font, border, dan penempatan tombol iOS 7 mengesankan profil desain “Calmness” atau “tenang” dimana desain seperti ini memang sedang popular terutama setelah OS Windows 8 merambah ke ponsel (Windows 8 Phone). Dari foto halaman kontak diatas terlihat iOS 7 terpengaruh oleh gaya Windows 8. Namun seperti apapun desain yang dirubah oleh Apple, fungsi navigasinya masih sama, sehingga kita yang sudah terbiasa menggunakan iOS 6 tidak akan merasa aneh saat memakai iOS 7 nanti.

Themes Dengan Kesan “Flat”

ios 7 flatness lazada indonesia

iOS 6 VS iOS 7: Messaging Kini Terlihat Lebih Hidup.

Perubahan gaya tidak hanya menjadi lebih Calm saja. Namun juga menjadi lebih flat. Kesan ini terlihat saat penggunanya menggunakan aplikasi messaging atau saat mengangkat telepon. Namun Apple tidak serta merta membuat semua aspek dalam iOS 7 tampil flat seperti ini, teknologi layer membuat tampilan menu seperti terpisah dari latar belakangnya. Lagipula jika semua serba flat apa bedanya iOS 7 dengan tampilan ponsel hp dua dimensi?

iOS 7 Lebih Ringan?

answer phone ios 7 lazada indonesia

iOS 6 VS iOS 7: Fungsi-fungsi iOS 6 Segera Terlihat “Jadul” jika disandingkan dengan iOS 7

Jika kita mengamati, iOS 6 tingkat responsifnya sudah sangat hebat, bahkan dibandingkan dengan OS Android teranyar sekalipun iOS 6 lebih terasa smooth dan lebih “cekatan” dalam mengeksekusi aplikasi apapun. Namun, benarkah iOS 7 berjalan dengan lebih ringan lagi dibanding iOS 6?

Jelas iya, iOS 7 jauh lebih ringan dibandingkan dengan iOS 6. Apa alasannya? Dalam dunia warna , warna dengan terlalu banyak variasi artinya konsumsi tenaga visual juga ikut berat, karenanya saat pengguna berpindah dari layar aplikasi yang satunya ke yang lain, layar tersebut akan berusaha menyesuaikan/memberikan warna yang jauh berbeda dari layar sebelumnya.

Sedangkan, pada iOS 7 warna tiap aplikasi hampir senada (harmonis), sehingga layar tidak perlu bekerja terlalu keras untuk berpindah dari satu layar ke layar yang lain. Setuju kan? silahkan lihat perbandingan berbagai aplikasi dibawah ini. Anda akan melihat aplikasi pada iOS 7 memiliki kesamaan warna yang lebih dekat (Homogenized) dibanding iOS 6.

aplikasi ios 7 lazada indonesia-2

iOS 6 VS iOS 7: Perhatikan Dengan Seksama Warna dasar Aplikasi iOS 7 Lebih Seragam yaitu PUTIH

Dari semua perubahan desain iOS 7, dapat disimpulkan sebagai berikut:

  • Semua ikon aplikasi standar dirubah agar tercipta harmonisasi terbaik dengan keseluruhan themes dan User Interface terbaru
  • Color Pallete terbaru sehingga warna-warna iOS 7 terlihat sangat berbeda dari iOS 6.
  • Menciptakan layer yang berbeda untuk aplikasi dan layar navigasi sehingga kegiatan multitasking lebih terealisasi
  • Wallpaper pada menu dapat bergerak sesuai bagaimana posisi mata kita dalam menggenggam device dengan iOS 7 sehingga tampilan antar muka terlihat lebih dalam dan nyata.
  • Animasi yang memberikan informasi lebih sehingga pengguna awam lebih mengerti iOS
  • Control center terbaru agar pengguna lebih mudah memakai fungsi-fungsi yang paling sering di matikan atau hidupkan seperti Wifi, airplane mode, senter, dll.

Desain & Fungsi iOS 7 Meniru Android?

android vs ios 7 lazada indonesia

iOS 7 VS Android: Control Center yang Sebelumnya Belum Pernah Ada di Apple kini Muncul, Layaknya OS Android

Tidak dapat dipungkiri desain terbaru iOS 7 ini dinilai banyak orang banyak terpengaruh dari OS Android atau Windows 8, namun perlu perlu diketahui bahwa hal tersebut semata-mata untuk memberikan yang terbaik yang dapat dilakukan oleh Apple untuk para penggunanya. Lagipula sentuhan Apple iOS yang original masih terasa pada iOS 7.

android vs ios 7 lazada indonesia3

iOS 7 VS Android: Kemampuan Multitasking iOS 7 yang Mirip Dengan Android

Apakah dengan iOS 7 terbarunya Apple ingin membuat para penggemar Android untuk beralih ke produk Apple (iPhone, iPad, iPod)? Mari kita tunggu bersama respon masyarakat mengenai iOS 7 terbaru ini.

About the Author

Fariz Ilman Sr. Content Marketing di Lazada Group

PROMOTION

homepage