Puasaku kuat! Puasaku Sehat dan Barokah!

Artikel ini di Submit Pada 2015/06/16 Oleh: Saiful Bahri

 

Puasaku kuat! Puasaku Sehat dan Barokah! — Tak terasa sebentar lagi bulan puasa akan menghampiri dan menyelimuti hari-hari kita dengan berkah serta pahala Nya yang tidak ada di hari-hari lain. Rasanya seperti baru kemarin kita berkumpul bersama keluarga, sanak-saudara, dan teman-teman di bulan Ramadhan dan menikmati ramai nya perayaan Lebaran bersama-sama.

 

Bagaimana dengan Puasa anda tahun kemarin? lancar? adakah kejadian atau hikmah yang anda temukan disana? jika belum jangan khawatir, bersabarlah dan tetap percaya bahwa karunia dan hikmah Nya akan menghampirimu kelak.

 

Kali ini Artof esbe disini akan membagikan informasi berupa tips-tips agar puasa kamu Kuat, Sehat dan Barokah! apa saja tips-tips nya? berikut informasinya:

 

  • Kuat!

Tak sedikit orang yang mengeluh betapa tersiksanya mereka menahan lapar dan dahaga di hari puasa, dan kebanyakan yang mengeluh itu adalah anak-anak, kalau orang dewasa sepertinya sudah cukup kuat ya? banyak penelitian yang mengatakan kalau berpuasa itu menyehatkan badan, karena pada saat berpuasa kita memberikan waktu istirahat bagi lambung atau perut dan seisinya untuk mengolah makanan. tapi tetap tak bisa di pungkiri bahwa rasa lapar memang terkadang suka muncul. ada beberapa hal yang mungkin dapat membantu anda menghilangkan fikiran lapar tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Sahur lah dengan baik dan tidak berlebihan, sebagian besar orang pasti memikirkan hal yang sama, bahwa sahur itu seperti menyiapkan perut dengan segara pembekalan untuk menghadapi laparnya hari menjelang magrib, benar? sehingga tak sedikit yang berfikir untuk makan sebanyak-banyaknya saat sahur, hal tersebut belum tidak terlalu salah, tetapi juga tidak bagi untuk dilakukan, terlalu memaksa perut memakan makanan berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan. makanlah makanan yang sehat dan  bergizi secukupnya, jika bisa tolong hindari junkfood atau makanan instan lainnya, makan lah makanan bergizi seperti nasi, ikan, daging, sayur, buah, atau meminum susu dan lain sebagainya. utamakan empat sehat lima sempurna, cukupi asupan gizi anda, sehingga anda lebih siap menghadapi puasa.
  2. Bermain, inti kata bermain disini tidak hanya untuk bermain mainan seperti anak kecil saja, tetapi yang dimaksud disini lakukanlah sesuatu yang bisa mengalihkan pikiran anda, dan sesuatu itu haruslah suatu hal yang menyenangkan bagi anda. saat anda merasa lapar, alihkan pandangan atau fokus anda ke hal-hal yang menyenangkan seperti bermain game, ngobrol bareng teman, atau mendengarkan musik dan lain sebagainya. jika anda bisa menemukan hal seperti itu maka jangan heran kalau kata-kata ini akan terlintas walau sejenak di kepala anda “gak terasa udah mau buka puasa”.
  3. Jangan Menunggu Buka Puasa, sudah jadi hal yang biasa bila seseorang yang berpuasa menanti-nantikan saat nya berbuka, saya pernah membaca sebuah quote dari suatu tempat yang berbunyi “hal yang paling membosankan di dunia ini adalah menunggu”. artinya ketika kita menunggu atau menanti sesuatu yang akan datang, waktu akan terasa semakin lama, yang harusnya hanya 1 menit bisa memberikan efek selayaknya 5 menit atau 10 menit menunggu hanya karena fokus anda yang terlalu menanti-nantikan suatu hal. lakukan suatu hal yang menyenangkan maka anda tidak akan sadar saat tiba-tiba azan magrib berkumandang, tak jarang loh kejadian seperti ini terjadi, misalkan anda sedang bermain game atau mengobrol dengan teman, lalu tiba-tiba sudah magrib? kan gak terasa lagi lapar nya.. hehehe . itulah yang mereka sebut dengan ngabuburit.

 

  •  Sehat dan Barokah!

         Siapa yang gak mau hidup dengan Sehat? bisa melakukan banyak hal dengan kesehatan mereka, bebas mau kemana-mana tanpa ada halangan. siapa yang gak mau barokah? hidupnya dan segala kegiantanya lebih berarti dan bermakna? mendapatkan pahala yang baik untuk kehidupan akhiratnya?

Berikut kita bahas tips agar puasa kamu lebih sehat dan barokah:

  1.  Buka dan Sahur yang baik, ingat puasa itu tidak hanya untuk satu hari saja, dibulan ramadhan ini kita akan berpuasa sebulan penuh, jadi tidak hanya makan sahur yang anda perhatikan, tetapi jagalah juga pola makan anda  mulai dari waktu berbuka hingga lewat waktu sahur. anda makan sehat saat sahur saja tidak cukup, okeh! mungkin saja cukup untuk bekal hari ini, tapi bagaimana dengan besok? dan hari seterusnya? berbuka lah dengan yang baik dan tentunya tidak berlebihan, bayangkan saja bila anda memakan makanan yang sembarangan atau tidak sehat saat berbuka hingga malam, apa anda berani menjamin kalau anda akan tetap sehat di hari-hari berikutnya? kesehatan itu ada di tangan kita loh, jadi jangan sembarangan pilih, jajanan yang biasanya dijual menjelang waktu berbuka di setiap daerah pastinya menggiurkan, dan tidak ada larangan kok untuk menkonsumsinya saat berbuka, hanya saja, jangan terlalu berlebihan dan membuat anda lupa menkonsumsi makanan pokok kita yaitu nasi, dan lauk pauk nya yang sehat dan bergizi, demi lancarnya puasa di hari esok dan seterusnya.
  2. Ingat tidur kalau mau nakal, godaan memang selalu ada, pengen makan, haus, dan godaan-godaan lainnya yang mengundang nafsu harap di hindari, cara barokah yang sebenernya sih ya dengan mengingat Allah, jadi kita termotivasi untuk menghindari perbuatan atau hal-hal yang dapat membatalkan puasa atau mengurahi berkah dan pahala puasa, tapi setelah satu godaan terlewati godaan lain pasti mampir lagi. hahaha! tidur lah wahai teman ku, dengan tidur kamu tidak akan berfikir hal yang aneh-aneh atau memandang sesuatu yang menggoyahkan iman mu. just relax, banyak yang bilang kalau tidur mu di bulan puasa itu ibadah kok. tapi jangan mau tidur terus-terusan ya, pasti kerasa banget lapar nya entar. tetep aja sholat adalah ibadah yang lebih baik sobat, jadi jangan lupa 5 waktunya okke!

  3. Bermain, loh? kok ada bermain lagi disini? sama kayak point Kuat diatas ya? hahaha… kurang lebih begitu sih, tapi disini saya akan lebih jelaskan mengenai  bermain, agar tidak mengurangi berkah dan pahala puasa anda, lakukan lah kegiatan yang menyenangkan untuk mengalihkan pemikiran anda dari rasa lapar tapi jangan lakukan hal-hal yang dilarang agama juga ya! atau jangan bermain sesuatu yang menggoyahkan iman anda, atau keteguhan anda untuk berpuasa, contoh sederhana nya saja, anda mengalihkan perhatian lapar anda dengan menonton acara kuliner… -_- sudah jelas salah kan ini? malah bikin lapar ini, goyah deh keteguhan hati anda. jangan juga melihat sesuatu yang berbau sex atau hal-hal sejenisnya yang menggoyahkan iman anda, ini jelas sekali salahnya. dan banyak lagi kegiatan menghibur lainnya yang salah dan tidak boleh di terapkan saat berpuasa, demi menjaga keutuhan berkah dan pahala yang anda dapatkan.
  4. Ibadah, nah kalau yang satu ini saya tidak perlu mengajari lagi, sudah pasti ibadah adalah kunci berkahnya puasa mu dan banjirnya pahala memenuhi hari mu. Sholat 5 waktu sudah pasti jangan di tinggalkan, akan tetapi untuk lebih menyempurnakannya lakukanlah ibadah-ibadah lainnya seperti mengaji, atau ibadah sekecil-kecilnya seperti tersenyum kepada orang lain. Ibadah itu gak susah kok, yang susah itu cuma melawan malasnya, positive thinking aja deh, buat apa nganggur, toh sholat gak sampe 10 menit, kalau lelah malas jalan Sholat dirumah juga tidak ada yang melarang, hanya saja jika ingin lebih banyak pahalanya ya usahakan berjamaah ya. mengaji pun gak ada salahnya untuk mengisi waktu, dari pada terus kepikiran rasa lapar. tidak mau mengaji bisa juga mendengarkan suara orang lain mengaji, kan pahala juga itu. gak susah toh cari pahala itu, jadi jangan malas, jangan berfikir terlalu lama dan di imbangi dengan rasa malas, cukup lakukan saja! lakukan! tidak lama,  dan tidak ada salahnya ya kan?

 

Sekian tips-tips dari Artof Esbe kali ini, semoga ibadah puasa kita semua lancar dan diterima dengan baik. dan semoga bulan Ramadhan nanti ini akan lebih bermakna bagi anda.

 

Lazada blog finalist

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage