Puasa Produktif, Hindari Maksiat

Artikel ini di Submit Pada 2015/06/30 Oleh Ulul Daniyatun

 

Puasa Produktif, Hindari Maksiat — Puasa merupakan salah satu kewajiban yang harus dijalankan oleh setiap orang Islam. Puasa tidak hanya menahan diri dari makan dan minum, tetapi juga menjauhkan diri dari segala bentuk maksiat. Maksiat dapat mengurangi pahala puasa di bulan Ramadhan lho! Di samping itu juga dapat membatalkan puasa. Tanpa kita sadari, segala bentuk maksiat sering terjadi setiap harinya. Bahkan hanya muncul dari hal-hal yang sepele. Apa aja sih bentuk maksiatnya? Yuk kita simak!

 

1. Tidak menjaga pandangan

Di bulan puasa, menjaga pandangan itu sangat penting, kenapa? Berpandangan antar lawan jenis dapat mengundang nafsu syafwat. Apalagi berpandangan terlalu lama dapat menjadi zina mata.

 

2. Kebiasaan nonton film

Nonton memang dapat menghilangkan kejenuhan selama berpuasa dan sangat cocok buat ngabuburit. Tapi tahu nggak sih?, nonton juga dapat mendatangkan maksiat. Yuk kita simak baik-baik! Semua film yang ditayangkan selama bulan ramadhan memang lebih mengutamakan pada hal-hal yang berbau religi. Kenyataannya, hal itu hanya berlaku pada jam-jam tertentu saja. Walaupun demikian, kebanyakan orang masih menganggap bahwa semua tayangan itu masih layak untuk ditonton. Padahal sebaiknya kita memilah-milah film agar tidak sebatas mencari hiburan juga terhindar dari maksiat.

 

3. Berdua-duaan “pacaran”

Ramadhan merupakan bulan untuk mencari pahala sebnyak-banyaknya, bukan malah menambah dosa. Berduaan acapkali masih dilakukan oleh para remaja meskipun pada bulan ramadhan. Kita tahu remaja memiliki sifat yang labil. Apalagi remaja yang cenderung otoriter, baginya semua bulan adalah sama. Nasihat yang mungkin telah diucapkan orang tuapun biasanya hanya dianggap sebatas angin lewat saja.

 

4. Menambah omset penjualan

Penjual dadakan selama bulan ramadhan dapat ditemui di berbagai tempat saat menjelang buka puasa. Minum-minuman yang segar dan manis saat berbuka terasa sangat menggoda dan cocok untuk takjil. Tapi, buat kalian yang sering menjadi penjual dadakan, salah satu hal ini sangat perlu diperhatikan. Es batu, berbuka dengan minuman dingin sangat nikmat. Pilihlah es batu yang berasal dari air bersih dan matang bukan sebaliknya karena bukan pahala yang diperoleh tetapi dosa. Selain merugikan orang lain, uang yang diperoleh juga tidak halal.

 

5. Mendengarkan musik

Eitss… jangan salah tangkap dulu. Musik di sini mengacu pada musik yang beraliran keras. Nah, kebanyakan orang suka sekali mendengarkan musik. Tapi, pilihlah jenis musik yang sesuai. Bukan berarti hanya enak di dengar, tetapi harus menenangkan suasana hati.

 

Demikianlah sekilas tentang bentuk-bentuk maksiat. Walaupun hanya hal-hal sepele tapi dapat mengurangi pahala puasa lho! Puasa yang dijalani selama satu bulan penuh ini, lebih baik diisi dengan hal-hal yang baik agar puasa produktif dan terhindar dari maksiat. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam bersikap dan bertindak.

 

Lazada-blog-finalist125

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage