Puasa Sehat dan Berkualitas

Artikel ini di Submit Pada 2015/07/03 Oleh Wahab Kamal

 

Puasa Sehat dan Berkualitas — Halooo sob, bagaimana puasanya hari ini? Tetap semangat dan sehat, kan? Ngomong-ngomong tentang puasa, ada beberapa tips nih buat sobat semua yang menjalankannya agar tetep sehat dan gak loyo seharian. Mau tau apa aja? Yuk intip tips-tips dibawah ini:

 

1. Sahur
Sahur merupakan bagian penting sebelum menjalankan ibadah puasa, mengapa? Karena dengan sahur tubuh kita akan memiliki cadagan energi yang cukup untuk beraktivitas seharian. Makanan yang direkomendasikan saat santap sahur diantaranya mengkonsumsi buah-buahan seperti pisang, kurma, atau buahan-buahan yang mengadung banyak air agar cadangan air dalam tubuh melimpah. Perbanyak makan sayuran, protein dan tentunya karbohidrat yang cukup. Jangan lupa minum air putih yang banyak. Tapi jangan segalon juga, 3 gelas air puith cukup memenuhi kebutuhan air selama berpuasa. Selesai santap sahur, niat puasanya jangan sampe kelupaan. Ohiya, dalam hadis Nabi dikatakan bahwa dalam sahur mengandung keberkahan loh. Ayok dong bangun sahur, jangan sampe kesiangan ya sob hehe.

 

2. Aktivitas Waktu Subuh
Hayo siapa yang habis sahur terus tidur? Terus sholat subuhnya kebablasan sampai jam 9 pagi? Semoga enggak ya. Sehabis sahur jangan langsung tidur, bersiap sholat subuh berjamaah di masjid yuk sob. Pahala sholat subuh berjamaah di masjid memiliki pahala seperti sholat semalam suntuk loh. Wuihh… keren banget, kan? Apalagi di Bulan Suci Ramadhan ini, makin gede aja keutamaannya. Selepas sholat subuh boleh dong dilanjut sama tadarus Al-Quran. Bulan Suci Ramadhan kan bulan diturunkannya Al-Quran, maka yuk perbanyak membaca Al-Quran di Bulan Suci Ramadhan ini.

 

3. Olahraga
Berpuasa jangan dijadikan alasan untuk kita tidak berolahraga dipagi hari ya sob. Sehabis membaca Al-Quran tadi, yuk kita siap-siap olahraga, mumpung masih pagi, udara masih seger. Olahraga ketika berpuasa gak usah yang berat-berat. Lari pagi santai keliling komplek udah lebih dari cukup. Atau jalan santai juga boleh banget, sambil menggerak-gerakkan tangan dan tubuh kita. Atau cuma melakukan peregangan ringan juga boleh, yang penting tubuh kita diajak bergerak, agar metabolisme dalam tubuh lancar dan tubuh menjadi bugar.

 

4. Aktivitas Pagi Hari
Habis olahraga terus mandi pasti tubuh langsung seger-buger nih. Enak, kan? Nah mumpung masih pagi dan tubuh masih seger, mendingan dilanjut sholat sunnah dhuha. Setelah melakukan ibadah sunnah, dilanjut dengan aktivitas yang biasa dilakukan ketika hari libur biasanya. Aktivitas yang paling baik kalo hari libur gini sih berkumpul bersama keluarga. Saling berbagi cerita selama sepekan. Wah pasti seru tuh. Ohiya, gadgetnya disimpan dulu ya, jangan sampe gadget mengganggu kualitas berkumpul bersama keluarga. Kaloi yang belum berkeluarga gimana? Eits tenang, sobat bisa melakukan hobi kesukaan, misalnya membaca buku, menulis blog, dan lain-lain. Tergantung minat atau hobi yang sobat sukai. Tentunya yang bermanfaat dong. Bermain video game juga boleh, tapi jangan sampe kebablasan juga ya.

 

5. Aktivitas Siang Hari
Aktivitas yang kita lakukan dari bangun sahur sampai tengah hari memang cukup melelahkan juga. Nah di siang hari kamu bisa memanfaatkannya untuk istirahat sob. Tidur di siang hari penting juga loh untuk menjernihkan pikiran kita. Tidurnya jangan lama-lama, 1-2 jam sudah lebih dari cukup. Jangan disengajain sampai waktu berbuka tiba baru bangun ya hehe.

 

6. Aktivitas Petang Hari
Petang hari itu tandanya waktu berbuka sudah hampir tiba. Wah, makin gak sabaran ya untuk berbuka puasa? Hihi.. Sabar dulu ya. Di Bulan Suci Ramadhan ini aktivitas apa hayo yang biasa dilakukan oleh orang-orang di Indonesia? Yap, betul sekali, ngabuburit! Ngabuburit udah gak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia sob. Aktivitas dimana dilakukan untuk menunggu waktu berbuka tiba. Biasanya sih ngabuburit itu pergi ke tempat-tempat yang ramai dikunjungi. Contohnya tempat-tempat yang banyak pedagang menjual panganan untuk berbuka. Wah pasti seru ya, ngabuburit sambil berburu menu berbuka puasa. Boleh dicoba nih.

 

7. Berbuka Puasa
“(Dug.. dug.. dug..) Allahu Akbar, Allahu Akbar… “ terdengar suara pukulan bedug tanda waktu maghrib tiba. Adzan berkumandang. Alhamdulillah, waktu berbuka puasa telah tiba. Pasti wajah sobat semua sumringah semua nih. suara yang ditunggu-tunggu akhirnya bunyi juga hehe. Eits, sebelum berbuka pastinya baca doa dulu dong, sunahnya dilanjut makan buah kurma terlebih dahulu, baru makanan dan minuman lainnya. Makannya pelan-pelan saja ya, nanki keselek loh. Jangan sekaligus banyak juga, lambung akan kaget kalau makan sekaligus banyak. Berbuka puasa secukupnya saja ya sob, jangan mengikuti hawa nafsu, nanti malah kekenyangan, terus males deh untuk sholat isya dan tarawih berjamaah di masjid, kan sayang. Setelah selesai berbuka puasa jangan lupa mengucap Alhamdulilah ya.

 

Nah itulah beberapa tips berpuasa dari bangun sahur sampai maghrib tiba agar ketika berpuasa tetap sehat dan segar-bugar, tentunya diisi dengan aktivitas yang bermanfaat, baik untuk jasmani kita maupun ruhani kita. Semoga tips-tips diatas dapat bermanfaat untuk kita semua ya sobat, dan puasa kita diterima oleh Allah SWT. Amiin.

 

Lazada-blog-finalist125

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage