Ragam Tradisi Perayaan Imlek di Luar Negeri – Ternyata Beda2 Lho!

Ragam Tradisi Perayaan Imlek di Luar Negeri – Ternyata Beda2 Lho! —  Tak kalah dengan perayaan tahun baru Masehi, Imlek yang merupakan tahun baru suku Tionghoa yang selalu dirayakan secara meriah setiap tahunnya. Berbagai kegiatan serta tradisi yang dilakukan pada saat tahun baru Imlek tak hanya dapat ditemukan di Cina saja, melainkan juga tersebar di berbagai belahan dunia.

 

Perayaan Imlek

 

Hal ini tentunya dikarenakan persebaran masyarakat suku Tionghoa melebar hingga ke luar Asia. Bahkan banyak dari berbagai negara di dunia yang memiliki tempat dengan istilah Chinatown yang merupakan pusat tempat tinggal suku Tionghoa di negara tersebut. Hal ini memungkinkan tahun baru Imlek dirayakan dengan kegiatan atau tradisi yang berbeda-beda di setiap negara.

(Baca Juga: Makna dan Sejarah Tahun Baru Imlek)

 

Imlek di Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara dengan populitas masyarakat Tionghoa yang sangat banyak. Hampir di setiap tempat di ibu kota Jakarta dapat Anda temukan masyarakat keturunan Tionghoa. Perayaan tahun baru Imlek di Indonesia biasa dirayakan di beberapa titik tempat yang dapat menarik keramaian dengan pertunjukan barongsai serta pertunjukan kembang api yang cantik seperti halnya perayaan tahun baru Masehi.

 

Imlek di Indonesia

 

Bermain kembang api serta atraksi barongsai dipercaya oleh kaum Tionghoa dapat menghalau energi-energi jahat yang mengusik kehidupan manusia. Selain itu, perayaan Imlek di Indoensia juga biasa ditandai dengan bagi-bagi angpao yang berisi uang kertas kepada anak-anak.

(Baca juga: Segala Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Ang-Pao!)

 

Imlek di Cina

Perayaan Imlek di Cina, terutama di ibukota Beijing, merupakan perayaan tahun baru Imlek terbesar, termewah, dan paling meriah. Tak diragukan lagi karena memang Beijing memiliki kepadatan penduduk yang cukup tinggi sehingga sangat banyak warga yang antusias merayakannya. Masyarakat Tionghoa di Cina biasa melakukan makan malam bersama keluarga besar di malam tahun baru.

 

Imlek di Cina

 

Masakan yang disajikan adalah masakan-masakan khas yang dipercaya dapat membawa keberuntungan serta kemakmuran seperti telur pitan serta menghindari makanan yang dipercaya oleh Tionghoa dapat membawa kesengsaraan seperti bubur ayam.  Berbagai festival perayaan Imlek juga dapat ditemukan di Cina dengan meriahnya seperti Festival Longtan Adil yang menghadirkan ratusan orang dalam parade serta berbagai atraksi menarik lainnya.

(Baca Juga: Berbagai Makanan Khas Paling Disukai Pada Saat Imlek)

 

Imlek di Eropa

Tak hanya di Cina dan di negara Asia lainnya, tradisi perayaan Imlek juga hadir di Eropa. Salah satu kota yang dikenal dengan perayaan Imlek terbesar di luar Cina adalah London, ide bagus untuk tujuan wisata perayaan tahun baru china anda berikutnya bukan? Ibukota negeri Ratu Elizabeth ini memiliki populasi masyarakat Tionghoa yang cukup banyak. Perayaan Imlek di London biasa dilakukan dengan atraksi parade di jalan yang dilanjutkan dengan festival meriah yang berpusat di Trafalgar Square, Chinatown, dan Shaftesbury Avenue.

(Baca juga: Destinasi Terbaik Lokal dan Internasional untuk Merayakan Imlek)

 

Imlek di Eropa

 

Festival ini tak hanya dikunjungi oleh masyarakat keturunan Tionghoa, melainkan juga dipadati oleh warga local hingga turis mancanegara. Dalam festival ini pengunjung dapat menikmati pertunjukan tarian Cina, acrobat, atralsi bela diri, pagelaran music yang tentunya dimeriahkan oleh artis-artis dari Cina. Tak hanya festival di Trafalgar Square, tahun baru Imlek juga dapat dirasakan di banyak rumah makan di London yang menyajikan menu khusus untuk memeriahkan perayaan Imlek. Di segala penjuru kota London dapat dotemukan berbagai kedai yang menyediakan masakan cina serta kerajinan khas Cina selama perayaan tahun baru Imlek berlangsung. Meriah, bukan?

 

Imlek di Amerika

Tak hanya di London, perayaan Imlek di luar Cina juga diselenggarakan dengan mewah dan meriah di Amerika, salah satunya di San Fransisco.  Awal perayaan Imlek di San Fransisco ditandai dengan Pameran Bunga Imlek yang dimeriahi oleh masyarakat keturunan Tionghoa yang mendekorasi rumahnya dengan bunga-bunga.

 

Imlek di Amerika

 

Perayaan tahun baru Imlek di San Fransisco mencapai intinya yang ditandai denagn gelaran parade Golden Dragon yang diikutsertai oleh ribuan orang yang dapat menarik warga lokal hingga pengunjung mancanegara yang dapat menacapai satu juta orang. Tak heran bahwa parade Golden Dragon ini merupakan parade Imlek terbesar di Amerika. Sama seperti perayaan Imlek pada umumnya, parade Golden Dragon dimeriahkan oleh pertunjukkan barongsai dan lainnya serta dipenuhi oleh aksesoris dan dekorasi serba merah.

(Baca juga: Mau Bikin Lampion Imlek Sendiri? Lihat Disini Caranya!)

 

Nah, itulah tadi ulasan berbagai perayaan tahun baru Imlek di berbagai belahan dunia. Festival Imlek manakah yang menjadi favorit Anda.

About the Author

Septi Riyani Maulida ; Lazada Indonesia

PROMOTION

homepage